(17+) Manfaat Bersepeda Bagi Kesehatan Tubuh dan Juga Lingkungan

Manfaat Bersepeda — Semakin hari kepadatan kendaraan semakin tidak terkendali. Dengan bertambah padatnya kendaraan, semakin parah juga polusi yang ada di jalanan. Setiap hari tubuh kita menghisap polusi yang berbahaya bagi tubuh.

Maka dari itu, bersepeda merupakan solusi yang tepat bagi kalian untuk menghadapi kemacetan yang menjadi keseharian. Itu hanya salah satu manfaatnya loh. Ada lebih dari 17 manfaat bersepeda bagi kita. Baik itu bermanfaat bagi kesehatan tubuh, kesehatan jiwa dan juga lingkungan bisa menjadi sehat juga.

Yuk simak yang akan dibagikan oleh Pena kecil disini. 🙂

Manfaat Bersepeda Bagi Tubuh

Manfaat Bersepeda untuk Tubuh
Manfaat Bersepeda untuk Tubuh

Nah, untuk kalian yang males bermacetan atau sudah muak dengan kemacetan yang ada di keseharian kalian. Kalian harus bin wajib tau tentang manfaat bersepeda bagi tubuh kalian.

Bersepeda itu Olahraga yang Mudah dan Murah

Bersepeda itu Mudah dan Murah
Bersepeda itu Mudah dan Murah

Untuk berolahraga kalian pikir harus pergi ke gym? Kalian yang hidup di perkotaan berpikir hanya itu olahraga yang memungkinkan untuk kalian?

Ah dasar orang kota, masih banyak hal yang bisa kalian lakukan untuk berolahraga kok. Bersepeda adalah olahraga yang bisa kalian lakukan di perkotaan. Jalanan yang macet jangan dijadikan alasan.

Dengan kalian bersepeda, setidaknya kalian sudah mencoba untuk mengurangi kemacetan yang ada. Selain itu, diantara olahraga yang lain, sepeda terbilang mudah dilakukan.

Ambil contohnya berolahraga di gym itu lebih repot dibandingkan kalian bersepeda. Harus menyiapkan baju ganti, sepatu, handuk, sabun, dan lain sebagainya. Belum lagi macet di jalan menuju ke tempat gym nya. It is too much thing to do!

Kalo kalian bersepeda, tinggal siapin sepeda terus gowes deh. That’s EASY!

Terus kalian kalo mau pergi kemana, ga ada tarif untuk parkir sepeda. Tinggal standar sepeda kalian, gembok untuk keamanan, jalan deh.

Mudah dan murah kan bersepeda? 🙂

Memperkuat Pernapasan

Manfaat Bersepeda Untuk Pernapasan
Bersepeda Membuat Napas terasa Ringan

Bersepeda itu membantu memperkuat pernapasan kalian. Ketika mengayuh sepeda kalian sudah pasti terengah-engah napasnya.

Nah, kalau kalian rutin bersepeda, hal itu tidak akan memberatkan kalian lagi. Setelah kalian rutin bersepeda, manfaat bersepeda untuk memperkuat pernapasan kalian akan terbukti.

Awalnya ya dimulai dari yang dekat saja dulu. Misalkan bersepeda dari rumah ke lingkungan sekeliling rumah. Cukup 10 menit saja tanpa istirahat untuk pertama kalinya.

Jika kalian memang rutin bersepeda, dari tadinya 10 menit ditambah waktunya menjadi 15 menit. Lalu 30 menit hingga 1 jam.

Kalau durasinya sudah tidak membuat kalian lelah, kalian sudah terbiasa dengan bersepeda dengan jangka waktu yang lama, tambah jaraknya. Yang tadinya hanya sekitaran rumah, menjadi di sekitaran komplek.

Atau yang tinggal bukan di perumahan, coba bersepeda ke RW sebelah. Dengan durasi yang kalian sudah kuat, seperti 1 jam tadi.

Menyehatkan Jantung

Manfaat Bersepeda, Memperkuat Jantung
Bersepeda Membuat Jantung Menjadi Lebih Kuat

Selama kalian masih bisa bersepeda, apa salahnya untuk menjadikan bersepeda sebagai rutinitas. Faktanya, bersepeda ini bisa menyehatkan jantung kita loh.

Ketika kita menggowes sepeda kita, jantung bekerja memompa darah ke seluruh tubuh. Jantung berdetak dengan irama yang lebih cepat dibandingkan saat kita bermalas-malasan di kamar.

Dengan detak jantung yang berirama tersebut, membuat jantung menjadi lebih sehat. Selain itu kita juga jadi semakin sehat.

Baik Untuk Kekuatan dan Stamina

Bersepeda melatih stamina dan kekuatan
Stamina dan Kekuatan bisa Terlatih dengan Bersepeda

Bersepeda itu bisa meningkatkan stamina kita. Dengan bersepeda rutin, stamina kita akan semakin kuat. Kalau rutin bersepeda, kebugaran tubuh kita juga semakin baik. Otot semakin kencang yang membuat kekuatan kita bertambah.

Latihan yang Baik Untuk Otot

Manfaat bersepeda untuk otot
Bersepeda Membuat Otot Menjadi Kencang dan Kuat

Seiring kalian menggowes sepeda, otot semakin bekerja. Lemak yang ada di badan semakin terbakar. Ketika lemak sudah terbakar, tinggal otot yang dipacu.

Ketika menggowes sepeda, otot bekerja membuatnya menjadi lebih kencang. Tidak hanya otot kaki, namun otot tangan dan juga seluruh otot yang ada di badan juga ikut bekerja.

Meningkatkan Kinerja Sendi

Jenis jenis sendi
Berbagai Jenis Sendi yang Ada Pada Tubuh Manusia

Saat menggowes, kaki kita selalu bergerak. Sendi pun ikut bergerak. Selain di kaki, persendian yang ada di tangan juga ikut bergerak. Dengan mengarahkan stang kemanapun kita menuju. Maka sendi yang membuat tangan melakukannya.

Mencegah Obesitas dan Mengontrol Berat Badan

Manfaat bersepeda untuk mencegah obesitas
Bersepeda Bisa Mencegah Obesitas dan Menjaga Berat Badan

Bersepeda adalah cara yang baik untuk mengontrol dan juga mengurangi berat badan. Ketika metabolisme meningkat, saat itu juga lemak di badan terbakar dan juga otot terbentuk.

Jika kalian ingin mengurangi berat badan, jangan cuma bersepeda saja. Tapi harus dikombinasikan dengan mengkonsumsi makanan yang sehat. Selain itu, bersepedanya juga harus ditingkatkan, baik dari durasi dan juga jarak yang ditempuh.

Memperbaiki Postur dan Koordinasi

Manfaat bersepeda untuk postur tubuh
Rutin Bersepeda Membuat Postur Tubuh Menjadi Tegak. Sumber : WikiHow

Jangan kira mereka yang bersepeda akan bungkuk. Malah sebaliknya loh!

Kalau kita lihat memang para atlet sepeda, saat bersepeda mereka bungkuk. Namun, ketika mereka naik ke podium, apa ada yang bungkuk? Mereka semua tegak loh.

Jika kita rutin bersepeda, postur badan kita menjadi tegak, bukannya membungkuk.

Selain itu juga koordinasi tubuh kita jadi lebih baik. Saat bersepeda, pergerakan badan juga jadi lebih baik. Tangan, kaki, mata, semua berkoordinasi dengan baik saat kita bersepeda.

Memperkuat Tulang

Manfaat Bersepeda Untuk Tulang
Bersepeda Juga Membuat Tulang Menjadi Kuat

Udah dijelasin kan di atas tadi, kalo bersepeda tuh bikin kita tegak. Tegaknya badan menandakan tulang kita itu kuat. Jadi bersepeda selain membuat postur tubuh kita tegak, akan memperkuat tulang kita juga.

Meningkatkan Reflek Tubuh

Ketika kita sering bersepeda, mau dimanapun bersepedanya, baik itu di jalan raya atau kita bersepeda ke track off-road, bisa meningkatkan reflek kita. Mungkin di awal kita masih kagok dalam bersepeda, ketika kita rutin bersepeda kita jadi tau jalur yang kita lewati.

Dengan pengetahuan tersebut, reflek kita ikut bertambah juga. Seperti menghindari lubang yang ada di jalan atau melewati polisi tidur di jalan.

Reflek kita akan semakin peka jika kita sering bersepeda. Jika kita bersepeda di track off-road, kita jadi tau ada rintangan apa saja yang akan dilewati nantinya, dan lain sebagainya.

Mengurangi Risiko Penyakit Kardiovaskular

Manfaat Bersepeda Untuk Mengurangi Risiko Terkena Penyakit Kardiovaskular
Risiko Terserang Penyakit Kardiovaskular Jadi Berkurang Berkat Bersepeda. Sumber : hellosehat.com

Penyakit kardiovaskular itu merupakan penyakit yang berhubungan dengan pembuluh darah. Seperti contohnya itu ada darah tinggi, stroke dan juga serangan jantung.

Bersepeda secara berkala akan merangsang dan meningkatkan kinerja jantung dan paru-paru. Membuat aliran darah menjadi lebih lancar. Dengan lancarnya aliran darah ke seluruh tubuh kita, bisa mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

Dengan bersepeda bisa memperkuat otot jantung, meningkatkan denyut nadi dan juga mengurangi lemak darah.

Mengurangi Risiko Diabetes

Manfaat bersepeda untuk diabetes
Diabetes Bisa Dihindari Risikonya dengan Rutin Bersepeda.

Kalian tau ga kalau jarang berolahraga itu selain membuat obesitas atau kegemukan, bisa juga jadi penyebab diabetes loh!

Jadi jangan suka mager deh jadi orang. Apa-apa mager, mau cabut mager. Bisa-bisa kalian kena obesitas + diabetes loh. Mau?!

Maka dari itu, mulailah bersepeda. Menurut penelitian yang dilakukan di Finlandia, orang-orang yang bersepeda lebih dari 30 menit sehari, 40% lebih rendah terkena risiko diabetes.

Mengurangi Stress dan Depresi

Manfaat Bersepeda Untuk Stress
Stress pun Reda Dengan Bersepeda

Banyak tugas kerjaan? Atau skripsi masih sering dijadikan buku gambar sama dosen? Apa udah remedial dua kali masih belum lulus juga?

Santai dulu, ganti baju, bersepeda lah.

Kenapa bersepeda? Karena memang salah satu manfaat bersepeda itu bisa mengurangi tingkat stress bahkan depresi.

Saat bersepeda, kita bisa melihat pemandangan sekitar. Pemandangan yang mungkin tidak bisa kita perhatikan ketika kita tidak bersepeda dan berjalan kaki. Kita bisa menikmati pemandangan yang ada dan juga bersyukur kepada Allah dengan melihat pemandangan sekitar.

Selain pemandangan, kita bisa lebih akrab dengan orang yang kita temui ketika sedang bersepeda. Ketika bersepeda bisa jadi kita saling bertemu pandang, berikan senyuman kepada orang yang kita lihat. Atau bisa juga sekalian kita sapa mereka.

Hal yang seperti itu bisa membuat hati kita senang dan juga tenang. Apalagi senyum kepada orang yang kita temui termasuk sedekah. Ditambah kalau kita sekalian menyebutkan salam kepada mereka, sudah sehat pahala juga didapat.

Menambah Teman

Bike to Tour
Menambah Teman Merupakan Salah Satu Manfaat Bersepeda

Kita bisa menambah teman kalau kita melakukan hal yang di atas, yaitu senyum dan juga salam. Ketika kita bertemu orang yang tersenyum dan juga menyalami kita, maka kemungkinan besar orang itu adalah orang yang baik dan ramah.

Siapa yang ga mau sih punya teman yang ramah?

Orang yang ramah akan lebih dipilih sebagai teman dibandingkan orang yang tidak ramah. Apalagi orang yang pemarah, jarang sekali ada yang mau menjadi temannya.

Selain itu, ketika kita sering bertemu dengan orang yang bersepeda juga, kita merasa memiliki teman seperjuangan. Apalagi ketika kita masuk ke dalam komunitas, selain menambah teman bisa jadi menambah saudara. Bisa ketemu jodoh juga loh hehehe

Menghindari Kemacetan

Manfaat bersepeda untuk menghindari kemacetan
Dengan bersepeda, kita bisa terhindar dari kemacetan.

Untuk yang mengendarai kendaraan bermotor, ketika macet ya mereka terjebak oleh kemacetan yang ada. Kalau bersepeda, ketika terjebak kemacetan, bisa turun dari sepeda dan berjalan kaki di trotoar.

Sepedanya kita tuntun, karena fungsi dari trotoar adalah tempat untuk para pejalan kaki berjalan. Jangan digunakan di atas trotoar ya, pesepeda itu harus saling menghormati dengan yang lainnya.

Jangan ikutan para pengendara “BODOH” yang sukanya nyerobot hak orang lain. Jadilah manusia yang saling menghargai sesama. Jika kita ingin menggunakan trotoar, turun dari sepeda lalu tuntun sepeda kita atau angkat jika tidak mengganggu yang lain.

Dengan begitu kita bisa terhindar dari kemacetan. Atau kalau mau menyeberang, kita bisa mencari zebra cross atau jembatan penyebrangan. Jangan lupa untuk dituntun sepedanya ya. Saling menghargai tidak bikin rugi kok, malah menambah pahala kita. 😀

Mendapatkan Pengalaman Menarik

smiling
Saat Bersepeda Kita Bisa Mendapatkan Pengalaman yang Menarik

Selama bersepeda melintasi berbagai pemukiman atau hanya di jalan raya saja, pasti kita mendapati pengalaman. Apalagi jika bersepeda setiap hari.

Manfaat bersepeda yang satu ini memberikan hal-hal positif bagi kita. Bertemu yang bersepeda juga seperti yang kita lakukan atau melihat sesuatu yang menyentuh hati kita.

Betapa banyaknya orang yang kurang beruntung yang ada di jalan. Sedangkan kita masih bisa merasakan bersepeda untuk bepergian. Ada yang harus berjalan kaki atau bahkan ada yang harus menyeret kakinya untuk berpindah dari tempat satu ke tempat lainnya.

Banyak pengalaman yang menarik dan juga berharga ketika kita bersepeda. Manfaat bersepeda tidak hanya untuk kesehatan fisik, tapi kesehatan batin juga mendapatkan manfaatnya.

Menjaga Kantong

Manfaat bersepeda untuk kesehatan dompet
Bersepeda ga mengeluarkan banyak biaya, Jadi isi dompetmu bakal aman.

Menjaga kantong disini bukan secara harfiah atau arti perkatanya, tapi lebih ke ungkapan. Dengan kalian bersepeda, kantong kalian itu terjaga dari kekosongan dan juga kehampaan maksudnya hehe

Kalian tidak perlu membeli bensin atau mengeluarkan ongkos. Tidak perlu membayar tol, tidak mengeluarkan uang untuk parkir kendaraan. Dan masih banyak lagi hal yang bisa menjaga kantong kalian dari kehampaan.

Tapi itu tergantung dari tipe sepedanya juga sih. Jika kalian penyuka sepeda balap dan memang berniat menjadi seorang atlet, maka kocek yang harus dirogoh juga harus dalam. Karena spesifikasi yang dibutuhkan, mengeluarkan biaya yang tidak sedikit.

Namun jika dibandingkan dengan manfaatnya, biaya yang dikeluarkan tidak sebanding dengan manfaat yang kita dapatkan.

Easy Maintenance

Perawatan sepeda
Perawatan sepeda juga mudah.

Easy Maintenance adalah sebutan kerennya. Kalau dalam bahasa Indonesia artinya adalah mudah dalam perawatannya. Jika dibandingkan dengan kendaraan bermotor, sepeda adalah kendaraan yang mudah dalam perawatannya.

Kalian ga perlu ganti oli tiap sekian ribu kilometer sekali, ga harus isi bensin, dicucinya gampang dan berbagai macam perawatan lainnya. Sepeda cukup di cek rem, rantainya kalau copot, tinggal dipasang lagi. Untuk mencucinya juga gampang, tidak banyak sela-sela yang susah diraih seperti di kendaraan bermotor lainnya.

Mudah kan merawat sepeda? 🙂

Mengenal dan Memahami Lingkungan Sekitar

Ketika kita sering bersepeda, biasanya kita melewati rute yang sama agar tidak sulit. Jika kita sudah sering melewati rute yang sama ketika bersepeda, kita jadi kenal sama daerah yang kita lewati.

Selain kenal dengan daerahnya, kita juga jadi paham tentang rute yang kita lewati. Seperti dimana ada lubangnya, kita harus belok di persimpangan yang mana, dan lain sebagainya.

Kita jadi mengenal sekaligus memahami lingkungan di sekitar kita dengan bersepeda.

Manfaat Bersepeda Untuk Lingkungan

Manfaat bersepeda untuk lingkungan
Lingkungan Mendapatkan Dampak Positif Jika Banyak yang Bersepeda | Designed by freepik.com

Kalau tadi kita yang mendapatkan keuntungan atau manfaat dari bersepeda. Nah, di bagian ini nih, Pena kecil akan memberitahukan kepada kalian tentang manfaat bersepeda untuk lingkungan kita nih. Baca di sini ya! 😀

Mengurangi Dampak Pemanasan Global

Manfaat bersepeda untuk global warming
Bersepeda Dapat Mengurangi Dampak Global Warming | Sumber : extranewsfeed.com

Kalian tahu kan sepeda itu adalah kendaraan yang tidak memiliki emisi gas buang. Jadi aman, kalau kita menggunakan setiap hari. Tidak ada polusi yang dihasilkan dari sepeda yang kita gunakan.

Sekalinya ada polusi, ya itu dari si pengendaranya hehe

Jadi ketika polusi yang dihasilkan tidak ada, otomatis alam juga jadi ikut terjaga. Pemanasan global itu terjadi karena polusi yang sangat tinggi yang dihasilkan oleh kendaraan maupun industri. Kalo polusi yang keluar dari manusia, tidak berefek besar dalam pemanasan global. Yang panas ya yang disekitarnya paling hehe

Mengurangi Kemacetan

Manfaat bersepeda untuk mengurangi kemacetan
Kemacetan Akan Berkurang Jika Lebih Banyak yang Bersepeda

Selain bersepeda itu ikut membantu mengurangi penyebab pemanasan global, bersepeda juga bisa mengurangi kemacetan. Ukuran sepeda yang kecil merupakan salah satunya. Dengan ukuran sepeda yang kecil, jalan jadi luas.

Sedangkan kendaraan bermotor tidak ada yang sekecil sepeda. Membuatnya memenuhi jalanan. Apalagi ukuran dari mobil yang memakan satu badan jalan.

Kalau mobil itu penuh sih wajar, yang menjadi kebiasaan adalah satu mobil satu orang. Hal itu lah yang membuat kepadatan di jalan meningkat.

Ada ratusan orang yang memiliki mobil dengan keegoisan yang tinggi di jalan. Mereka berkendara sendirian lalu mereka mengeluhkan macet yang parah. Padahal karena mereka lah macet parah terjadi.

Jika orang dengan keegoisan seperti itu beralih menggunakan sepeda, kemacetan yang biasanya terjadi akan hilang seperti sulap. BWOOOSSHHH! Lenyap…

Penutup

Itulah berbagai manfaat ketika kita bersepeda. Jadikan bersepeda sebagai aktifitas sehari-hari. Bahkan kalau bisa, jadikan bersepeda itu sebagai kebutuhan.

Selain menyehatkan badan kita, bersepeda juga bisa menenangkan jiwa. Selain kita dapat manfaat yang luar biasa bagi diri kita sendiri, kita bisa membuat orang lain juga bahagia. Seperti saat kita berpapasan ketika bersepeda, saling salam, senyum dan sapa bisa mengurangi kelelahan dan juga rasa stress.

Lalu, bersepeda bisa mengurangi dampak pemanasan global. Jika kita bersepeda, emisi gas beracun yang ada di jalanan menjadi berkurang.

Sekiranya begitulah yang bisa Pena kecil bagikan kepada kalian. Semoga bermanfaat ya untuk kita semua! 😀

Wassalam…

%d blogger menyukai ini: