Sepeda BMX yang Beragam Jenisnya Untuk Atraksi dan Olahraga Ekstrim

Sepeda BMX — Kendaraan yang pertama kali orang tua ajarkan ke anaknya biasanya adalah sepeda. Kendaraan yang satu ini merupakan kendaraan yang sangat ramah lingkungan. Karena sepeda tidak menghasilkan emisi gas buang sama sekali, paling pengendaranya yang punya emisi gas buang hehehe

Selain itu sepeda juga bikin sehat badan loh! Badan bagian atas dan bawah semuanya bergerak ketika bersepeda. Jadi, cukup baik lah untuk menjadikan bersepeda sebagai kegiatan sehari-hari.

Selain itu, sepeda juga banyak jenisnya. Ada sepeda gunung atau MTB, sepeda balap atau road bike dan juga ada BMX. Sesuai dengan judul di atas, Pena Kecil mau berbagi nih sama kalian tentang sepeda BMX ini. Mau tau apa aja? Simak di sini ya! 😀

Sejarah dan Pengertian dari Sepeda BMX

BMX Children
Pengendara Sepeda BMX Muda

Kalian tau kan sepeda BMX, tapi apa kalian tau apa maksudnya sih BMX itu? Mungkin sebagian udah ada yang tau ya, terus sebagian yang lainnya belom pada tau hehe

Jadi sepeda BMX itu merupakan sepeda olahraga off-road yang digunakan untuk balapan dan juga ketangkasan. BMX sendiri merupakan singkatan dari Bicycle Motocross, kalo diartiin ke bahasa Indonesia sih sepeda motocross.

Nah, BMX ini dimulai pada awal tahun 1970-an nih, bermula di Amerika Serikat. Awalnya itu ketika anak-anak ini balapan sepeda pada track tanah di California Selatan. Mereka terinspirasi dari para superstar motocross pada saat itu.

Sejak saat itu pabrikan mulai membuat sepeda yang dikhususkan untuk olahraga. Pada April 1981, Federasi BMX Internasional dibentuk dan perlombaan pertamanya diadakan pada tahun 1982. Saat Januari 1993, BMX masuk ke dalam Union Cycliste Internationale atau UCI, yang merupakan organisasi internasional untuk olahraga sepeda.

Ragam Jenis Sepeda BMX

Sepeda BMX
Sepeda BMX

Meskipun BMX ini merupakan salah satu jenis sepeda, tapi BMX juga memilki berbagai macam jenis. Macam jenisnya ini ditentukan dari atraksinya atau yang disebut freestyle. Nah, freestyle dari BMX ini dibuat sama seorang pebalap yang emang suka banget ngelakuin berbagai hal dengan sepedanya.

Bob Haro yang seorang pendiri dari Haro Bikes ini dikenal sebagai “The Father of Freestyle”. Apa aja sih jenis sepedanya? Pena Kecil bagikan untuk kalian di bawah sini nih 😀

Cross atau Race BMX

Cross or Race BMX
Jenis BMX Cross/Race

BMX jenis ini merupakan sepeda yang digunakan untuk balapan off-road. Ada ciri khusus yang dimiliki oleh jenis ini. Frame dari sepeda ini umumnya terbuat dari Alloy. Chainstay nya lebih panjang supaya handling dan kontrolnya enak.

Gear depannya besar yang berukuran 44T, forknya carbon, remnya memakai yang tipe VBRAKE, untuk Bottom Bracket nya mirip seperti MTB. Bottom Bracket atau BB rangka, yang terdapat ulir drat di dalam lubangnya. Untuk hub, kebanyakan masih memakai free hub.

Balapan sepeda BMX ini merupakan balapan sprint, sistemnya single lap pada track off-road yang dibuat khusus.

Track nya ini biasanya memiliki gerbang untuk hingga delapan pembalap. Track balap ini merupakan track balap tanah yang berkelok-kelok dengan berbagai lompatan dan juga putaran.

Jalur ini biasanya datar, memiliki lebar sekitar 15 kaki dan memiliki sudut belokan yang besar, untuk membantu para pengendara mempertahankan kecepatan mereka. Biasanya kegiatan balapan BMX ini difasilitasi oleh organisasi nasional ataupun internasional.

Organisasi-organisasi tersebut memberikan peraturan untuk pengkelasan dari segi umur dan juga skill dari para pembalap. Lalu mereka pula yang mengurus tentang sistem akumulasi poin selama musim balap berlangsung.

BMX Street

Street BMX
BMX Street

Jenis BMX yang satu ini biasa digunakan untuk melewati atau menaklukkan rintangan-rintangan yang ada di jalan. Rintangannya itu bukanlah rintangan yang bisa dilewati oleh sepeda pada umumnya. Beberapa rintangan yang ada seperti tangga, pegangan tangan yang ada pada tangga, dinding yang melengkung dan trotoar sederhana pun jadi rintangan.

Untuk spesifikasinya, BMX satu ini memiliki frame yang panjang. Stangnya memiliki tinggi rise sekitar 8 sampai 9 inci, lebarnya sekitar 27 sampai 29 inci. Memiliki toptube antara 20 sampai 22 inci. As belakang yang dipakai biasanya yang bertipe cassette hub.

Street BMX ini merupakan salah satu freestyle BMX yang dimulai pada akhir 1970-an. Pada saat itu, para pengendara BMX ini banyak menghabiskan waktunya bermain di skate park di San Diego, California, Amerika Serikat.

Lalu di tahun 1979, tim freestyle BMX pertama dibuat. Nama dari tim tersebut adalah BMX Action Trick Team.

Kebanyakan sepeda BMX street ini menggunakan roda yang besarnya 20 inci. Meskipun ada perbedaan dalam ukuran frame dan geometri, panjang toptube umumnya akan tetap berada di antara 20 hingga 22 inci.

Para rider pemula BMX biasanya cenderung membeli sepeda lengkap yang ada di toko. Namun, para rider yang lebih berpengalaman umumnya membangun sepeda mulai dari bawah.

Flatland BMX

Flatland BMX
Flatland Trickster Viki Gomez, Photo by Red Bull

Kalo BMX yang jenis flatland ini biasanya dimainkan pada atraksi keseimbangan, biasanya dilakukan pada tempat yang datar. Untuk atraksi BMX flatland ini ga pake rintangan-rintangan kayak yang lainnya. Ada juga yang bilang, atraksi ini merupakan atraksi sepeda yang artistik dan biasanya dicampur dengan pertunjukan breakdance.

Untuk dari bentuk, BMX jenis ini terlihat serupa dengan BMX yang lainnya, namun biasanya flatland ini memiliki desain frame yang spesial. Dengan geometri yang cocok dan dibutuhkan oleh para flatlanders.

Biasanya terpasang jalu di bagian depan dan juga belakang sepeda ini. Fungsi jalu disini bukan untuk boncengan, tapi untuk keperluan melakukan atraksi. Lalu di flatland menggunakan sistem Gyro agar stangnya bisa diputar tanpa takut tali rem putus.

Selain Gyro, mekanisme hub belakangnya juga menggunakan freecoaster, ini berfungsi agar roda belakang bisa berputar ke belakang, tapi tidak ikut menarik hub dan tidak membuat pedal berputar ke belakang.

Jika menggunakan freewheel atau cassette hub, atraksi kurang mulus untuk dilakukan. Sebabnya yaitu ketika roda belakang diputar ke belakang, maka engkol juga ikut berputar ke belakang. Untuk estetikanya jadi kurang dan saat dilakukan jadi kurang nyaman.

Badan Organisasi Sepeda BMX di Dunia

World map
Image as an illustration

BMX tidak hanya sekedar sepeda untuk melakukan atraksi ekstrim saja, tapi BMX juga memiliki badan organisasi regional di negara tertentu dan bahkan memiliki badan organisasi secara internasional. Walaupun bebas saja dan sah-sah saja bermain BMX dimanapun, tapi asalkan tidak merugikan orang lain.

Berikut ini merupakan badan organisasi BMX yang ada di dunia, baik itu nasional ataupun internasional.

Badan Organisasi BMX di Setiap Negara

Ada beberapa negara yang memiliki badan organisasi, yaitu sebagai berikut :

Indonesia

Sangsaka Merah Putih

  • Asosiasi BMX Indonesia (ABI)

Australia

Opera House Sydney

  • Australian Bicycle Motocross Association (ABMXA)
  • National Bicycle Association (NBA)
  • Australian Cycling Federation (ACF)
  • Bicycle Motocross Australia (BMXA)

Selandia Baru

New Zealand Landmark

  • BMX New Zealand Incorporated (BMXNZ)
  • Cycling New Zealand (CNZ)

Jepang

Japan Icon

  • Japan Bicycle Motocross Association (JBA)

Amerika Serikat

Patung Liberty

  • Bicycle United Motocross Society (BUMS)
  • National Bicycle Association (NBA)
  • National Bicycle League (NBL)
  • American Bicycle Association (ABA)

Kanada

  • Cycling Canada Cyclism (CCC)
  • BMX Canada

Italia

pisa tower

  • Associazione Italiana BMX (A.I.BMX)
  • Unione Italiana Sport per tutti (UISP)
  • Federazione Ciclistica Italiana

Perancis

Eifel Tower France

  • Fédération Française de Bicrossing (FFB)
  • Association Française de Cyclisme (FFC)

Belanda

Netherland Kinderdijk

  • Stichting Fietscross Nederland (SFN)
  • Koninklijke Nederlandsche Wierlren Unie (KNWU)
  • Nederlandse Fietscross Federatie (NFF)

United Kingdom

London landmark

  • United Kingdom Bicycle Motocross Association (UKBMXA)
  • National Bicycle Motocross Association (NBMXA)
  • British Bicycle Motocross Association (BBMXA)
  • English Bicycle Association (EBA)
  • Britsh Cycling

Badan Organisasi Sepeda BMX Internasional

Untuk organisasi BMX secara internasional ada beberapa, diantaranya adalah :

International Bicycle Motocross Federation (IBMXF)

IBMXF Logo
Logo dari International BMX Federation

International Bicycle Motocross Federation (IBMXF) dibentuk pada 3 April 1981 oleh Gerrit Does, yang merupakan mantan pebalap motocross berkebangsaan Belanda. Ia memperkenalkan BMX ke Belanda pada tahun 1974 setelah melihatnya di Amerika Serikat.

Yang membuat organisasi BMX pertama di Eropa juga dia, organisasinya adalah Stichting Fietcross Nederland (SFN) di Belanda pada tahun 1978.

Union Cycliste Internationale (UCI)

UCI Logo
Logo dari UCI

Fédération Internationale Amateur de Cyclisme (FIAC)

Penutup

Banyak kan ragam dari BMX ini. Walaupun bentuknya hampir mirip semua, tapi memiliki kegunan masing-masing. Beda kompetisinya, beda juga jenis dari BMX nya. Dan juga BMX ga cuma dimainkan begitu saja, tapi memiliki organisasi resmi. Baik itu di setiap negara, bahkan hingga cakupan internasional.

Jadi buat kalian yang mau bermain BMX, kalian bisa mulai berlatih dari sekarang. Siapa tau kalian nantinya bisa masuk jadi bagian dari organisasi BMX internasional.

Segitu dulu deh ya, semoga apa yang Pena Kecil bagikan ini bermanfaat untuk kalian ya. Sampai jumpa lagi dalam ketikan selanjutnya! 😀

Wassalam…

%d blogger menyukai ini: