Penjelasan Lengkap Tentang Domba Garut Beserta Gambar Domba

Domba Garut — Hewan merupakan salah satu mahluk ciptaan Allah SWT yang banyak manfaatnya. Ada yang dipelihara untuk dijadikan kendaraan, diambil daging, telur dan susunya, ataupun untuk dimanfaatkan bagian tubuh yang lainnya. Salah satu binatang yang sering diambil manfaatnya yaitu domba.

Domba sering sekali dimanfaatkan. Banyak yang bisa dimanfaatkan dari hewan ini. Mulai dari daging, kulit, bahkan kotorannya bermanfaat untuk dijadikan pupuk untuk tanaman.

Ada juga domba yang memang berasal dari Indonesia. Bahkan sangat terkenal, baik di Indonesia sendiri maupun di dunia. Jenis domba itu adalah domba garut.

Mau tau tentang domba garut? Simak terus di Pena kecil.

Apa sih Domba itu?

Domba
Sumber : Pixabay

Domba atau latinnya Ovis merupakan seekor ruminansia yang memiliki rambut atau biasa kita sebut dengan bulu yang tebal. Hewan ini dipelihara manusia biasa untuk dimanfaatkan daging, susu, dan juga rambut atau wolnya.

Domba ini masuk ke dalam sub family Caprinae dan family Bovidae. Genus domba ialah Ovis, genus ini mencakup segala jenis domba. Untuk domba peliharaan biasanya masuk ke dalam spesies Ovis Aries.

Sejarah Domba

Domba Garut Pilihan
Sumber : Google

Tidak ada keterangan pasti tentang keturunan antara domba domestik dan juga domba liar. Hipotesis yang ada di khalayak umum menyebutkan Ovis Aries merupakan keturunan dari spesies Mouflon.

Domba merupakan salah satu hewan yang didomestikasi oleh manusia di masa awal peradaban. Kemungkinan waktu domestikasi ini terjadi sekitar 11.000 hingga 9.000 tahun sebelum masehi di Mesopotamia.

Pembiakan domba tujuannya adalah untuk produk sekunder. Lalu perkembangan pembiakan dimulai dari Barat Daya Asia atau Eropa Barat.

Awalnya, domba hanya untuk daging, susu dan juga kulitnya. Bukti arkeologi yang ditemukan di situs-situs yang berada di Iran menunjukkan, domba berbulu sudah mulai dijadikan peliharaan sekitar 6.000 tahun sebelum masehi.

Jika domba berbulunya sudah mulai dijadikan peliharaan sekitar 6.000 tahun sebelum masehi, produk garmen hasil dari tenunan wol ditemukan sekitar 2.000 sampai 3.000 tahun setelahnya.

Domba Garut

Domba Garut Super
Sumber : Google

Nah, kalo dilihat dari runtutan sejarah, orang biasa memelihara domba itu untuk dimanfaatkan daging, kulit, susu ataupun wolnya. Berbeda nih dengan domba pada umumnya, domba garut banyak yang dipelihara untuk hobi.

Domba Garut atau disebut juga domba Priangan, memiliki nama dalam bahasa latin Ovis Aries. Domba ini merupakan domba yang berasal dari daerah Limbangan yang berada di Kabupaten Garut.

Domba jenis ini merupakan campuran dari perkawinan antara domba lokal dengan domba dari Afrika Selatan yang berjenis Capstaad dan juga jenis domba merino yang berasal dari Australia.

Di daerah Kabupaten Garut, domba jenis Capstaad ini sudah lebih dulu ada dibandingkan dengan domba merino. Domba Merino didatangkan ke daerah Garut pada sekitar abad ke-19.

Setelah adanya ketiga jenis domba itu, akhirnya ada persilangan diantara ketiganya. Hasil dari ketiga varian itu, lahir varietas baru yang akhirnya dikenal dengan nama domba Garut.

Tujuan utama orang banyak memelihara domba Garut ini kebanyakan bukanlah dicari karena daging, kulit atau wolnya. Tapi alasan utama kebanyakan orang memelihara domba ini untuk kontes atau hobi.

Untuk pemeliharaan domba ini juga berbeda dengan domba umumnya. Domba Garut yang memang dipelihara untuk tangkas ini pakannya sangat diperhatikan. Mulai dari makanan yang berkualitas, hingga tambahan suplemen seperti susu yang dicampur telur dan madu.

Itu baru makanannya. Biasanya domba jenis ini yang dipelihara memang untuk tangkas, ada perawatan-perawatan khusus yang diberikan oleh majikannya. Mulai dari kandang yang mewah, perawatan fisik juga menjadi perhatian majikannya.

Cara Ternak Domba Garut atau Domba Priangan

Domba Garut Pejantan Unggul
Sumber : YouTube

Karena keunikannya dibandingkan dengan domba jenis lainnya, maka ternak domba ini menjadi sebuah bisnis yang menguntungkan. Jika bukan bibit unggul yang memang untuk kontes, bisa dimanfaatkan daging dan juga kulitnya, jadi tidak ada yang sia-sia untuk ternak domba Garut.

Jika kalian penasaran bagaimana cara beternaknya? Pena kecil bagikan dengan kalian cara ternak yang biasa peternak domba lakukan di bawah sini :

Persiapan Beternak Domba Garut

Contoh Gambar Kandang Domba
Kandang Domba Cinunuk Indah Farm

Nah, untuk kalian yang memiliki motivasi untuk beternak domba jenis ini, yang pertama kali harus disiapkan adalah kandang. Kandang domba harus dibuat agar sesuai peruntukannya.

Bagaimana maksudnya?

Kandang harus sesuai dengan pertumbuhan dan juga perkembangan domba. Minimal harus ada kandang untuk karantina ternak yang sakit. Pembuatan kandang juga harus kuat, agar penggunaan bisa dalam jangka waktu yang lama.

Selain itu, besar kandang juga harus diperhatikan. Kandang yang dibuat itu cukup untuk kapasitas berapa ekor. Jangan buat kandang kapasitas 15 ekor, tapi populasinya hingga 25 ekor, nanti pertumbuhannya akan terganggu.

Apalagi untuk domba kontes, satu kandang biasanya hanya akan diisi oleh beberapa domba. Karena domba untuk kontes memiliki perawatan yang khusus. Dan kandangnya harus kuat, karena domba kontes yang unggul memiliki kelincahan yang berbeda.

Kandang domba juga harus bersih, mendapatkan sinar matahari yang cukup, dan juga harus ada sirkulasi udara yang baik. Selain itu, baiknya kandang dibuat lebih tinggi dari permukaan.

Pemilihan Bibit Domba Garut

Domba Pejantan Unggul
Untuk Mendapatkan Bibit Unggul, Harus dari Indukan Pejantan yang Juga Unggul.

Untuk mendapatkan domba dengan kualitas yang tinggi harus dipilih bibit domba yang memang unggul. Maka harus seksama ketika pemilihan bibit. Peternak harus jeli untuk memilih bibit unggul yang bebas dari hama penyakit.

Jika memilih indukan, maka harus memilih indukan yang memang unggul. Induk tersebut harus memiliki tingkat kesuburan dan juga kelahiran yang tinggi. Untuk memiliki bibit domba Garut untuk kontes, harus cermat memilih indukan yang unggul, baik dari betina dan juga pejantannya.

Selain hal-hal tersebut yang diperhatikan, ada hal lain yang harus diperhatikan. Seperti kecepatan pertumbuhan dan juga presentase dari karkas domba tersebut. Itulah kenapa pembibitan itu harus diperhatikan.

Untuk mendapatkan domba unggulan, mulai dari pemilihan induknya, proses perkawinan domba tersebut hingga proses kelahirannya.

Pemeliharaan Domba Garut

Domba Ternak Terbaik
Pemeliharaan yang Terbaik di Cinunuk Indah Farm

Setelah melakukan pemilihan bibit yang rumit untuk mendapatkan bibit yang unggul, sekarang waktunya pemeliharaan.

Untuk pemeliharaan domba garut sendiri harus telaten. Jika dipelihara secara sembarangan, maka tidak akan bagus hasilnya. Karena domba garut yang bagus memang harus diberi perawatan yang baik pula.

Pemeliharaan domba ini harus diperhatikan kebersihan kandangnya, tempat pakan dan juga minumnya harus dibersihkan setiap hari.

Jika ada domba yang sakit, harus segera diisolasi di kandang yang terpisah. Domba harus segera diberi pengobatan dan juga perawatan khusus. Untuk domba yang masih sehat, harus selalu dipantau kesehatannya.

Selain itu, karena kebanyakan domba itu rambutnya selalu tumbuh, pemangkasan rambut harus dilakukan rutin. Sekitar empat bulan sekali atau ketika memang sudah lebat, maka rambut domba harus dipangkas.

Lalu, domba juga harus dimandikan secara rutin. Sekitar seminggu sekali domba dimandikan dengan sikat dan juga sabut. Setelah itu, domba dijemur di bawah sinar matahari pagi.

Pakan yang Sesuai untuk Domba

Pakan Ternak Domba Garut Unggulan
Hanya Pakan Pilihan yang diberikan di Cinunuk Indah Farm

Seperti yang kita tahu, domba merupakan hewan herbivora. Maka dari itu, pemberian pakan itu harus sesuai dengan kebutuhan domba tersebut. Selain itu hal lain yang harus diperhatikan adalah kebutuhan zat gizi, mineral, vitamin, air, karbohidrat, lemak dan juga protein.

Ada beberapa jenis pakan untuk domba, seperti rumput-rumputan, limbah pertanian, kacang-kacangan, dan juga konsentrat.

Untuk mencari Domba Garut terbaik, bisa hubungi Cinunuk Indah Farm dengan cara klik di sini.

Domba Garut dengan Harga Termahal di Indonesia

Domba Garut termahal
Domba Garut Termahal, Sumber : Tribunnews.com

Harga domba terbaru yang paling mahal yang kita tau hanya sekitar lima sampai enam juta rupiah satu ekor. Tapi apa kalian tau, ada domba yang harganya jauh dari harga domba terbaru tersebut?

Pada tahun 2016, ada domba yang diberi nama Pramesta. Pada saat itu, Pramesta sudah berumur empat tahun. Domba tersebut pernah ditawar dengan harga Rp200.000.000,- yang setara dengan mobil kelas LMPV.

Namun pemiliknya, Ade Suparman menolak tawaran dari seorang pengusaha sebesar Rp200.000.000,- tersebut.

Dia mengatakan dombanya itu merupakan domba terbaik, selalu juara saat kontes tangkas dan juga belum pernah kalah. (27/08/2016)

Selain itu juga domba miliknya terbilang unik. Badan dari domba ini berwarna putih, namun tanduknya berwarna hitam. Bentuk dari tanduknya juga alami, bukan dibentuk oleh pemiliknya.

Ade mengatakan bahwa Pramesta memang berasal dari indukan dan juga pejantan yang memang unggul. Induk pejantannya juga memang sering menang kontes, ucap Ade.

Sumber : Tribunnews.com

Walaupun Pramesta merupakan domba yang masuk dalam syarat qurban di dalam pengertian qurban, jika kalian memilikinya, apakah kalian akan menjadikannya hewan qurban atau aqiqah?

Penutup

Jadi domba garut yang terkenal di Indonesia itu memiliki sejarah dan juga pemanfaatan yang bukan hanya untuk kontes. Dan juga siapa yang sangka, bahwa domba garut bisa memiliki harga yang sangat amat fantastis. Ditawar dengan harga ratusan juta yang kalo dibeliin gorengan bisa cukup buat satu kecamatan kali hehehe 😀

Tentunya domba tersebut bisa ditawar dengan harga segitu karena termasuk domba sehat dan berkualitas. Jika domba itu biasa saja, tidak mungkin mendapatkan harga yang segitu.

Semoga apa yang dibagikan oleh Pena kecil dapat bermanfaat bagi kalian semua yang membaca, membagikan, atau bahkan yang sekedar copy-paste hehehe

Sekian, Pena kecil pamit! ;D

Wassalam…

%d blogger menyukai ini: