Perbedaan Antara Motor Cross (Motocross), Motor Trail, Motor Enduro dan Lainnya

Motor Cross — Sudah menjadi hal yang umum untuk menggunakan sepeda motor untuk kegiatan sehari-hari. Di berbagai kota besar maupun masuk ke desa hingga ke pedalaman, ditemui berbagai sepeda motor yang digunakan oleh warga sekitar.

Dari berbagai jenis motor yang ada seperti, motor bebek, motor matic, motor gede, bebek matic, motor trail dan juga motor cross. Motor trail adalah salah satu jenis motor yang bisa digunakan di berbagai jenis jalan. Bisa dikendarai di jalanan aspal, tanah, berbatu, bahkan di jalanan berlumpur.

Salah satu jenis dari motor trail yaitu motor cross. Untuk lebih jelasnya tentang motor cross, Pena Kecil jelasin ke kalian tentang itu di bawah sini. Langsung baca aja 🙂

Apa sih Motor Cross itu?

Motor cross
Photo by Pexels

Kalian udah tau dong yang namanya sepeda motor? Seperti yang udah Pena Kecil jelasin di atas tuh. Sepeda motor adalah kendaraan yang udah umum di banyak negara, terutama di Indonesia. Mulai dari perkotaan yang besar hingga masuk ke pelosok desa, rata-rata masyarakatnya menggunakan sepeda motor sebagai kendaraan utama.

Sepeda motor banyak jenisnya, salah satunya yang Pena Kecil mau kasih tau ke kalian ini adalah tentang motor cross.

Motor cross atau dikenal juga dengan nama motocross, termasuk dari varian motor trail. Varian motor ini digunakan khusus untuk balapan off road, videonya bisa kalian liat di bawah sini nih…

Motor cross emang dikhususkan untuk balapan, makanya motor ini punya spesifikasi yang lebih tinggi dibandingkan motor trail pada umumnya. Walaupun dari luar keliatannya sama aja, padahal sebenernya jauh berbeda.

Motocross tuh ga bisa kalian kendarain di jalan raya, kalo kalian nekat bisa-bisa kalian kena semprit para polisi. Disuruh berhenti, ditanya-tanyain, terus jadian ditilang deh.

Kok bisa? Soalnya kalo motor cross itu ga punya kelengkapan standar motor-motor pada umumnya. Motor cross ga punya stnk, ga dipasangin lampu depan sama belakang, lampu sein ga punya, klakson ga guna dipasang di motocross. Bahkan spion yang biasa terpasang tuh ga ada, knalpot juga rata-rata suaranya berisik.

Jadi karena hal-hal tersebut lah, motor cross itu ga bisa dikendarai di jalan raya.

Selain ga punya kelengkapan motor pada umumnya, harganya juga beda dibanding motor yang banyak dikendarai di jalan raya. Harganya motor cross itu bisa jadi sangat mahal. Karena spesifikasinya yang tinggi, harga masing-masing komponennya diatas rata-rata.

Motor Trail yang Bisa di Segala Medan

Motor trail
Motor Trail Photo by Pixabay

Dari segi fisik atau tampilan, motor trail, motor cross sama motor enduro memiliki tampilan yang khas. Bentuk body yang ramping dan juga tinggi, spakbornya khas, bunyinya juga biasanya nyaring.

Tapi sebenarnya perbedaan diantara ketiganya cukup signifikan, seperti yang udah Pena Kecil kasih tau ke kalian di tulisan di atas. Mulai dari spesifikasi hingga ke fungsinya juga beda.

Bedanya, kalo motor trail ini rata-rata bisa dikendarai di jalan raya. Itu karena motor trail biasanya merupakan motor yang memang bisa digunakan di jalan raya. Biasanya legalitasnya ada, surat tanda nomor kendaraan atau STNK nya ada, spion nempel, lampu depan sama belakang terpasang, sama lampu sein juga ada di motor trail.

Motor trail biasa disebut dengan nama dual sport atau motor all road. Itu dikarenakan motor trail enak dikendarain di jalan raya, tapi oke juga dibawa maen tanah atau off-road.

Motor trail rata-rata dijual dengan ban yang terpasang adalah jenis ban roadster. Itu agar motor ini nyaman dikendarai ketika di jalan raya. Kalo kalian mau ke jalur tanah, ganti aja ban roadsternya sama ban untuk off-road, atau biasa dikenal dengan nama ban pacul atau dirt tire.

Kalo kalian yang punya motor trail memakai ban pacul untuk digunakan di jalan raya, bisa dibilang sayang sih. Selain itu juga untuk kenyamanan berkendaranya jadi berkurang, kalo dirt tire digunakan di jalanan aspal.

Mendingan sih kalo punya motor trail ya pake aja roadster tire, soalnya dikendarain di aspalnya nyaman, masuk ke jalur tanah juga masih bisa diandalkan. Tentunya dengan berbagai kondisi tertentu yaaa hehe

Enduro Motor

Jenis Enduro Motor
BMW R 1200 GS termasuk dalam Enduro Motor

Definisi dari enduro sendiri adalah balapan jarak jauh, yang dikhususkan untuk motor ataupun sepeda. Biasanya melewati medan yang berat dan dibuat untuk menguji ketahanan.

Kalo motor cross itu digunakan khusus untuk off-road di jalur sirkuit, motor enduro ini lebih untuk menjelajah di jalur alami. Seperti untuk melewati jalanan yang berbatu, berlumpur, loncatin gundukan tanah atau pohon yang melintang, melewati sungai, dan rintangan lainnya. Seperti definisi dari si enduronya sendiri.

Motor enduro ini bisa dibilang tangguh. Karena dibuat untuk menguji ketahanan, baik untuk yang mengendarai maupun untuk yang dikendarai. Selain medan yang ditempuh itu berat, jaraknya juga jauh.

Untuk ban yang digunakan oleh motor jenis enduro ini agak mirip sama yang digunakan sama motor cross. Yang membedakannya adalah ukuran yang lebih besar dan kembangnya lebih rapat. Biasanya jenis ban All-Terrain (AT) atau ban untuk segala medan.

Motor enduro ini untuk legalitasnya sama seperti motor trail. Hal ini diperlukan karena motor ini dibuat memang untuk menempuh jarak yang jauh, juga segala jenis medan. Agar aman ketika memang harus melewati jalan aspal perkotaan.

Selain kelengkapan seperti lampu, spion dan lainnya, tangki bahan bakar dari motor enduro ini lebih besar. Ini dikarenakan motor enduro dipakai untuk menempuh jarak yang jauh, dimana konsumsi bahan bakarnya juga jauh lebih banyak ketimbang motor cross.

Sebagai contoh untuk kegiatan yang menggunakan motor enduro ini adalah Ring of Fire Adventure atau RoFA. Itu adalah sebuah acara televisi yang didalamnya ada pengendara motor, yang menggunakan motor tipe enduro, berkeliling ke berbagai daerah di Indonesia.

Supermoto

Supermoto Race
Supermoto Rider, Photo by Pixabay

Dari hasil campuran motor trail dan juga motor sport road race, terciptalah SupertmotoSupermoto ini merupakan salah satu cabang dari motor cross. Bedanya di cabang ini memadukan lintasan jalan aspal dan juga off-road lengkap dengan rintangannya.

Untuk body dan juga suspensi yang digunakan, sebenarnya mirip dengan motor trail pada umumnya. Yang menjadi pembeda adalah ban yang digunakan merupakan ban untuk road race.

Mini Trail

Mini Trail
Mini Trail biasa digunakan anak-anak.

Kalo yang di atas itu merupakan motor yang tinggi gede. Nah, motor yang satu ini nih, kecil mungil. Biasanya disebut dengan Mini Trail.

Jenis mini trail ini biasanya digunakan oleh anak-anak. Baik untuk latihan, perlombaan, ataupun hanya untuk berkeliling bersama orangtuanya. Untuk tampak luar dari si mini trail ini sama dengan motor trail pada umumnya.

Bedanya jelas dari ukurannya lebih kecil dari motor trail yang biasanya. Kapasitas mesin juga lebih kecil, berkisar 50-100 cc saja. Ground clearence atau ketinggian dari tanahnya juga dibuat rendah, mengingat yang menggunakan motor ini adalah anak-anak.

All Terrain Vehicle atau ATV

ATV
Varian Empat Roda yang Umum pada ATV

All Terrain Vehicle yang disingkat ATV ini memiliki arti kendaraan segala medan. ATV menurut yang didefinisikan oleh American National Standard Institute atau ANSI, dikenal juga sebagai quad, quad bike, three-wheeler, four-wheeler atau quadricycle.

Sebagian besar ATV dilengkapi dengan empat roda walaupun kemudinya seperti sepeda motor. Ada juga yang memiliki enam roda, model itu memiliki kegunaan khusus dibandingkan yang empat roda.

Setang ATV berupa raise bar yang seperti setang motor trail. Segala medan mampu dilalui oleh ATV, karena di setiap rodanya memiliki suspensi independen. ATV juga menggunakan ban yang bergerigi, sehingga memungkinkannya berjalan di tanah dan juga di lumpur. Selain dengan empat roda yang memiliki suspensi independen di masing-masing rodanya, ATV juga memiliki kapasitas tangki bensin yang besar hingga 20 liter.

Kalau di Indonesia, seringnya menjumpai ATV ini di wahana-wahana yang bertemakan alam. Jarang ada yang memiliki ATV sebagai kendaraan pribadinya.

Kejuaraan-Kejuaraan Motor Cross di Dunia

Motor cross memang dibuat untuk pertandingan atau kejuaraan. Tidak diperuntukkan dikendarai di jalan raya. Berikut ini Pena Kecil punya info tentang kejuaraan-kejuaraan motor cross yang bergengsi di seluruh dunia.

FIM Motocross World Championship

logo kejuaraan motor cross
FIM Motocross World Championship Logo

Kejuaraan dunia FIM Motocross World Championship sebagian besarnya diadakan di Eropa. Namun FIM juga menggelar acaranya di Amerika Utara, Amerika Selatan, Asia, Australia, dan juga di Afrika.

FIM Motocross ini adalah seri motocross utama di seluruh dunia. Ada empat kelas dalam kejuaraan ini yaitu:

  • MXGP untuk mesin 450cc,
  • MX2 untuk mesin 250cc,
  • MX3 untuk mesin 650cc,
  • Women’s MX.

Kompetisi ini terdiri dari dua balapan yang disebut motos dengan durasi 30 menit dan ditambah dengan dua lap.

AMA Motocross Championship

AMA Championship logo
Logo kejuaraan AMA

Kejuaraan AMA Motocross ini dimulai pada pertengahan Mei dan berlanjut hingga akhir Agustus. Kejuaraan terdiri dari dua belas putaran, di dua belas trek utama di seluruh benua Amerika Serikat. Ada tiga kelas dalam kejuaraan AMA ini :

  •  250 Motocross Class untuk mesin 2-stroke 0-125cc dan 150-250cc untuk mesin 4-stroke,
  • 450 Motocross Class untuk mesin 2-stroke 150-250cc dan 251-450cc untuk mesin 4 stroke nya,
  • Women’s Class

British Motocross Championship

British Motocross Championship Logo
Logo British Motocross Championship

The Maxxis British Motocross Championship adalah kompetisi off-road utama di Inggris. Kejuaraan ini dibagi dalam kelas MX1 dan MX2.

  • MX1 adalah kelas untuk mesin 4-stroke kapasitas 250cc hingga 450cc
  • MX2 kelas untuk mesin 4-stroke kapasitas 175 cc sampai 250 cc.

Pada tahun 2007 ditambahkan kelas untuk pemula, kelas MXY2, ditambahkan ke program pada putaran yang dipilih.

Serial “Veteran” diperkenalkan pada tahun 2009 hanya dengan dua putaran, tetapi kelas yang satu ini banyak peminatnya. Sehingga di tahun 2011 seri Veteran memiliki tiga putaran, yang diadakan selama enam balapan.

Freestyle Motocross

Selain kejuaraan-kejuaraan dunia yang telah disebutkan di atas, ada juga beberapa kejuaraan motor cross yang ga kalah seru untuk dilihat. Salah satunya adalah kejuaraan freestyle motocross atau disingkat FMX.

FMX adalah variasi dari olahraga motor cross, dalam freestyle motocross ini para pengendaranya mencoba untuk mengesankan juri, dengan berbagai lompatan dan juga trick.

Beberapa variasi dari freestyle adalah :

  • Big Air adalah sebuah lompatan besar, dimana motor berada di udara beberapa saat sebelum mendarat di tanah. Trick ini menjadi trick yang umum digunakan oleh banyak pengendara.
  • Flip adalah sebuah trick dimana pengendara dan motornya berputar di udara. Trick ini merupakan trick yang lebih sulit dibandingkan big air.

Dalam trick flip dibagi menjadi beberapa trick :

  • Backflip

Trick flip dilakukan dengan cara membalikkan motor ketika di udara dengan badan diarahkan ke belakang.

  • Frontflip

Untuk trick frontflip ini kebalikan dari backflip, badan di arahkan ke depan seperti berguling. Cukup jarang rider yang melakukan trick ini di setiap kompetisi.

Jadi segitulah yang Pena Kecil bagiin untuk kalian tentang Motor cross. Semoga menambah pengetahuan kalian lagi ya… 🙂

%d blogger menyukai ini: