√ Pengertian Hardware dan Software Lengkap + Gambar Komponennya!

Ad Blocker Detected

Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker.

Komputer yang seringkali digunakan memiliki berbagai perangkat keras dan juga perangkat lunak atau yang biasa disebut dengan hardware dan software. Namun, apakah Kamu sudah tau apa pengertian hardware dan software? Pena kecil akan memberikan ulasan tentang pengertian hardware dan software dari mulai alat proses, input, dan output komputer.

Pengertian Hardware dan Software

Seperti yang ada dalam pengertian komputer, merupakan perangkat yang dapat membantu keseharian kita. Komputer memiliki peranan penting dalam membantu kegiatan manusia. Seperti halnya untuk pekerjaan maupun kebutuhan yang lainnya.

Office Desk

Pengertian Hardware dan Software | Pixabay

Namun, alangkah baiknya untuk kamu agar memahami bagian yang ada dalam komputer. Pada komputer terdapat dua bagian yaitu hardware dan software. Kamu harus paham contoh hardware dan software beserta fungsinya.

Untuk itu, Pena kecil akan mengulas lebih jelasnya mengenai pengertian hardware dan software.

Pengertian Hardware

Untuk pengertian dari hardwareatau perangkat keras sendiri ialah berbagai komponen yang ada pada sistem komputer. Contoh dari perangkat keras adalah CPU, Casing, Speaker, VGA, Monitor, Keyboard, dan lain sebagainya.

Hardware komputer

Hardware Komputer | Source: 9gag

Hardware merupakan perangkat keras yang berguna sebagai komponen fisik dalam penyusunan sistem komputer. Hardware sangat membantu komputer dalam menjalankan sistem yang akan berjalan. Dengan komponen yang mumpuni, maka akan sangat membantu dalam menjalankan pekerjaan yang dibutuhkan.

Hardware dibagi menjadi tiga bagian yaitu, proses, input dan output. Pena kecil akan uraikan semuanya untuk kalian di bawah sini.

Pengertian Hardware Alat Proses Komputer (Hardware Processor)

Merupakan hardware yang berguna untuk melakukan pengolahan data sesuai pada instruksi yang dibutuhkan. Kemudian, hasil intruksi tersebut nantinya akan di tampilkan maupun dilakukan pencetakan.

hardware proses

Ilustrasi Hardware Proses | giphy

Contoh dari perangkat keras ini yaitu CPU (Central Prosessing Unit) yang melakukan tugas tersebut dengan sangat jelas dan hasilnya lengkap.

Berikut beberapa komponen dari proses hardware:

Motherboard

Hardware proses Motherboard

Hardware Proses, Motherboard | Amazon

Didalam bahasa Indonesia disebut dengan papan sirkuit. Komponen proses hardware ini merupakan komponen utama yang menghubungkan komponen hardware yang lainya. Perangkat keras ini mencakup tempat untuk Processor, RAM, VGA dan lainnya.

Processor (CPU)

Jenis CPU Intel

Jenis CPU Buatan Intel | dailysocial.com

Hardware yang satu ini digunakan untuk melakukan proses secara utama (Pengertian CPU atau Prosesor). Dimana, proses tersebut digunakan untuk menghasilkan output yang sesuai. Saat ini, processor sendiri sudah mengalami perkembangan yang sangat pesat.

Random Access Memory (RAM)

Gambar RAM Komputer

Gambar RAM Komputer | ExtremeTech

Random Access Memory atau yang biasa disebut dengan singkatannya RAM, digunakan untuk menyimpan data sementara. Selain itu, RAM juga sangat membantu dalam kegiatan berupa multitasking. Untuk di zaman sekarang, kapasitas dari RAM sudah semakin besar untuk mendukung multitasking yang semakin diperlukan.

Read Only Memory (ROM)

Gambar ROM Komputer

Gambar ROM Komputer | Circuitbenders

Mungkin banyak kemiripan antara komponen proses komputer ROM dengan RAM. Keduanya memang memori yang terdapat di dalam komputer. Namun, ketahanan dari ROM lebih baik dalam menyimpan data daripada RAM.

ROM merupakan memori yang non-volatile, dimana hal itu tidak menghilangkan data di dalamnya ketika sudah tidak dialiri listrik lagi. Namun, data yang ada di dalamnya hanya bisa dibaca, tidak mudah diubah. Biasanya ROM digunakan untuk menyimpan data firmware dan BIOS.

Hard Disk Drive (HDD)

Gambar Harddisk Komputer

Gambar Harddisk Komputer atau Hardisk PC | Wikipedia

Hard Disk Drive atau yang biasa disingkat jadi HDD merupakan hardware untuk penyimpanan data. Dimana perangkat keras proses ini memiliki kapasitas data jauh lebih besar. Hal ini bertujuan untuk pengguna agar dapat menyimpan data lebih banyak.

Umumnya, saat ini HDD yang digunakan pada komputer, kapasitas penyimpanan datanya mulai dari 500 GB. Dengan penyimpanan yang begitu besar, tentu sangat membantu pengguna dalam berbagai macam media yang dapat di simpan.

Bahkan pada tahun 2018 dimana saat artikel ini dibuat, perusahaan yang terkenal dalam produksi HDD yaitu Western Digital, memiliki HDD yang kapasitasnya hingga 15 TB. Namun, HDD ini digunakan untuk Data Center bukan digunakan untuk individu biasa.

Pengertian Hardware untuk Alat Input Komputer (Input Hardware)

Input Hardware

Pengertian Input Hardware | Giphy

Pengertian hardware dan software kali ini, akan menjelaskan tentang beberapa hardware yang sangat dibutuhkan untuk melakukan input. Fungsi dari input yaitu untuk mengirikan intruksi ke dalam sistem dari. komputer. Sistem yang berjalan ini nantinya akan di salurkan dalam CPU.

Berikut beberapa contoh hardware input yang digunakan dalam komputer:

Mouse (Tetikus)

Gambar Mouse Komputer

Gambar Mouse Komputer atau Tetikus | Amazon

Perangkat keras yang satu ini digunakan menginput perintah untuk menggerakkan kursor pada komputer. Hardware yang satu ini mendapatkan nama Mouse atau Tetikus karena bentuk awalnya dia memiliki kabel, hal itu membuatnya mirip dengan tikus.

Keyboard (Papan Ketik)

Gambar Keyboard Komputer dan Fungsinya

Gambar Keyboard Komputer dan Fungsinya | PCMag

Awal terciptanya perangkat keras yang disebut keyboard atau dalam Bahasa Indonesia disebut dengan papan ketik, terinspirasi dari mesin ketik. Fungsi dari hardware input yang satu ini untuk memasukkan berbagai perintah ke dalam komputer.

Joystick 

Joystick PC Wireless

Contoh Joystick PC Wireless | DealeXtreme

Semakin berkembangnya zaman, permainan pun semakin bervariasi. Jikalau dulu seringkali fisik terlibat dalam suatu permainan, sekarang keterlibatan fisik sudah mulai berkurang. Semenjak kemunculan permainan konsol, semua itu terjadi.

Jikalau dulu hanya konsol yang menggunakan joystick, sekarang komputerpun sudah memakai perangkat keras yang satu ini. Fungsi dari joystick ini untuk memasukkan perintah untuk menjalankan sebuah program dalam komputer.

Joystick tersambung dengan komputer biasa dihubungkan dengan usb. Ada juga joystick pc wireless, yang terhubung dengan komputer memakai bluetooth, beda dengan joystick pc usb. Gambar di atas merupakan contoh dari gambar joystick untuk pc, bukan konsol.

Pengertian Hardware Keluaran (Output Hardware)

Komputer memiliki berbagai macam hal, ada yang hanya diproses di dalamnya, ada juga yang membutuhkan media keluaran untuk menunjukkan hasilnya. Perangkat keras keluaran merupakan hardware yang berguna dalam melakukan penampilan maupun mencetak hasil dari pengolahan yang telah dilakukan.

Pengertian Output Hardware

Pengertian Output Hardware | Imgur

Dengan begitu, output yang dihasilkan sendiri akan tampil dan berjalan dengan baik. Perangkat keras ini dapat di sambungkan dengan komputer yang akan di inisialisasi.

Di bawah ini merupakan berbagai output hardware yang sering digunakan pada kebanyakan komputer :

Speaker (Pengeras Suara)

Speaker

Speaker | Logitech

Output hardware yang satu ini berfungsi untuk mengeluarkan suara yang ada diproses dari dalam komputer. Seperti halnya dalam melakukan aktivitas di pemutar musik, maka lagu yang diputarkan akan berjalan melalui speaker ini. Suara yang dikeluarkan sendiri sudah pasti sangat membantu pengguna.

Headset

Headset Razer Tiamat

Headset Razer | Razer

Perangkat keras yang satu ini memiliki fungsi yang mirip dengan speaker seperti yang sudah dibahas di atas. Hanya saja, untuk suara yang dihasilkan tidak pada ruangan yang luas seperti speaker. Melainkan, hanya untuk satu pengguna saja.

Biasanya output hardware yang satu ini digunakan para pemain game, music editor, ataupun orang-orang yang suka mendengarkan suara yang lebih dekat. Saat ini kebanyakan headset tidak hanya bisa mengeluarkan suara saja, tapi juga sudah termasuk mic.

Printer (Mesin Pencetak)

Jenis Printer

Output Hardware, Printer | PCMag

Hardware output ini berfungsi untuk mencetak dokumen dari pengguna. Berkas yang di cetak disesuaikan pada kebutuhan pengguna. Terlebih, di era sekarang ini sudah terdapat printer dengan teknologi canggih dan lebih efisien.

Plotter

Plotter

Plotter buatan HP | Hewlett-Packard

Fungsi dari hardware output ini sama seperti printer, yaitu plotter ini berfungsi untuk mencetak. Tapi untuk lebih spesifiknya adalah mesin ini digunakan untuk mencetak gambar yang dalam bentuk vektor. Namun, plotter ini jarang dimiliki dan juga digunakan secara individu.

Plotter biasa digunakan untuk mencetak sablon dengan ukuran yang besar. Gambar yang dicetak oleh plotter ini juga sebaiknya dalam bentuk vektor, bukan jpeg atau jpg, karena hasilnya lebih baik dan tidak pecah. Jadi, jika ingin mencetak dalam ukuran yang besar bisa menggunakan plotter, bukan printer biasa.

Pengertian Software

Setelah tadi kita mengetahui tentang pengertian dan jenis jenis hardware, sekarang masuk ke pengertian software. Karena ini merupakan artikel tentang pengertian software dan hardware. Pertanyaan yang seringkali dilontarkan adalah apa itu software? Atau apa yang disebut dengan perangkat lunak?

Pengertian Software

Pengertian Software | Pixabay

Pengertian software sendiri yaitu adalah sebuah pemrograman yang ada di dalam komputer. Nama lain dari software adalah perangkat lunak dalam Bahasa Indonesia. Software berguna untuk menyimpan data secara digital pada program komputer.

Walaupun namanya perangkat lunak, tapi perangkat ini hanya digital, tidak berbentuk nyata. Software adalah perangkat untuk membantu dalam penyelesaikan berbagai macam pekerjaan yang dibutuhkan oleh kamu. Apalagi dengan perkembangan zaman yang semakin canggih, software yang ada juga semakin mencakup berbagai kebutuhan penggunanya.

Software juga berfungsi untuk menjalankan komputer. Jika komputer tidak memiliki software atau perangkat lunak, maka komputer tidak akan berfungsi.

Perangkat lunak atau software dibagi menjadi dua kategori, yaitu software aplikasi (aplikasi software) dan juga sistem operasi. Lalu bagaimana sistem dari software sendiri? Lanjut baca di bawah yaa…

Sistem Software

Untuk sistem software sendiri dibuat untuk mengendalikan hardware dan juga menghubungkan software dengan hardware. Hal itu dilakukan agar berbagai macam kebutuhan yang menggunakan komputer bisa diselesaikan.

Sistem software

Pixabay

Karena, dalam komputer sendiri memiliki dua komponen hardware dan software yang harus memiliki ketersambungan satu sama dengan yang lainnya. Karena itu, sistem software berfungsi untuk menghubungkan keduanya agar dapat berjalan dengan benar.

Itulah tentang sistem software dalam pengertian software dan hardware.

Jenis Jenis Software

Seperti yang sudah disebutkan di atas dalam pengertian software, dibagi menjadi dua kategori :

  • Sistem Operasi
  • Aplikasi Software atau Software Aplikasi

Untuk lebih jelasnya, Pena kecil akan menjabarkan ke kalian tentang jenis jenis software kepada kalian.

Sistem Operasi

Sistem Operasi Linux, Ubuntu

Ubuntu Merupakan Sistem Operasi Berbasis Linux | Pixabay

Yang dimaksud dengan sistem operasi adalah sebuah software yang digunakan dalam melakukan kontrol kerja dari komputer. Tentu, software untuk sistem operasi sendiri memiliki fungsi yang begitu baik dalam mengendalikan komputer. Contoh dari sistem operasi ialah Windows, Linux, BSD, Unix, sampai MacOS. Berikut fungsi utama dari sistem operasi komputer :

  • Melakukan organisir dari berbagai macam file yang digunakan sebagai media penyimpanan seperti flash disk, floppy disk, maupun hard disk.
  • Membantu dalam melakukan manipulasi perangkat keras maupun mengkoordinasikan perangkat keras seperti memory, mouse, keyboard, monitor dan lainnya (fungsi dari driver).
  • Menangani kerusakan yang mungkin terjadi pada perangkat keras. Karena, perangkat keras membutuhkan driver untuk menghubungkan dengan perangkat lunak agar dapat bekerja sebagai mana mestinya.

Karena fungsinya yang utama itu, software komputer sistem operasi ini merupakan software yang wajib ada pada setiap komputer.

Aplikasi Software atau Software Aplikasi

Lain lagi dengan aplikasi software atau juga banyak yang menyebut software aplikasi. Perangkat lunak yang ini merupakan software yang tidak wajib ada pada komputer. Dalam pengertian hardware dan software ini, ada berbagai macam aplikasi software.

Software Aplikasi Pembuat 3D, Blender

Blender Merupakan Software Aplikasi Pembuat 3D | blender.org

Jika Kamu seorang desainer grafis, aplikasi software desain grafis merupakan hal yang harus digunakan. Kamu tidak perlu menggunakan aplikasi software pengedit video.

Jadi, aplikasi software ini merupakan aplikasi yang tidak wajib dimiliki oleh semua pengguna komputer. Bagaimana kebutuhan Kamu dalam menggunakan komputer. Itulah tentang jenis jenis software yang ada pada pengertian software dan hardware.

Penutup

Ada begitu banyak jenis jenis hardware dan juga jenis jenis software di dalam pengertian hardware dan software. Pengertian hardware secara singkat merupakan komponen komponen yang membentuk komputer, sedangkan pengertian software secara singkat adalah pemrograman yang ada pada komputer.

Dalam membuat komputer, Kamu bisa menentukan sendiri jenis jenis hardware yang akan digunakan sesuai fungsinya selain yang wajib ada. Begitu juga dengan berbagai jenis jenis software, bisa Kamu pilih sesuai apa yang dibutuhkan untuk membantu pekerjaanmu.

Begitulah tentang pengertian hardware dan software yang bisa Pena kecil bagikan kepada kalian. Semoga bisa bermanfaat bagi Kamu yang membaca, membagikan ataupun sekedar copy-paste artikel ini.

Pena kecil pamit!

Wassalam…

%d blogger menyukai ini: