Jajanan Kekinian, Hasil dari Tangan Kreatif dan Juga Terjebak Nostalgia

Jajanan Kekinian — Yang namanya ngemil itu setiap orang pasti suka deh. Apa ada diantara kalian yang ga suka ngemil? Sunnguh, yang ga suka ngemil itu Anti-mainstream!

Kalo yang suka ngemil, pastinya suka yang namanya jajanan. Apalagi zaman sekarang semakin banyak jajanan kekinian yang unik dan enak pastinya. Ditambah lagi dengan perkembangan zaman yang kian hari kian modern.

Jajanan Kekinian yang Inovatif

Jajanan Kekinian Kreatif
Photo by Pixabay

Yang namanya anak zaman now, pasti ga suka sama hal-hal yang biasa aja, standar, gitu-gitu aja, pokoknya harus beda lah. Semakin banyak orang kreatif di zaman sekarang ini, dimana mereka memiliki ide di luar kebiasaan. Dan mereka menciptakan jajanan kekinian yang unik dan menjadi viral!

Disini Pena Kecil akan berbagi sama kalian, beberapa jajanan kekinian yang ada di Indonesia.

Keripik

Cassava Chips
Keripik Singkong, Awal Viralnya Jajanan Kekinian di Sosial Media

Disini ada yang belom pernah makan keripik??? Kalo misalkan sampe ada yang belum pernah makan keripik sama sekali dalam hidupnya, kalian harus coba!

Jajanan kekinian yang viral di sosial media, yang paling booming adalah keripik. Jajanan kekinian ini udah populer sejak beberapa tahun yang lalu.

Keripik adalah makanan ringan yang memiliki berbagai macam jenis. Cemilan ini biasanya memiliki irisan yang tipis. Keripik terbuat dari umbi-umbian, buah-buahan, daging, jeroan, ikan, bahkan ada keripik yang terbuat dari sayuran.

Biasanya pembuatan keripik dengan cara digoreng, tapi ada juga yang melalui proses penjemuran terlebih dahulu. Dan rasa dari keripik biasanya asin gurih. Namun, beda dengan keripik buah.

Keripik buah, beberapa ada yang memiliki rasa manis. Tapi beberapanya juga ada yang asin seperti, keripik pisang dan keripik sukun.

Semakin penasaran, pengen tau ada keripik apa aja sih yang jadi jajanan kekinian? Nih, Pena Kecil bagiin info buat kalian semua tentang jajanan kekinian jenis keripik, di bawah sini…

Keripik Singkong Pedas

Maicih
Logo dari Keripik Singkong Maicih

Keripik singkong menjadi camilan khas dari Indonesia. Jajanan ini sudah dikenal lama di Indonesia. Tapi di zaman dulu, keripik singkong rata-rata rasanya cuma gurih dan asin. Beberapa tahun ke belakang, keripik singkong memiliki berbagai macam rasa.

Yang menjadi viral di Indonesia adalah keripik singkong dengan tingkat kepedasan yang beragam. Ada berbagai jenis merk yang terkenal di Indonesia seperti Maicih, Karuhun dan lainnya.

Tapi yang menjadi terkenal pertama kali di Indonesia adalah Maicih. Maicih bisa dibilang sebagai pelopor dari keripik singkong pedas di Indonesia. Cara yang digunakan Maicih saat itu terbilang baru.

Beli keripik, harus liat update twitter. Habis itu, punya beberapa tingkat kepedasan. Saat itu belum banyak yang mempunyai inovasi seperti itu.

Setiap ingin membeli, harus lihat update di twitter. Maicih sedang ada dimana ? Setiap hari selalu meng-update lokasi berjualannya, dari satu tempat ke tempat lainnya. Awalnya hanya berjualan di sekitaran Bandung, semakin banyak yang berminat, semakin jauh juga Maicih pergi.

Jangan pernah ketinggalan update tweetnya Maicih deh, kalo sampe ketinggalan bisa-bisa kalian ga bisa nyobain Maicih. Karena Maicih dijualnya jarang menetap di satu tempat, sering berganti tempat dari hari ke hari. Saat itu para pembeli mengejar Maicih kemanapun Maicih update.

Tingkat kepedasannya dimulai dari level 1 sampai 10. Maicih tidak hanya dinikmati oleh para pecinta pedas, tapi jajanan kekinian ini ada yang membelinya karena penasaran. Ada juga yang membelinya sebagai ajang tantangan.

Tidak lama setelah Maicih booming, muncul saingannya Karuhun. Saingannya lebih bermain tidak hanya menggunakan sosial media, tapi sudah masuk ke bidang retail. Cakupannya lebih luas dengan konsep yang sama.

Sekarang, jajanan kekinian ini sudah masuk ke bidang retail. Sudah banyak minimarket yang menjual produknya. Selain itu, Maicih sudah tidak hanya keripik singkong, tapi ada jenis cemilan yang lainnya.

Salted Egg Chips

Jajanan kekinian Irvins Fish Skin
Jajanan Kekinian, Keripik Kulit Ikan dengan rasa Telur Asin

Beberapa saat ke belakang ini, lagi mulai rame nih yang namanya salted egg atau telur asin. Awalnya karena sebuah jajanan kekinian dari negeri tetangga, Singapura.

Yang sering dikenal dengan rasa telur asin adalah masakan kepiting telur asin atau masakan lainnya. Lalu mulai zaman now, cemilan pun dibikin rasa telur asin. Uniknya lagi, jajanan telur asin ini terbuat dari fish skin atau kulit ikan. Jarang banget kan keripik kulit ikan? Kalo kerupuk kulit sapi udah banyak di pasaran.

Sekarang merk tersebut sudah memproduksi keripik tidak hanya kulit ikan saja, ada juga keripik kentang dan juga keripik singkong.

Selain dari Singapura, orang-orang kreatif di Indonesia juga tidak mau kalah bersaing. Dengan momen yang pas, memanfaatkan pasar yang terbuka luas. Inilah beberapa produk lokal keripik telur asin :

  • AH OK Salted Egg Fish Skin,
  • Ervan Fish Skin Salted Egg,
  • ei Salted Egg,
  • dan lain-lain.

Itulah beberapa produk lokal yang menawarkan rasa telur asin atau salted egg. Tidak hanya dengan bahan kulit ikan, tapi dengan bahan-bahan yang lainnya juga. Seperti halnya, keripik kentang telur asin, kulit ayam telur asin, keripik singkong telur asin dan lainnnya.

Macaroni Ngehe

Makaroni Ngehe
Logo dari Makaroni Ngehe

Jajanan dengan nama yang menohok ini, sukses viral di Indonesia. Orang Indonesia memang pecinta pedas. Dan Makaroni Ngehe membawa konsep cemilan dengan tingkat kepedasan.

Ga cuma nama merknya doang yang menohok, menu dari si Makaroni Ngehe ini juga ga kalah unik. Menu dari jajanan ini sebenarnya hanya tingkat kepedasan dari makaroninya, berikut nama atau tingkatan pedasnya :

  • Level 1 #kadedeuh bu omay : Asin Gurih
  • Level 2 #dicuekin pak zaenal : Pedas Sedikit
  • Level 3 #ciwit bu tina : Pedas Sedang
  • Level 4 #kepret pak endang : Pedas
  • Level 5 #pitnah bu lilis : Pedas Banget

Unik kan level menu dari jajanan unik yang satu ini? Haha

Tapi saat awal-awal jajanan ini viral, kalian bakalan terburu-buru untuk membelinya. Mengikuti kesuksesan Maicih di awal dia keluar, bedanya Makaroni Ngehe memiliki outlet yang tidak setiap hari berpindah tempat.

Walaupun begitu, ketika kalian mau beli Makaroni Ngehe ini harus sabar. Kenapa harus sabar? Karena antreannya mengular panjaaaaaang. Sampe-sampe kamu berada di titik kegalauan. Kamu pengen ngemil, tapi males jajan dateng ke Makaroni Ngehe.

Eits! Zaman udah canggih mamen… Ada berbagai opsi buat kalian yang Makan Pager Males Gerak alias Mager.

Ada Go-Food, Grab-Food, dan berbagai macam layanan lainnya. Jadi kalian gausah antri lama-lama di tempat. Tinggal duduk merenung, sembari menunggu sang pengantar jajanan datang. Tapi daripada merenung, mendingan ngelakuin hal-hal yang berguna.

Hal yang berguna tuh misalnya, ngerjain tugas, ngerjain makalah, REVISI SKRIPSIAN YANG DICORAT-CORET DOSEN PEMBIMBING… Eh, maap caps locknya kesenggol. Pokoknya produktif lah, jangan cuman bukain sosmednya mantan, kepoin si dia. Datengin lah, bilang yang sebenarnya, BERANIKAN DIRIMU!!!

Sorry-sorry, Pena Kecil malah jadi baper gini…..

Pokoknya jajanan kekinian yang ini mudah untuk kalian jangkau. Apalagi buat yang pecinta pedas, level pedasnya buat Pena Kecil sih ga bohong. Tapi kalo untuk kalian yang kuat banget sama yang namanya pedas, mungkin kalian bakalan stay cool.

Martabak Manis atau Terang Bulan

Sweet Martabak
Terang Bulan atau Martabak Manis

Ada yang bilang martabak manis, ada juga yang nyebut terang bulan. Jajanan satu ini udah ada sejak lama. Tapi gatau deh, selama apa. Apakah selama rasa yang ada untuk dirinya ini dipendam?

Okeh, kembalikan FOKUS ke martabak manis ini. Jajanan yang berbahan dasar tepung terigu ini, udah jadi jajanan banyak orang di Indonesia. Hampir di setiap daerah ada yang jual kayaknya, dan mulai ada sebelum berkembangnya internet bahkan.

Terang bulan bercita rasa manis. Kalau dulu paling cuma ada rasa kacang, ketan hitam, coklat, keju. Tapi sekarang, udah berbagai macam rasa yang ditawarkan oleh para penjualnya.

Beberapa jenis Martabak atau Terang Bulan yang kekinian akan dijelasin sama Pena Kecil di bawah sini…

MARKOBAR (Martabak Kota Barat)

Markobar
Take Away Markobar

Presiden Indonesia periode 2014 – 2019, Joko Widodo memang seorang pebisnis. Ternyata hal itu menurun kepada anaknya. Gibran Rakabuming Raka adalah anak pertama dari pak Joko Widodo, yang memiliki bisnis dengan brand MARKOBAR ini.

Yang membedakan Markobar dengan Martabak yang lain adalah topping yang digunakan. Ketika yang lain hanya standar yang kita ketahui, Markobar berbeda. Toppingnya mulai dari Nutela, Greentea, KitKat, dan berbagai macam rasa lainnya.

Selain itu, trend terang bulan yang memiliki lebih dari dua rasa pun dikembangkan olehnya. Biasanya terang bulan ditumpuk, ketika terang bulan memiliki delapan rasa jadi seperti Pizza ala Italia.

Martabak Telur

Martabak Telor
Martabak Telur, Jajanan yang Untuk Dibawa ke Calon Mertua 

Masih dengan bahasan martabak. Bedanya, kalo tadi kan yang manis tuh kayak kamu…

Kalo yang ini, martabak telur yang beda dengan martabak manis. Rasanya gurih dan juga isiannya biasanya berupa irisan daging sapi dan juga daun bawang. Biasanya menu dan harga dari martabak telur ini dibedakan dari berapa banyaknya campuran telur di dalamnya.

Mulai dari martabak telur yang biasa, telurnya dua. Spesial itu telurnya tiga, istimewa telur yang dicampurkan empat, dan super telurnya yang di campur adukkan ada lima butir. Oiya, martabak telur juga biasanya yang dicampurkan yaitu telur bebek, bukan telur ayam yang umum dikonsumsi kebanyakan orang.

Ga mau kalah dari si martabak manis, martabak telur ini juga sekarang ikut arus zaman. Udah mulai banyak martabak telur yang dijadikan jajanan kekinian nih. Disini Pena Kecil punya beberapa info tentang martabak telur.

Martabak Mozarella

Martabak telur mozarella
Martabak Mozarella, Jajanan Kekinian Anak Zaman Now

Martabak telur yang dulu cuma dibedakan dari jumlah telur yang dicampurkan, sekarang ga cuma sekedar telur. Sekarang martabak telur udah banyak variasinya, salah satunya dengan topping mozarella.

Kalian tau dong apa itu keju mozarella?

Yup! Keju yang biasanya mudah meleleh dan bisa ditarik paaannnjaaaaaangg gitu. Duh jadi ngiler nih ngebayanginnya.

Dulu martabak telur itu termasuk jajanan yang cukup menguras kantong. Karena isiannya yang menggunakan daging sapi. Maka dari itu, pengalaman dari orang dulu sih kalo kerumah calon bini bawaannya martabak. Mungkin maksudnya biar prestige gitu hehe

Martabak telur yang dulu udah terbilang prestige, sekarang semakin diangkat martabat si martabak. Ga cuma dikasih daging sama daun bawang, tapi juga dikasih keju mozarella. Yang mana membuatnya semakin gurih dan menggiurkan untuk disantap!

Tapi martabak telur ga cuma dibedakan dengan keju mozarella aja, sekarang juga dibedakan menurut isiannya. Ga cuma diisi dengan irisan daging sapi dan daun bawang, tapi ada juga bermacam isian lainnya. Seperti halnya rendang, ayam, sosis, bakso dan lainnya.

Jajanan Lama untuk Nostalgia tapi Kekinian

Terjebak Nostalgia
Raisa Andriana, Pelantun Lagu Terjebak Nostalgia

Zaman SD dulu… Jangan SD deh, pas dulu masih kecil pasti sukanya jajan kan ya. Pas zaman masih sekolah SD atau SMP biasanya banyak yang berjualan di depan sekolahan atau di kantinnya. Dan ga cuma satu jenis jajanan doang, ada berbagai jajanan yang ditawarkan disana.

Disini Pena Kecil mau bagiin kalian tentang jajanan yang bikin Terjebak Nostalgia kayak yang dinyanyiin sama Raisa.

Telur Gulung, Jajanan SD yang Menjadi Populer di Zaman Now

Telur Gulung
Jajanan Nostalgia yang Mulai Populer Kembali

Salah satu jajanan zaman Pena Kecil dulu SD yang sekarang mulai banyak lagi yang jual adalah telur gulung. Telur gulung atau ada yang mengenalnya dengan nama sate telur gulung. Jajanan ini adalah jajanan yang menjadi favorit banyak orang.

Telur gulung sebenarnya cukup mudah untuk dibuat. Resep telur gulung sendiri cukup mudah, hanya perlu telur, garam, merica dan bagi yang suka boleh ditambahkan penyedap. Namun cara membuat telur gulung ini tidak semudah resep telur gulung itu sendiri.

Tetapi entah kenapa yang namanya jajan itu keseringan lebih enak dari buatan sendiri. Pena Kecil sih ngalaminnya begitu hehe

Mungkin pengalaman kalian beda dengan Pena Kecil. Itulah pengalaman yang menjadi guru bagi kehidupan kita sekalian. Banyak pelajaran yang bisa diambil dari pengalaman yang sudah terjadi.

Itulah beberapa tentang jajanan kekinian. Mulai jajanan yang mulai viral di sosial media, sampe sekarang yang viral dimana-mana. Cukup dulu yang Pena Kecil bagiin ke kalian soal jajanan kekinian dan juga jajanan yang terjebak nostalgia.

Stay update disini ya untuk info menarik lainnya! 😀

Wasallam…

%d blogger menyukai ini: