Macam-macam Kue Ulang Tahun Lengkap Beserta Gambar

Kue Ulang Tahun — Momen yang menyenangkan untuk anak-anak usia dini adalah ketika ulang tahunnya dirayakan. Apalagi dirayakan dengan pesta yang mengundang teman-teman sebayanya. Tetapi tidak hanya anak kecil yang senang dirayakan ulang tahunnya, yang dewasa pun masih banyak yang suka dirayakan ulang tahunnya.

Jika ulang tahunnya dirayakan, biasanya juga ada kue ulang tahun nya. Untuk menambah meriah acara juga membuat senang hati yang merayakannya. Dan juga sebagai pengingat bahwa umurnya saat ini sudah bertambah.

Disini Pena Kecil akan berbagi dengan kalian semua tentang berbagai macam kue ulang tahun dan gambar-gambar kue ulang tahun. 🙂

Kue Bolu, Dasar dari Kue Ulang Tahun

Kue Ulang Tahun Original
Kue Bolu Dasar Sebelum Dihias

Kue yang berbahan dasar tepung ini sudah biasa dijadikan opsi kue ultah. Bolu atau yang bahasa Inggris nya yaitu cake, berbahan dasar tepung, telur dan juga gula. Cara memasak kue bolu ada yang menggunakan oven dan ada juga yang dengan cara dikukus.

Pada awalnya, kue bolu dibuat hanya untuk memperingati acara-acara ritual keagamaan. Seiring berkembangnya zaman dan peradaban, kue bolu disajikan untuk memperingati hari kelahiran atau hanya disajikan ketika ada tamu yang datang ke rumah.

Ada banyak jenis dari kue bolu yang sering kita temui di pasaran. Beberapa di antaranya akan Pena Kecil beritahukan di bawah sini.

Lapis Legit

Lapis Legit sajian pendamping kue ulang tahun
Kue Lapis Legit

Bolu yang satu ini sering menjadi sajian dalam acara ulang tahun. Lapis legit bisa dibilang sebagai kue ulang tahun juga, karena sering disajikan dalam acara ulang tahun, selain kue utamanya tentu.

Lapis legit ini merupakan salah satu jenis kue tradisional Indonesia. Lapis legit terinspirasi dari Spekkoek. Spekkoek sendiri merupakan bahasa Belanda yang secara harfiah artinya kue daging babi.

Dinamai seperti itu, karena pada zaman dahulu kue ini mirip seperti daging babi. Hal itu dikarenakan lapisan-lapisan yang terbentuk pada kue ini. Tapi jangan kecewa dulu, kue ini tetap halal untuk dimakan dan pas untuk disajikan dalam berbagai acara.

Lapis legit dalam bahasa Indonesia adalah kue yang berlapis-lapis yang rasanya manis. Karena legit sendiri berarti manis dalam bahasa Indonesia dan juga kue lapis legit ini memang terdiri dari lapisan-lapisan yang bertumpuk.

Bahan-bahan dari lapis legit ini aslinya dibuat dari berbagai macam rempah. Lapis legit dibuat dari berbagai macam rempah, karena kesukaan orang Eropa akan rempah. Rempah-rempah yang menjadi bahan campuran dalam lapis legit yaitu, kapulaga, kayu manis, bunga pala, cengkeh dan juga adas manis.

Karena campuran dari berbagai rempah tersebut membuat rasa yang khas dan kaya akan aroma rempah pada lapis legit. Kue ini dibuat selain dari berbagai macam rempah, juga terdiri dari kuning telur, tepung terigu, mentega, dan juga gula. Lapis legit memiliki rasa yang manis dengan tekstur yang kokoh namun lembut.

Kue yang satu ini dipanggang dalam oven secara bertahap. Dipanggang bertahap hingga membentuk lapisan-lapisan yang biasanya hingga terbentuk 18 lapisan atau lebih. Kue ini dikenal juga dengan kue seribu lapis dikarenakan lapisannya yang banyak.

Bolu Pisang

Bolu pisang
Bolu Pisang, Sajian Pisang yang Lembut nan Nikmat

Untuk yang kurang suka makan buah secara langsung, ada alternatif untuk hal itu. Dari tangan kreatif, terlahirlah sajian bolu pisang. Sajian bolu pisang ini tercipta dari kebosanan dalam menghadapi pisang yang gitu-gitu aja. Akhirnya dibuatlah bolu pisang yang nikmat dan juga lembut.

Untuk bahan utamanya sudah pasti buah pisang. Bahan keringnya ada tepung, gula pasir, baking soda dan baking powder. Pisang dicampurkan dengan susu kental manis, sedikit minyak sayur, air dan boleh juga ditambahkan telur.

Adonan yang sudah dibuat biasanya dipanggang dalam oven. Tapi ada juga yang membuat bolu pisang dengan cara dikukus.

Bolu pisang cocok untuk disajikan sebagai pendamping kue ulang tahun. Tapi bisa juga untuk menjadi hidangan acara-acara lainnya seperti arisan, kumpul keluarga, syukuran, dan acara-acara lainnya.

Chiffon Cake

Kue Chiffon
Chiffon Cake

Chiffon cake atau kue sifon adalah kue yang sangat ringan, yang bahan dasarnya terdiri dari telur, gula, tepung, minyak sayur, baking powder dan perasa. Daripada menggunakan bahan dasar kue pada umumnya, butter, mentega, atau pasta, yang digunakan adalah minyak sayur.

Namun, penggunaan minyak sayur membuat udara yang bercampur ke adonan kurang banyak. Chiffon cake mendapatkan tekstur lembut yang mengembang dari putih telur yang dikocok hingga kaku. Lalu putih telur itu dicampurkan ke dalam adonan sebelum dipanggang.

Sedikit beda dengan sponge cake, chiffon cake ini terasa lebih buttery, namun teksturnya lembut seperti sponge cake. Jika sponge cake itu biasanya polos begitu saja, chiffon bisa diberi topping dan juga isian.

Dengan rasanya yang buttery dan manis, kue ini bisa juga dihias dengan topping dan isian. Selain itu teksturnya yang lembut dan mengembang, seperti lumer di mulut ketika dimakan. Cocok untuk disajikan sebagai kue ulang tahun atau disajikan untuk momen tertentu lainnya.

Bolu Gulung

Swiss roll cake
Bolu Gulung

Kue bolu yang ini beda dengan bolu yang lainnya, karena kue ini harus digulung dulu sesuai dengan namanya. Bolu gulung adalah sebuah bolu yang dipanggang menggunakan loyang datar. Berbeda dengan bolu yang lainnya yang menggunakan loyang yang cukup dalam.

Bolu gulung ini termasuk dalam sponge cake. Karena tekstur lembut dan juga bahan yang digunakannya. Biasanya bolu gulung ini diisi dengan isian cream, selai, ataupun isian yang lainnya.

Untuk menemani sore hari yang tenang, bolu gulung cocok untuk dinikmati dengan teh hangat. Selain untuk menemani minum teh, bolu gulung pas untuk disajikan di berbagai acara baik formal ataupun santai.

Kue ini harus digulung selagi masih panas atau hangat. Jika bolu ini sudah dingin, maka akan menjadi kaku. Ketika sudah dingin dan kaku, akan sulit untuk digulung.

Selain bolu gulung yang biasa, sekarang ini ada juga legit gulung. Lapis legit yang biasanya kotak, sekarang ada yang digulung.

Selain kue-kue yang di atas, kalian juga bisa menyajikan kue kering disaat pesta ulang tahun. Tapi, kue kering apa saja yang bisa menjadi sajian dikala pesta ulang tahun? Kalian bisa temukan inspirasinya dengan klik disini.

Kue Tart yang Menjadi Favorit Saat Ulang Tahun

Birthday Tart
Kue Tart yang Biasa Dijadikan Menjadi Kue Ulang Tahun

Asal kata dari tart ini berasal dari dua bahasa. Ada dari bahasa Perancis, Tartè yang memiliki arti yang sama, dan juga dari bahasa Italia Torta.

Tart ini berdasarkan dari kue bolu yang diberikan krim, selai, mouse, coklat, dan lainnya. Biasanya kue tart itu berlapis lapis dan kaya, disetiap lapisnya ada bahan-bahan yang ditambahkan hingga menjadikan kue ini kaya.

Dibawah ini ada beberapa jenis kue tart yang biasa dijadikan kue ulang tahun. Pena Kecil akan jabarkan untuk kalian di bawah sini! 🙂

Blackforest

kue blackforest
Black Forest Cake

Hutan yang hitam, begitulah jika black forest diartikan ke dalam bahasa Indonesia. Kue tart yang satu ini bisa dibilang kue favorit yang dijadikan kue ulang tahun.

Kue tart yang satu ini memiliki tampilan yang serba gelap. Didampingi oleh manisan ceri di atasnya selain memperindah tampilannya, ceri yang di atasnya membuatnya seperti pohon yang ada dalam hutan yang gelap. Dari situlah nama blackforest berasal.

Blackforest berdasar dari kue spons coklat yang dibagi menjadi beberapa bagian, lalu ditambahkan krim kocok dan juga coklat disekelilingnya. Dan diatasnya diberikan manisan ceri.

Berbagai Gambar Kue Black Forest untuk Dijadikan Inspirasi

Black Forest merupakan salah satu kue yang jadi favorit banyak orang untuk disajikan dalam pesta ulang tahun mereka. Jika kalian suka dengan black forest tapi bingung untuk gimana cara membuat kue black forest, kalian bisa melihat berbagai inspirasi kue black forest di sini.

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Red Velvet

Red Velvet
Red Velvet, Kue yang Memiliki Tekstur Halus yang Mirip Beludru

Apa itu red velvet? Red velvet yang satu ini bukanlah grup vokal wanita atau girlband korea yang banyak orang kenal. Yang dimaksudkan disini adalah salah satu jenis kue tart yang cukup populer beberapa tahun ke belakang ini.

Sebenarnya, kue ini sudah dibuat sejak abad ke-19. Awalnya kue ini menggunakan kakao untuk membuat tekstur kue yang lebih halus. Tekstur yang halus ini mirip dengan beludru atau yang bahasa Inggrisnya yaitu velvet. Sebutan “Red Velvet” ini populer ketika sebutan itu muncul dalam buku Irma S. Rombauer, The Joy of Cooking di tahun 1943.

Yang awalnya kue red velvet ini berbahan dasar dan berwarna coklat, pada perang dunia kedua bahan-bahan itu mulai langka. Lalu mulai banyak yang menggunakan buah bit atau jusnya untuk ditambahkan ke dalam adonan kuenya. Sehingga warna kue itu jadi berwarna merah, dan juga teksturnya mirip beludru.

Pada saat ini mulai berkurang yang masih membuat red velvet ini dengan menambahkan bit. Lebih banyak yang menggunakan pewarna dan perasa untuk membuat red velvet. Selain itu yang menjadi olesan dari red velvet biasanya yakni cream cheese.

Selain bahannya yang berbeda pada saat ini, red velvet memiliki berbagai varian. Selain kue, red velvet dibuat menjadi “Lava Cake”, ada juga yang menjadikannya rasa dari minuman.

Macam Gambar Kue Red Velvet yang Menarik

Selain rasanya yang enak dan disukai banyak orang, ada berbagai bentuk kue Red Velvet yang bisa kalian jadikan contoh. Bisa dengan bangga kalian “pamerkan” di depan para tamu undangan. Berikut gambar kue ulang tahun Red Velvet.

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Rainbow Cake

Kue Pelangi
Rainbow Cake

Kue ini mirip seperti lapis legit kue khas di Indonesia. Rainbow cake terdiri dari beberapa lapis kue yang memiliki warna berbeda. Yang menjadi isian dan juga olesan dari rainbow cake ini biasanya adalah cream cheese.

Yang terkenal karena membuat rainbow cake ini adalah Kaitlin. Rainbow cake sengaja dibuat oleh Kaitlin untuk pesta perpisahan dengan para sahabatnya. Karena sahabatnya menyukai pelangi dan lemon.

Berawal dari kesukaan sahabatnya dengan pelangi dan lemon, ia membuat kue yang berwarna pelangi dan berbau citrus. Dari situlah rainbow cake tercipta.

Cupcake

Cupcake
Cupcake Kini Menjadi Pilihan Kue Ulang Tahun

Kue kecil ini dibuat seukuran gelas kecil, karena itulah disebut dengan cupcake. Kue yang kecil ini, kini menjadi pilihan banyak orang untuk dijadikan kue ulang tahun. Agar terkesan simple dan personal. Kue ulang tahun yang khusus untuk yang sedang berulang tahun.

Cupcake memiliki berbagai macam jenis. Jenisnya mulai dari rasa yang diberikan dalam adonan, olesan, hiasan, dan juga isian dalam cupcake itu sendiri.

Inspirasi Kue Cupcakes untuk Ulang Tahun

Pena kecil akan memberikan kalian berbagai inspirasi Cupcakes yang bisa kalian sajikan disaat pesta ulang tahun yang kalian adakan. Di bawah sini ada berbagai gambar cupcakes untuk disajikan saat ulangtahun.

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Tumpeng, Sajian Tradisional Saat Ulang Tahun

Tumpeng
Tumpeng, Sajian Tradisional dalam Memperingati Momen Penting.

Selain kue-kue bolu dan juga tart di atas yang biasa disajikan pada saat acara ulang tahun, ada masakan lain selain kue yang bisa jadi sajian pada saat ulang tahun. Salah satunya adalah tumpeng. Tumpeng yaitu nasi yang disajikan dalam bentuk kerucut, yang disekitarnya disajikan juga lauk-pauknya.

Nasi yang biasanya dijadikan tumpeng adalah nasi kuning, tapi ada juga yang membuatnya dengan nasi putih biasa dan juga nasi uduk. Selain menjadi sajian pada saat ulang tahun, tumpeng dijadikan sajian pada momen-momen penting lainnya.

Tumpeng biasa disajikan di atas tampah atau wadah yang terbuat dari anyaman bambu yang berbentuk bundar. Nasinya dibentuk gunungan kerucut yang di puncaknya ditutupi daun pisang, dan di bawah nasinya dipenuhi lauk-pauknya.

Tradisi tumpeng ini sudah ada dalam tradisi masyarakat Jawa sejak lama, bahkan sebelum masuknya islam ke Indonesia. Namun sebagai media dakwah, tumpeng pun diadopsi untuk penyebaran agama Islam di Jawa.

Tumpeng adalah wujud rasa syukur kepada Allah SWT. Yang Maha Kuasa, karena atas limpahan rezeki-Nya lah tumpeng itu bisa dibuat.

Untuk menambah kesan tradisional yang khas Indonesia banget, kalian juga bisa menyajikan aneka jajanan pasar ketika merayakan pesta ulang tahun. Dengan sajian ini, kalian bisa membuat tema pesta ulang tahun kalian menjadi tradisional Indonesia.

Kue Ulang Tahun yang Bukan Kue

Zaman now banyak hal yang serba anti-mainstream. Jajanan kekinian lah, jajanan zaman dulu yang dimodifikasi kah, dan segala hal yang lain yang anti-mainstream. Tidak terkecuali untuk sajian kue ulang tahun.

Ada masakan yang dijadikan kue pada saat ulang tahun. Berikut Pena Kecil bagikan untuk kalian :

Noodle Cake

Noodle Cake
Noodle Cake, Kue Ulang Tahun yang Anti-Mainstream

Noodle yang artinya adalah mi. Mi? Iya, mi yang biasa kita tau, yang biasanya dimasak beberapa menit itu aja. Kalau kalian aneh, yaaaaa namanya juga anti-mainstream hehe

Kalau biasanya kue ulang tahun itu rasanya manis dengan hiasan-hiasan yang juga manis, yang ini rasanya gurih. Namanya juga mi hehe

Noodle cake ini mulai populer di Jakarta tahun lalu. Sajian noodle cake ini adalah sajian yang benar-benar anti-mainstream!!! Baru kali ini mi dijadikan kue.

TOT.Aw (Totally Awesome) adalah sebuah kafe di daerah Kelapa Gading, Jakarta Utara. Bisa dibilang TOT.Aw adalah yang pertama membuat sajian ini. Mereka membuat kue ulang tahun yang berbahan dasar mi. Ini dibuat untuk orang-orang yang bosan dengan bolu-bolu yang disajikan pada saat ulang tahun.

Noodle cake terdiri dua tingkat, tingkat yang menjadi pondasi mi goreng yang berdiameter 18cm dan tingkat yang kedua yang menjadi puncaknya berdiameter 14cm.

Pada puncaknya diberikan toping kornet dengan taburan keju yang dilelehkan, lalu di tingkat bawahnya ditaburi ayam suwir, sotong asin dan juga bakso.

Kalo ulang tahunnya yang unik ini, kalian bisa juga menyajikan hidangan pendampingnya dengan jajanan kekinian. Dimana sedang booming dan banyak di pasaran. Atau jika kalian mager untuk nyarinya, pesan aja lewat ojek online. Jajanan kekinian pasti sudah banyak yang bekerja sama dengan ojek online.

Penutup

Begitulah tentang macam-macam kue ulang tahun beserta yang lainnya. Jadi kalian punya banyak pilihan deh dari apa yang udah Pena Kecil bagiin di atas tadi hehe 😀

Semoga apa yang udah Pena Kecil bagiin tadi bermanfaat bagi kalian ya! 😉

Wassalam…

%d blogger menyukai ini: