5+ Balap Sepeda Bergengsi yang Ada di Indonesia dan Dunia

Balap Sepeda — Sepeda merupakan kendaraan roda dua yang membuat fisik menjadi sehat. Dengan menggunakan sepeda juga mengurangi emisi gas beracun yang ada dimana-mana. Yang mana emisi gas ini merupakan penyebab pemanasan global.

Jadi, jika kalian bersepeda, kalian mengurangi pemanasan global dan juga sehat. Apalagi di kota-kota besar yang kesehariannya sudah terbiasa dengan kemacetan. Kalau kalian bersepeda, kalian juga menjadi penyebab berkurangnya kemacetan.

Banyak kan manfaat dari bersepeda? 😀

Tapi disini Pena kecil ingin berbagi dengan kalian, masih dengan bahasan sepeda. Tapi kali ini yang mau dibagikan sama kalian disini adalah tentang balap sepeda. Baik itu yang ada di Indonesia ataupun di dunia. Mau tau bagaimana balap sepeda yang ada di seluruh dunia? Simak di Pena kecil ya!

Balap Sepeda

Cycling
Photo by Pexels

Sepeda pertama kali diperkenalkan pada abad ke-19. Awalnya sepeda ini hanya sebuah alat untuk membantu berlari. Pada awalnya, sepeda tidak memiliki pedal karena fungsinya adalah untuk membantu berlari. Nama dari sepeda itu adalah Celerifere.

Lalu, ketika sepeda dikembangkan lagi menjadi sepeda yang memiliki pedal. Namun, sepeda pada masa awal dibuat massal ini pedalnya berada pada roda, seperti sepeda roda tiga yang dipakai oleh anak kecil. Nama dari sepeda ini adalah Velocipede.

Selain itu, roda depan dan belakang sangat berbeda ukurannya. Hal itu membuat sepeda masa awal itu cukup sulit untuk digunakan. Dan juga yang bisa memiliki sepeda hanyalah orang-orang yang memang memiliki harta berlebih.

Semakin zaman, semakin berkembang sepeda yang ada. Sepeda semakin nyaman digunakan dan semakin banyak orang yang bisa memiliki sepeda. Dan akhirnya bersepeda menjadi sebuah aktifitas.

Seiring dengan bersepeda ini menjadi sebuah aktifitas, semakin banyak orang yang bersepeda, diadakan juga lah yang namanya balap sepeda.

Balap sepeda merupakan sebuah kompetisi yang dilakukan dengan sepeda. Kegiatannya adalah beradu cepat dari setiap individu yang dilakukan dengan sepeda mereka masing-masing.

Kegiatan tersebut bisa diadakan antar individu atau dengan tim. Acaranya juga bisa diadakan secara resmi ataupun hanya kecil-kecilan. Bisa di dalam track atau di jalan biasa.

Sejarah Balap Sepeda

Pemenang Tour de France pertama
Maurice Garin (Kanan) adalah Pemenang dari Balap Sepeda Tour de France Pertama

Pada tanggal 31 Mei 1868 di Parc de Saint-Cloud, Paris, diadakan balap sepeda pada jarak 1.200 meter yang pertama. Itulah balapan sepeda pertama yang ada dokumentasinya. Balapan tersebut dimenangkan oleh seorang ekspatriat asal Inggris James Moore yang mengendarai sepeda kayu yang memakai ban karet padat, yaitu ban karet yang tidak memakai ban dalam.

Sekarang sepeda itu dipamerkan pada museum di Ely, Cambridgeshire, Inggris.

Lalu balapan sepeda pertama yang melintasi dua kota yaitu Paris ke Rouen juga dimenangkan oleh James Moore. Dia berkendara sejauh 123 kilometer dari Paris ke Rouen selama 10 jam 40 menit.

Kompetisi Balap Sepeda di Indonesia

Sangsaka Merah Putih
Bendera Indonesia

Setelah berkembangnya zaman, semakin banyak juga yang meminati sepeda. Walau pada mulanya sepeda hanya bisa digunakan oleh yang sekelas bangsawan, sekarang hampir semua orang bisa menggunakan sepeda.

Dimulai pada tahun 1868, balapan sepeda selalu ada peminatnya. Indonesia juga tidak mau ketinggalan untuk membuat kompetisi balap sepeda. Di bawah sini Pena kecil akan berbagi kepada kalian tentang kompetisi balap sepeda yang ada di Indonesia.

Tour de Indonesia

Kompetisi Balap Sepeda di Indonesia.
Logo Tour de Indonesia 2018

Untuk ajang balap sepeda bergengsi di Indonesia, ada Tour de Indonesia. Acara ini biasanya dilaksanakan setiap tahun di Indonesia. Dimulai pada tahun 2003, nama Tour de Indonesia ini digunakan dan merupakan turnamen resmi dari Union Cycliste International (UCI).

Namun jika dilihat dalam sejarahnya, Pengurus Besar Ikatan Sport Sepeda Indonesia atau biasa disingkat menjadi PB ISSI ini sudah menyelenggarakannya sejak tahun 1958. Tapi namanya bukan Tour de Indonesia, melainkan Tour de Java.

Seiring berjalannya waktu, nama Tour de Java ini berubah menjadi Tour de ISSI dan akhirnya menjadi Tour de Indonesia hingga sekarang. Perubahan nama tersebut disesuaikan dengan situasi yang ada pada saat itu dan juga sponsor yang ada.

Tour ini awalnya dalam lomba balap sepeda baik di Indonesia ataupun dunia, hanyalah sebuah kompetisi olahraga saja. Namun dalam perkembangannya, sekarang didalamnya juga ada kegiatan promosi pariwisata dari suatu daerah.

Dengan diadakannya tour ini membuat daerah yang menjadi tuan rumah diselenggarakannya kegiatan ini, mendapatkan manfaat yang baik. Hal ini membuat kegiatan tour ini mendapat perhatian dari pemerintah karena manfaat yang didapatkannya tersebut.

Tour de Indonesia ini masuk dalam kelas 2.1 UCI. Dimana hanya Tour de Indonesia lah yang memiliki kategori tersebut di Indonesia.

Pada tahun 2018, Tour de Indonesia dimulai dari Yogyakarta dan berakhir di Bali. Kompetisi ini akan diadakan dalam empat tahapan atau etape. Kompetisi ini diselenggarakan dari tanggal 25 hingga 28 Januari 2018. Total jarak yang ditempuh dalam Tour de Indonesia ini sekitar 612 kilometer.

Etape Tour de Indonesia yang dilaksanakan pada tahun 2018 adalah sebagai berikut :

  1. Yogyakarta – Ngawi (130 kilometer)
  2. Madiun – Mojokerto (118 kilometer)
  3. Probolinggo – Banyuwangi (202 kilometer)
  4. Gilimanuk – Denpasar (162 kilometer)

Tour de Singkarak

Tour de Singkarak
Logo Tour de Singkarak

Di pulau Sumatera ini diadakan sebuah kompetisi yang bernama Tour de Singkarak. Tour de Singkarak ini juga merupakan kompetisi resmi dari Union Cycliste International.

Kompetisi ini diadakan setiap tahun di Sumatera Barat, pertama kalinya diselenggarakan pada tahun 2009. Tour de Singkarak biasa diselenggarakan sekitar bulan April hingga Juni yang berlangsung selama tujuh hari.

Jalur yang dilalui dalam Tour de Singkarak ini sesuai dengan namanya, yaitu melewati danau terbesar yang ada di Sumatera Barat, Singkarak. Dan juga kawasan wisata yang lainnya juga dijadikan jalur lintasan, seperti Lembah Harau, Kelok 44, Danau di Atas, Danau di Bawah dan juga Danau Maninjau.

Pertama kalinya diselenggarakan oleh Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata Indonesia, di tahun 2009. Acara ini sukses diselenggarakan, hal ini menjadikannya menjadi salah satu kejuaraan balap resmi dari Union Cycliste International (UCI).

Tour de Singkarak ini masuk dalam kelas 2.2 Asia Tour. Untuk jarak total yang ditempuh dalam perlombaan ini ada kurang lebih 1.000 kilometer. Namun, jarak itu dibagi menjadi sembilan tahapan atau yang biasa dikenal dengan Etape.

Kota Padang yang menjadi ibukota dari Provinsi Sumatera Barat ini merupakan titik mulainya perlombaan ini. Lalu titik berakhirnya perlombaan ini ada di dermaga Danau Singkarak.

Di tahun 2012, dimulainya perlombaan ini dari kota Sawahlunto. Lalu titik berakhirnya perlombaan ini di kota Padang.

Dan di tahun 2017, Tour de Singkarak ini dimulai dari Tanah Datar dan berakhir di Bukittinggi.

Pada tahun 2017 ini sembilan tahap yang diadakan pada Tour de Singkarak adalah sebagai berikut :

  1. Tanah Datar – Padang (107 kilometer)
  2. Painan – Sawahlunto (166 kilometer)
  3. Muaro Sijunjung – Pulau Punjung (100 kilometer)
  4. Danau Singkarak – Payakumbuh (135 kilometer)
  5. Lembah Harau – Padang Panjang (101 kilometer)
  6. Solok – Padang Aro (140 kilometer)
  7. Pariaman – Pasaman Barat (157 kilometer)
  8. Padang Pariaman – Agam (101 kilometer)
  9. Pasaman – Bukittinggi (90 kilometer)

Dengan diadakannya Tour de Singkarak ini memberikan dampak positif pada bidang pariwisata di Sumatera Barat. Pada tahun 2011 kunjungan wisatawan mancanegara ini naik hingga 13,2%.

Kompetisi Balap Sepeda Bergengsi di Dunia

World map
Image as an illustration

Kalau di Indonesia tadi aja udah wah banget kompetisinya. Sekarang kita akan masuk dalam pembahasan kompetisi balap sepeda yang ada di dunia nih. Tour – tour yang ada di dunia akan dibahas oleh Pena kecil disini. 🙂

Le Tour de France

Balap Sepeda Tour de France
Logo Tour de France

Udah pada tau dong event bergengsi satu ini. Le Tour de France atau biasa hanya disebut Tour de France ini seperti namanya diadakan di Perancis. Tour de France ini merupakan perlombaan tahunan yang diadakan di Perancis.

Pada tahun 1903 Tour de France ini dibuat. Pertama kalinya acara ini diselenggarakan oleh surat kabar L’Auto. Oleh L’Auto, balapan ini diumumkan pada tanggal 19 Januari 1903. Diselenggarakannya perlombaan ini adalah untuk meningkatkan penjualan dari L’Auto.

Pada Tour de France pertama kalinya diselenggarakan, terdiri dari lima tahapan. Dimulai dari tanggal 31 Mei hingga 5 Juli. Kompetisi ini dimulai dari Paris lalu berhenti di Lyon, Marseille, Bordeaux dan juga Nantes sebelum kembali lagi ke Paris.

Namun Tour de France ini sempat terhenti dikarenakan Perang Dunia ke-2. Padahal acara ini selalu diselenggarakan rutin setiap tahunnya.

Semakin dikenal dan terkenalnya acara ini, jarak dari perlombaan ini diperpanjang. Dan juga cakupannya mulai meluas ke seluruh dunia. Partisipasinya pun ikut meluas, yang tadinya hanya sekitaran Perancis, lalu seluruh dunia pun ikut berpartisipasi dalam perlombaan ini.

Perlombaan ini masuk dalam kategori UCI World Tour. Yang berarti tim yang berpartisipasi dalam balapan ini adalah tim dari pebalap dunia yang sudah terdata oleh UCI. Dan juga tim yang diundang oleh penyelenggara.

Biasanya, perlombaan ini diselenggarakan di bulan Juli. Sementara, rutenya itu selalu berubah setiap tahunnya. Untuk format dari perlombaan ini masih sama yaitu time trials. 

Pada saat ini Tour de France ini memiliki 21 tahapan sepanjang hari dan berlangsung selama kurang lebih tiga minggu. Menempuh jarak kurang lebih 3.500 kilometer.

Tim yang mengikuti perlombaan ini biasanya sekitar 20 hingga 22 tim. Dengan 9 pembalap di setiap timnya.

Tour of Spain atau Vuelta a España

Balap Sepeda Vuelta a España
Logo Vuelta a España

Vuelta a España ini biasa dikenal dengan nama Tour of Spain. Perlombaan ini diselenggarakan secara rutin setiap tahunnya, yang diselenggarakan di Spanyol. Sama dengan Tour de France, balapan ini terdiri dari beberapa tahapan.

Pertama kali diselenggarakannya balapan ini pada tahun 1935. Vuelta ini kurang lebih sama penyelenggaraannya, memakan waktu sekitar tiga minggu. Dan rutenya melintasi Spanyol.

Perlombaan ini pernah dilarang dilaksanakan saat perang saudara di Spanyol. Dan juga pada saat perang dunia ke-2, acara ini sempat tidak bisa dilaksanakan. Namun, sejak 1955, balapan ini diselenggarakan secara berkala setiap tahunnya.

Setelah Vuelta mendapatkan popularitas dan menjadi ajang yang bergengsi, jaraknya diperpanjang dan juga cakupannya juga meluas hingga ke seluruh dunia.

Seperti yang sudah disebutkan di atas tadi, lama pelaksanaan kompetisi ini sekitar tiga minggu. Rutenya setiap tahun berubah, namun format balapannya masih sama dengan balapan time trial. 

Tour of Spain ini terdiri dari 21 hari balapan sepanjang hari yang bertahap, dengan periode 23 hari dan mencakup istirahat selama 2 hari.

Ada 3 kali dimana titik dimulainya kompetisi ini berada di luar Spanyol. Pada 1997, dimulai di Lisbon, Portugal. Di tahun 2009, dimulai di Assen, Belanda. Dan pada tahun 2017, dimulai di Nîmes, Perancis.

Giro d’Italia atau Tour of Italy

Kompetisi Balap Sepeda di Italia
Logo Giro d’Italia

Sama seperti kompetisi yang di atas, Giro d’Italia ini merupakan balapan yang bertahap. Kompetisi yang satu ini diadakan di Italia selaku tuan rumah penyelenggara. Giro d’Italia ini perlombaan sepeda melintasi Italia, namun terkadang juga melewati negara yang ada di sekitarnya.

Balapan ini pertama kali diselenggarakan pada tahun 1909, tujuannya mirip dengan Tour de France, yaitu untuk meningkatkan penjualan sebuah surat kabar. Tapi yang pasti nama surat kabarnya beda ya. Kalo di Perancis itu L’Auto, kalau di Spanyol ini La Gazetta dello Sport.

Acara ini diselerenggarakan secara berkala di setiap tahunnya, mulai dari acara ini pertama kali dibuat. Namun, tidak beda dengan yang lain, kompetisi ini harus ditiadakan untuk sementara dikarenakan Perang Dunia ke-2.

Seiring dengan ketenaran yang didapatkan oleh the Giro ini, jarak perlombaan ditambah dan juga para pesertanya diperluas. Tidak hanya dari Italia saja para peserta yang boleh ikut, namun dari seluruh dunia juga boleh ikut.

Tentunya dengan syarat mereka merupakan UCI ProTeams dan juga mereka yang diundang oleh penyelenggara yang bisa mengikutinya. Giro d’Italia ini masuk dalam kategori UCI World Tour dan tipenya adalah Grand Tour.

Seperti Grand Tour lainnya, Giro d’Italia ini diselenggarakan dalam 23 hari. Dimana ada 21 balapan sepanjang hari yang bertahap dan juga masa istirahat 2 hari.

Penutup

 

Itulah apa saja kompetisi bergengsi balap sepeda yang ada di Indonesia dan juga di dunia. Yang awalnya hanya sebuah kompetisi balap sepeda, seiring berjalannya waktu konsepnya sedikit diubah. Sekarang, kompetisi bergengsi ini sekaligus memasukkan unsur pariwisata ke dalamnya.

Jadi selain berkompetisi menjadi yang terbaik, mereka juga bisa sembari menikmati keindahan alam ciptaan Allah SWT. Selain yang berkompetisi, para penonton bisa berwisata sekaligus menonton pertandingan yang diadakan di sana.

Semoga apa yang Pena kecil bagikan, bermanfaat untuk kalian semua yang membacanya ya. Sekian dulu ya, sampai jumpa pada kesempatan berikutnya! 😀

Wassalam…

%d blogger menyukai ini: