10+ Jenis Virus Komputer yang Kamu Harus Waspadai !

Ad Blocker Detected

Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker.

Komputer merupakan peralatan yang banyak orang gunakan setiap harinya, mungkin hampir semua orang menggunakannya. Karena komputer merupakan alat yang mempermudah pekerjaan, itulah definisi dalam pengertian komputer. Tapi ada berbagai jenis virus komputer yang bisa menghambat pekerjaan Kamu.

Seperti yang diketahui, ketika mendengar virus hal yang ada di pikiran adalah sesuatu yang buruk. Mungkin itu menjadi penyebab sebuah penyakit atau hal yang akan memperburuk keadaan. Itu tidak hanya terjadi pada mahluk hidup, nyatanya ada berbagai jenis virus komputer yang bisa menjangkit komputer yang biasa Kamu gunakan.

Untuk berjaga-jaga dan mengetahui bagaimana cara mengatasi berbagai virus yang bisa menjangkit komputer Kamu, simak nih di bawah sini tentang berbagai jenis virus komputer yang akan dibahas oleh Pena kecil.

Jenis Virus Komputer, Trojan

Jenis Virus Komputer Trojan

Jenis Virus Komputer, Trojan | Source: itstillworks.com

Trojan merupakan salah satu jenis virus yang paling sering menyerang komputer. Virus ini menyerang bukan tanpa alasan, melainkan untuk pencurian data maupun pengendalian data dari korban. Trojan bekerja secara aktif untuk menyerang sesuai dengan apa yang sudah di program oleh pembuatnya.

Saat ini, trojan kerap kali menyerang melalui berbagai macam sistem. Seperti internet melalui email, maupun dengan mengunduh beberapa file.

Jadi, pengguna harus memahami dengan benar bagaiamana trojan menyerang komputer Kamu. Jangan sampai, pengguna mengakses file maupun internet yang salah dan berujung terkena jebakan dari virus trojan. Karena, jika sudah terkena trojan akan sangat menganggu kinerja dari komputer.

Untuk mengatasi virus ini dapat menggunakan cara berikut ini yang terbukti cukup ampuh:

  • Pastikan komputer masih dalam kondisi menyala
  • Setelah itu, Kamu dapat mengunduh antivirus Trojan Remover / anti malware yang berkelas
  • Jika sudah, lakukan scan pada bagian folder yang terinveksi virus trojan tersebut
  • Saat antivirus maupun anti malware mendeteksi, segera lakukan pembersihan terhadap virus trojan atau di karantina
  • Dengan begitu, virus trojan akan hilang dan dapat di cegah untuk tidak datang kembali.

Worm

Jenis virus komputer Worm

Ilustrasi Worm Terdeteksi | Source: 2-viruses.com

Umumnya, virus yang satu ini tidak Kamu sadari dapat menyerang dengan begitu cepat. Pengertian worm yaitu virus yang menyerang pada bagian penyimpanan dari komputer.

Virus yang satu ini bekerja dengan sangat baik untuk dapat menggandakan dirinya sendiri. Dengan begitu, pengguna akan menjadi kurang paham terhadap penyebarannya. Infeksi yang dilakukan sendiri menyerang dengan sangat cepat, terlebih jika terdapat jaringan internet pada komputer Kamu.

Virus Worm tentu masih dapat di atasi jika memang belum terlalu besar akan penyebarannya. Untuk pembersihannya, Kamu dapat menggunakan cara lebih jelasnya dibawah ini:

  • Install antvirus pada komputer yang terinveksi. Baiknya gunakan antivirus yang berbayar.
  • Kemudian, lakukan scanning terhadap komputer yang telah terinveksi,
  • Jika terdeteksi, lakukan pembersihan secara permanen pada virus Worm.

Pastikan, virus telah hilang dengan mengecek penyimpanan media kembali menjadi normal.

Overwrite Virus

Jenis virus komputer overwrite

Ilustrasi Overwrite Virus | Source: indoworx.com

Jenis virus komputer yang satu ini cukup menganggu jika Kamu tidak menghilangkannya dengan segera. Karena, virus ini menyerang file yang terdapat pada komputer. Dengan begitu, file yang tadinya memiliki size kecil maka dapat menjadi lebih besar.

Tentu, hal ini sangat menganggu jika Kamu ingin menyimpanan data namun ternyata penuh. Overwrite virus umumnya menyerang mereka yang tidak teliti dalam melakukan unduhan (sembarang download) terhadap data yang sedang di cari.

Overwrite virus ini bisa menjadi fatal jika tidak segera di atasi. Seperti halnya file yang ada bisa menjadi hilang. Komputer yang terinfeksi virus overwrite juga umumnya memiliki kinerja yang jauh lebih lambat. Lalu, bagaimana untuk mengatasinya? Jangan khawatir, berikut cara mengatasinya:

  • Pastikan komputer masih dalam kondisi dapat mencari file (Safe Mode),
  • Setelah itu, lanjutkan dengan menemukan file yang terinfeksi file,
  • Kemudian, hapus file yang terinfeksi Overwrite file,
  • Terakhir, lakukan restart komputer Kamu.

Boot Sector Virus

Jenis virus komputer boot sector virus

Ciri Komputer yang Terjangkit Virus Boot Sector | Source: YouTube

Kalau jenis virus yang satu ini mampu menginfeksi bagian terkecil dari komputer yaitu disk boot sector. Namun, tidak jarang virus yang satu ini dapat berkembang untuk menyerang komponen yang lainnya seperti flopy disk.

Virus ini tentu dapat menginfeksi sampai ke salah satu dari jenis jenis hardware yang bernama hard disk. Jika sudah sampai menyerang pada daerah hard disk tentu sangat fatal hasilnya.

Bagian dari komponen tentu harus tetap dijaga agar dapat tetap normal. Salah satunya yaitu dengan menjaga bagian dari sektor tersebut. Cara mengatasi jenis virus komputer yang satu ini sendiri tidaklah terlalu sulit, asalkan Kamu memahami dengan benar. Berikut cara lebih cepatnya :

  • Masuk pada setinggan hard-drive,
  • Selanjutnya, Kamu dapat melakukan pengaturan dari hard-drive,
  • Setting hard-drive menjadi mode write protect,
  • Jika sudah, maka lakukan booting ulang komputer.

Directory Virus

Jenis Virus Komputer Directory Virus

Jenis Virus Komputer Directory Virus | Source: Blogspot

Cara kerja virus komputer ini menyerang pada file untuk kemudian mengubah ekstensinya. File yang banyak di serang yaitu dengan tipe .exe untuk dijalankan di program komputer. Saat virus sudah menyerang file tersebut, maka pengguna komputer akan kehilangan file tersebut. Atau, dalam kata lainya virus ini membuatnya menjadi hidden atau tersembunyi.

Jika suatu komputer sudah mulai terinfeksi virus ini, maka sangat dapat di pastikan untuk kinerjanya akan menjadi sangat lemah. Bisa dibilang, jika komputer kamu terinfeksi virus ini, akan seringkali lemot ataupun lag.

Lantas, untuk mengatasi jenis virus komputer ini sendiri dapat menggunakan beberapa cara. Tentu, cara yang akan akan diberikan ini terbukti sangat ampuh dan sudah banyak digunakan.

Berikut cara lebih jelasnya:

  • Pertama, hapus dengan menggunakan antivirus,
  • Jika sudah dapat dihilangkan, maka selesai,
  • Namun, jika masih ada cara terbaiknya yaitu dengan melakukan install ulang,
  • Melakukan install ulang sendiri tidaklah terlalu sulit dan cukup mudah,
  • Sesuaikan sistem operasi sesuai pada kebutuhan Kamu.

Memory Resident Virus

Jenis Virus Komputer Memory Resident Virus

Jenis Virus Komputer Memory Resident Virus | Source: security-wire.com

Virus ini di ciptakan untuk menyerang pada fungsi RAM (Random Acces Memory). Padahal, seperti yang diketahui bahwa RAM merupakan hal yang sangat penting dalam memberikan komputer kinerja yang lebih baik.

RAM yang terinfeksi virus tentu sangat merusak dan membuat komputer menjadi lambat. Untuk itu, sangat penting untuk melakukan pencegahan dan penanganan pada komputer yang sudah terinfeksi virus ini.

Tetapi, virus ini bekerja secara aktif setelah komputer di nyalakan. Hal inilah yang membuat banyak pengguna tidak menyadarinya secara langsung. Terlebih, banyak pemula yang belum paham betul mengenai penyelesainnya. Lalu, bagaimana penyelesainya?

Berikut ini cara mencegah virus komputer:

  • Pastikan komputer tidak terhubung ke internet,
  • Kemudian, lakukan instalasi pada beberapa antivirus seperti Avast, Avira maupun Smadav (Indonesia punya),
  • Selanjutnya, lakukan scanning dengan menggunakan aplikasi tersebut,
  • Jika sudah selesai, maka akan muncul untuk dapat dibersihkan virus memory resident,
  • Klik bersihkan dan virus akan hilang tidak kembali lagi.

FAT Virus

Jenis Virus Komputer FAT Virus

Ilustrasi Jenis Virus Komputer FAT Virus | Source: go-notes.com

Virus FAT (File Allocation Table) menyerang pada beberapa file tertentu. Beberapa file yang terserang nantinya akan hilang dan tidak diketahui oleh pengguna. Tentu, sangat berbahaya virus yang satu ini jika tidak dilakukan penanganan dengan cepat. Karena, jika nantinya file yang justru penting di serang virus maka akan sangat berbahaya.

Untuk cara mengatasinya sendiri cukup sulit. Karena itu, beberapa orang yang sudah profesional pun masih kebingungan. Karena, data yang di sembunyikan tidak hanya dalam bentuk hidden maupun read only. Tetapi, dalam bentuk yang jauh lebih rumit. Karena itu, diperlukan proses metode yang benar.

Tetapi, langkah terbaik untuk menghilangkanya yaitu dengan melakukan install ulang. Karena, dengan install ulang akan menghilangkan semua virus yang ada. Tapi, pastikan data sudah ada back-up nya.

Macro Virus

Jenis virus komputer macro virus

Contoh Terinfeksi Macro Virus | Source: YouTube

Virus yang terdapat pada komputer memang sangatlah menganggu, baik itu software dan hardware. Salah satu dari jenis virus komputernya yaitu macro virus yang menyerang beberapa komponen penting pada komputer.

Terlebih, untuk file macro yang paling banyak diserang yaitu .xls .ppt .doxc dan sebagainya. Umumnya, untuk penyebarannya sendiri justru melalui beberapa email yang mungkin Kamu buka maupun diterima. Tetapi, tidak jarang pula terdapat pada file yang Kamu unduh.

Macro virus menyerang dengan sangat cepat pada komponen yang dicari. Terlebih, dirinya mampu melakukan regenerasi sel virus untuk lebih berkembang dengan cepat. Dapat terjadi pada seluruh sistem operasi yang memiliki kelemahan pada bagian filenya.

Namun, tidak perlu khawatir karena sangat mudah untuk melakukan pencegahan dan penanganannya. Berikut caranya:

  • Untuk pencegahannya, harus memahamami isi semua file yang diunduh dengan benar,
  • Sedangkan, untuk penanganannya yaitu Kamu harus membuka folder melalui hidden file,
  • Karena, file yang ada sudah berganti namanya bahkan Kamu tidak mengetahuinya,
  • Untuk itu, Kamu dapat membuka dan kembali menganti namannya agar file kembali,
  • Setelah itu, lakukan scanning menggunakan aplikasi antivirus andalan Kamu,
  • Klik bersihkan secara permanen agar tidak dapat kembali lagi,
  • Terakhir, lakukan rebooting terhadap komputer Kamu.

Baca Juga : Pengertian Hardware dan Software

Jenis Virus Komputer Direct Action

 

Jenis Virus Komputer Direct Action Virus

Direct Action Virus | Source: indoworx.com

Mungkin, masalah yang satu ini kerap kali Kamu alami. Virus yang satu ini menyebabkan proses multasking Kamu tidak berjalan dengan baik. Hasilnya, layar monitor akan terlihat seperti dalam keadaan “hang”.

Virus yang satu ini memang berjalan dengan sangat cepat untuk membuat komputer jauh lebih lambat. Umumnya, virus ini memang menyerang pada komponen yag lebih lemah saja. Tidak menutup kemungkinan pada beberapa komponen dengan keamanan yang tinggi juga dapat terserang.

Seperti halnya flashdisk yang sangat mudah terserang virus ini. Infeksi yang diberikan bisa fatal jika terkena flashdisk. Untuk itu, sangat diperlukan penanganan yang tepat dan sesuai. Simak cara mengatasinya:

  • Pertama, pastikan komputer masih bisa melakukan aktivitasnya,
  • Instalasi antivitus dengan kekuatan yang lebih seperti Avira maupun Smadav,
  • Setelah itu, lakukan scanning secara penuh terhdap semua bagian dari komputer,
  • Jika terdapat virus yang mencurigakan, maka segeralah bersihkan secara permanen,
  • Terakhir, lakukan restart terhadap komputer Kamu.

Companion Virus

Jenis Virus Komputer Companion Virus

Ilustrasi Companion Virus | Source: pxhere.com

Virus yang satu ini juga sangat menganggu data pribadi yang terdapat pada komputer. Karena, jenis ini mampu merusak file yang ada bahkan pada file tersembunyi sekalipun. Terlebih, kemampuannya dalam bekamuflase sangat menyulitkan pengguna yang belum paham mengenai virus ini.

Banyak sekali data yang dapat di palsukan oleh virus ini. Seperti yang tadinya memiliki format .jpn maka dapat berubah menjadi .apk.

Dengan begitu, tentu sangat sulit bukan dalam menemukan file yang aslinya. Pengguna dalam melakukan penanganan dari masalah ini akan di buat repot. Karena, caranya sendiri cukup sulit bagi yang belum paham.

Tetapi, jika Kamu membaca artikel ini dengan cermat maka tidak perlu khawatir lagi. Karena, Pena kecil akan berikan cara dalam mengatasinya:

  • Pastikan komputer atau laptop sudah terisi daya penuh,
  • Selanjutnya, install antivirus maupun firewall untuk keamanan komputer,
  • Pada antivirus, lakukan scan dengan menyertakan pilhan “scan secara keseluruhan” atau “deep scan”,
  • Setelah itu, tunggu sampai proses selesai,
  • Jika sudah, maka Kamu akan memperoleh informasi dari virus tesebut,
  • Klik pada bersihkan semua dan lakukan reboot laptop.

Penutup

Usai sudah pembahasan mengenai beberapa jenis virus komputer yang perlu Kamu ketahui, semoga artikel ini bermanfaat. Beberapa virus diatas tentu dapat sangat berbahaya jika tidak segera diatasi. Karena, virus memang memiliki niatan yang buruk kepada komputer pengguna.

Untuk itu, pastikan agar selalu memperhatikan kinerja dari komputer Kamu. Lakukan perawatan secara rutin untuk terhindar dari berbagai macam virus.

Pena kecil, pamit!

Wassalam…

%d blogger menyukai ini: