10 + Cara Belajar Kunci Gitar yang Bikin Kamu Cepat Bisa!

Gitar merupakan alat musik yang tentu sudah dikenal oleh masyarakat luas. Alunan musik dan nada yang dihasilkan sendiri sangatlah indah. Pastinya, banyak yang ingin mahir dalam memainkan alat musik gitar. Apakah Kamu juga tertarik untuk belajar kunci gitar? Jangan khawatir, Pena kecil akan memandu Kamu dalam belajar kunci gitar lengkap.

Untuk mempelajari kunci gitar sendiri tidaklah terlalu sulit. Karena, terdapat kunci dasar yang digunakan. Kunci dasar ini tentu sebagai salah satu penghasil nada yang dapat Kamu gunakan. Nada pada kunci dasar gitar sendiri tergolong mudah untuk dimengerti.

Nah, bagi Kamu yang ingin mempelajari kunci gitar maka jangan bingung. Pena kecil akan berbagi artikel yang semoga bisa membantu Kamu untuk belajar kunci gitar dengan lebih mudah.

Kunci Dasar Gitar

Kunci Gitar
Belajar Kunci Gitar | Source : Pixabay

Alat musik gitar memiliki 6 senar yang saling membutuhkan satu sama lainnya. Terlebih, untuk digunakan dalam kunci gitar yang memang membutuhkan kombinasi dari setiap senar. Berikut kunci dasar dan gambar kunci gitar yang perlu Kamu ketahui.

Kunci Dasar C

Kunci Dasar C
Belajar Kunci Gitar Dasar C

Kunci C sangat dasar dalam bermain alat musik gitar. Dimana, untuk setiap lagu umumnya banyak yang menggunakan kunci gitar ini. Berikut untuk penggunaan kunci dasar C.

Kunci Dasar D

Kunci Dasar D
Kunci Gitar Dasar D | Source : bisapinter.com

Bagi Kamu yang sedang dalam proses pembelajaran kunci gitar dasar, maka kunci D harus di pelajari. Banyak sekali kombinasi yang kedepannya dapat dilakukan dengan menggunakan kunci ini.

Kunci Dasar E

Posisikan tangan Kamu sebisa mungkin disesuaikan pada gambar dibawah ini untuk menghasilkan nada dasar E pada gitar.

Kunci Dasar E
Kunci Dasar E

Kunci Dasar F

Kunci F memang hampir mirip dengan kunci C, hanya saja perbedaanya terletak pada bagian ke dua dan ketiga. Karena itu, Kamu harus memperhatikannya dengan teliti.

Kunci Dasar F
Kunci Dasar F

Kunci Dasar G

Kunci G sendiri tidaklah terlalu sulit, sangat mudah di lakukan oleh para pemula yang sedang dalam tahapan pembelajaran kunci gitar. Berikut contoh gambar kunci G yang mudah di pahami.

Kunci Dasar G
Kunci Dasar G

Kunci Dasar A

Untuk menghasilkan nada yang baik, maka diperlukan kombinasi dari beberapa kunci. Termasuk dengan kunci A yang begitu mudah untuk dilakukan. Tepatkan jari yang ada sesuai pada bagian dari gitar.

Kunci Dasar A
Kunci Dasar A

Kunci Dasar Dm

Kunci dasar gitar yang selanjutnya ialah Dm. Kunci ini tidak terlalu sulit, namun tetap membutuhkan keseimbangan dalam menempatkan jari sesuai pada bagiannya. Cara memegang kunci dasar gitar ini sangat mudah dan menyesuiakan gambar.

Kunci Dasar Dm
Kunci Dasar Dm

Kunci Dasar Em

Kunci yang hampir selalu digunakan pada setiap lagu yang populer ialah Em. Kunci ini mudah untuk dilakukan dan sangat cepat untuk dihafal oleh semua pemain gitar termasuk Kamu.

Kunci Dasar Em
Kunci Dasar Em

Kunci Dasar Am

Selain beberapa kunci diatas, Kamu juga perlu paham mengenai kunci dasar Am. Kunci gitar Am merupakan salah satu kunci gitar yang wajib diketahui. Berikut ini cara penggunaanya.

Kunci Dasar Am
Kunci Dasar Am

Memahami Bagian Pada Gitar

Sangat penting untuk memahami beberapa bagian pada gitar, karena dengan memahaminya dapat membuat Kamu semakin paham alat musik gitar. Berikut ulasan lebih jelasnya dibawah ini.

Bagian bagian gitar
Bagian Bagian pada Gitar Klasik atau Akustik | Sumber : caragitar.com

Bagian dari gitar diatas, bagi pemula tentu belum menggunakan semuanya. Bagian yang terpenting yaitu menggerti senar, bridge, fret dan tuner. Bagian bagian tersebut yang sangat berpengaruh dan perlu diketahui oleh pemula dalam bermain gitar. Dengan begitu, proses pembelajaran kunci gitar akan semakin mudah untuk digunakan.

Cara Menyetem Gitar

cara menyetem gitar
Cara Menyetem Gitar | Source : ultimate-guitar.com

Sebelum menggunakan gitar ataupun alat musik lainnya, Kamu juga baiknya bisa mengetahui cara menyetem gitar. Agar Kamu ga cuma jago memainkan gitar aja, tapi juga paham akan gitar. Kamu harus mengetahui nada yang sesuai pada gitar yang akan dimainkan.

Ada beberapa cara menyetem gitar yang bisa kalian gunakan. Lihat cara yang sudah dirangkum dari berbagai sumber oleh Pena kecil di bawah.

Cara Menyetem Gitar Manual

Banyak cara yang digunakan untuk menyetem gitar.

Mengapa harus dilakukan penyeteman pada gitar?

Karena, gitar yang tidak distem akan memiliki suara yang kurang baik. Untuk itu, sangat diperlukan penyeteman pada gitar. Dengan menyetem, suara yang dihasilkan menjadi sesuai dan mudah untuk digunakan oleh pemula. Cara penyetemannya sendiri dapat dilakukan dengan menggunakan manual dan harus memahami suaranya.

Berikut cara penggunaanya :

  • Di fret ke-5 Tekan senar 6, lalu tekan fret lainnya dan sesuai nadanya dengan menggunakan senar 5.
  • Di fret ke-5 Tekan senar 5, lalu tekan fret lainnya dan sesuai nadanya dengan menggunakan senar 4.
  • Di fret ke-5 Tekan senar 4, lalu tekan fret lainnya dan sesuai nadanya dengan menggunakan senar 3.
  • Di fret ke-4 Tekan senar 3, lalu tekan fret lainnya dan sesuai nadanya dengan menggunakan senar 2.

Di fret ke-5 Tekan senar 2, lalu tekan fret lainnya dan sesuai nadanya dengan menggunakan senar 1.

Cara Menyetem Gitar Dengan Tuning Standar

Metode lain yang dapat digunakan dalam melakukan stem gitar yaitu menggunakan tuning standar. Cara ini memang cukup sulit dan banyak digunakan oleg gitaris yang sudah profesional. Berikut cara melaukkan stem dengan tuning standar.

  • Mula mula cari lagu dengan nada awal berupa kunci E.
  • Selanjutnya, pahami instrumen yang keluar dan gunakan seperti metode manual diatas.
  • Langkah terakhir, aplikasikan pada setiap kunci dasar bermain gitar.

Cara Menyetem Gitar Dengan Aplikasi

Selain menyetem menggunakan cara yang manual, maka dapat pula memakai aplikasi. Penggunaan aplikasi memungkinkan untuk jauh lebih mudah dan cepat dalam semua prosesnya.

Adapun salah satu aplikasi yang dapat digunakan yaitu PitchPerfect Musical Instrumen Tuner. Aplikasi ini dapat berjalan di laptop dan dapat Kamu bisa coba sekarang gratis.

Aplikasi untuk menyetem gitar
Cara Menyetem Gitar Menggunakan Aplikasi

Berikut untuk cara penggunaanya:

  • Buka aplikasi dan tunggu sampai masuk menu.
  • Kemudian pada instuments pilih guitar, dan tunings standard.
  • Pertama, klik pada senar 1 dan petikan pada gitar anda.
  • Cocokan degan bar berwarna hijau.
  • Lakukan dari senar pertama ke senar 6

Video Cara Menyetem Gitar

Selain cara menyetem gitar yang ada di atas, Kamu juga bisa menonton video cara menyetem gitar untuk memudahkanmu. Mungkin ada diantara Kamu yang cukup sulit ataupun sangat sulit hanya dengan membaca berbagai cara menyetem gitar.

Dalam belajar kunci gitar, Kamu juga harus mengetahui bagaimana cara menyetem gitar yang kamu mainkan. Kamu bisa tonton video dari Vokalplus tentang cara menyetem gitar.

Cara Cepat Menghafal Kunci Gitar

Bagi pemula, untuk menghafal kunci gitar sendiri bisa jadi merupakan hal yang sulit. Namun, Pena kecil akan memberikan beberapa cara untuk menghafalnya. Agar Kamu bisa lebih mudah untuk belajar kunci gitar.

  • Latihan secara rutin

Bukan tidak mungkin, latihan secara rutin tentu dapat memperkuat daya pikir Kamu terhadap apa yang dipelajari. Termasuk dalam mempelajari kunci gitar yang membutuhkan daya ingat khusus dan rutin. Lakukan hal ini secara rutin untuk lebih hafal kunci gitar.

  • Menggunakan Video

Belum lengkap rasanya, jika Kamu hidup di zaman now namun belum memanfaatkan teknologi. Saat ini sudah ada media sosial seperti YouTube yang dapat memberikan banyak referensi belajar kunci gitar menggunakan video. Bisa jadi, hal ini jauh lebih membantu.

Tips Menghafal Kunci Dasar Gitar Pemula

Dalam menghafal kunci gitar sendiri, setiap orang memiliki daya ingat yang berbeda beda. Meskipun begitu, menghafal kunci gitar sendiri penting agar memiliki kemudahan dalam memainkan alat musik gitar.

Berikut beberapa tips menghafal dalam cara bermain gitar sendiri yang dapat digunakan:

  • Baca lirik dengan chord

Sudah banyak sekali lirik yang tersedia dengan chord baik berupa gambar maupun video. Hal ini sangat membantu dalam proses pembelajaran kunci dasar gitar agar menjadi lebih cepat. Selain itu, dengan menggunakan cara ini maka Kamu akan semakin hafal dan dapat mempelajari kunci dasar yang lainya.

baca gif
Baca Lirik Lagu Beserta Chord | Source : giphy.com

Karena, setidaknya terdapat 9 kunci dasar yang perlu anda pahami dan di hafalkan. Kamu bisa menghafal kunci dasar gitar dengan membaca kunci gitar Ungu ataupun dari band lainnya.

  • Mendengarkan lagu dan chord

Disisi lain, beberapa orang justru lebih mudah dalam menghafal kunci dasar gitar dengan menggunakan lagunya. Karena, dengan mengunakan lagu maka akan terdapat intruments dan nada yang sesuai pada kebutuhannya. Tips yang satu ini terbukti sudah banyak yang membuktikan agar dapat menghafal kunci gitar.

  • Mengambar kunci gitar

Menariknya, Kamu juga dapat mencoba untuk mengambar kunci gitar di sela waktu kosong. Termasuk saat di jam istirahat kerja maupun sekolah, maka dapat mengambar untuk mengingat kunci gitar yang sedang dipelajari. Dengan mengingat kunci tersebut, maka akan jauh lebih mudah dalam mempelajari alat musik gitar.

Trik Dasar Memegang Kunci Dasar

Bagi pemula, masalah utama yang kerap kali dihadapi pada saat belajar kunci gitar yaitu pada saat memegang kunci gitar terasa begitu susah. Oleh karena itu, Pena kecil akan membagikan trik dalam memegang kunci gitar dengan benar.

Berikut beberapa trik yang dapat digunakan yaitu:

  • Pelemasan Tangan

Alangkah baiknya, sebelum Kamu mulai belajar kunci gitar, Kamu melakukan pelemasan jari. Karena, dalam bermain gitar dibutuhkan jari tangan yang lemas agar mudah dalam berpindah posisi.

Cara fingering
Pelemasan Jari Tangan | Source : giphy.com

Awalnya, seseorang memang begitu susah untuk berpindah posisi. Namun, jika sudah di lakukan pelemasan jari tangan maka akan lebih mudah. Untuk pelemasan tangan dilakukan dengan melakukan peregangan daerah tangan kiri dan kanan.

  • Pahami Secara Benar

Langkah kedua dalam belajar kunci gitar yang tidak kalah pentingnya untuk diketahui yaitu memahami kunci dengan benar. Pahami satu kunci saja terlebih dahulu dengan benar, baik untuk peletakan dari jari sampai dengan nada yang dikeluarkan. Dengan begitu, Kamu akan paham bagaimana kunci tersebut nantinya bekerja.

Tips Bermain Kunci Gitar Sederhana

Untuk Kamu yang baru atau sedang belajar kunci gitar, Pena kecil akan berikan beberapa tips dalam bermain kunci gitar secara sederhana. Simak selengkapnya dibawah ini:

  • Jangan Panik

Banyak yang beranggapan bahwa mempelajari kunci gitar merupakan persoalan mudah. Faktanya, tidak begitu yang diakukan. Tips yang perlu digunakan yaitu jangan panik dalam melakukan permainan gitar. Karena, dengan bermain gitar sendiri dapat memperoleh kenyaman dan keharmonisan diri.

Santai gif
Jangan Panik | Source : giphy.com
  • Kurangi emosi

Pemula banyak sekali yang merasakan emosi di awal bermain gitar. Padahal, hal inilah yang seharusnya tidak dilakukan. Karena, emosi hanya akan mempersulit pikiran dalam menerima pembelajaran yang Kamu ingin lakukan. Jadi, mulai sekarang kurangilah emosi tesebut dan beralih dengan rajin belajar.

Daftar Chord Lagu Indonesia Kunci Dasar Gitar Mudah

Setelah Kamu memahami beberapa ulasan diatas, maka sudah saatnya untuk mencoba langsung lagu dengan kunci dasar mudah seperti dibawah ini. Berikut beberapa rekomendasi lagu dengan kunci gitar Indonesia yang paling mudah yaitu :

Daftar Chord Lagu Inggris Kunci Dasar Gitar Mudah

Kurang lengkap rasanya jika bermain gitar hanya dengan lagu Indonesia saja. Karena itu, Pena kecil berikan beberapa referensi untuk chord lagu Inggris dengan kemudahan dalam kuncinya.

Ed Sheeran Gif
Ed Sheeran | Source : giphy.com

Berikut beberapa rekomendasinya:

  • Ed Sheeran – Shape Of You
  • The Chainsmokers – Closer
  • Justin Bieber – Cold Water

Nah, begitulah ulasan lengkap mengenai belajar kunci gitar yang insya Allah mudah untuk dipelajari. Bagi Kamu yang sedang dalam tahapan pembelajaran, maka jangan patah semangat. Untuk belajar kunci dasar gitar tidaklah terlalu sulit. Terlebih, jika Kamu memang memiliki niat yang sungguh-sungguh.

Semoga artikel ini bermanfaat, Pena kecil pamit!

Wassalam…

%d blogger menyukai ini: