Pengertian Komputer, Sejarah, Perkembangan dan juga Fungsinya.

Di zaman now, siapa sih yang ga tau komputer? Apalagi yang baca artikel ini, sulit dipercaya kalo masih belom tau pengertian komputer. Padahal hampir semua hal itu menggunakan komputer, bahkan smartphone yang kita punya, mau itu yang android atau apple bisa dibilang komputer juga.

Disini, buat kalian yang masih bingung tentang komputer… Tenang aja, take it easy Dude! Pena kecil bakal kasih tau kalian mulai dari pengertian komputer, sejarah, perkembangannya sama fungsi dari komputer.

Pengertian Komputer dari Berbagai Sumber

Computing
Presentasi para Ilmuwan, Sebelum Komputer Berkembang

Komputer yang saat ini udah jadi bagian hidup sebagian besar masyarakat di dunia. Namun, masih ada beberapa yang belum tau tentang pengertian komputer. Disini Pena Kecil bakal kasih tau kalian pengertian komputer dari berbagai sumber.

Pengertian Komputer menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

KBBI Online
Pengertian Komputer Kamus Besar Bahasa Indonesia

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), komputer adalah alat elektronik otomatis yang dapat menghitung atau mengolah data secara cermat, memberikan hasil pengolahan sesuai yang diinstruksikan, serta dapat menjalankan sistem multimedia seperti musik, film, faksimile, televisi, dan lain sebagainya.

Komputer biasanya terdiri dari beberapa unit, mulai dari unit pemasukan, unit pengeluaran, unit penyimpanan, serta unit pengontrolan.

Pengertian Komputer secara Etimologi (Asal-usul Kata)

Pengertian Komputer secara Etimologi
Etimologi adalah Studi Bahasa yang Menyelidiki Asal-usul Kata

Pengertian komputer dari asal-usul penggunaan katanya atau biasa disebut Etimologi.

Pada tahun 1613 kata komputer atau dalam bahasa Inggris computer, ditemukan pertama kali menurut Oxford English Dictionary. Di dalam buku karangan penulis berkebangsaan Inggris Richard Braithwait, The Yong Mans Gleanings. Penggunaan istilah komputer atau computer merujuk kepada seseorang yang melakukan perhitungan atau komputasi.

Pengertian komputer hingga pertengahan abad ke-20 masih merujuk kepada seseorang yang melakukan perhitungan atau komputasi. Pada akhir abad ke-19 kata komputer mulai diarahkan untuk pengertian yang lebih familiar, yaitu sebuah mesin yang melakukan komputasi.

Pengertian Komputer secara Umum

Secara umumnya, komputer diartikan sebagai sebuah alat yang dipakai untuk mengolah data dengan prosedur yang sudah ditentukan atau dirumuskan. Dalam arti luasnya komputer adalah sebuah peralatan elektronik yang terdiri dari beberapa komponen yang saling berkaitan.

Komputer pertama adalah ENIAC atau Electronic Numerical Integrator And Computer. Gunanya ga kayak komputer zaman sekarang, yang buat main game, overclocking atau maenan sosmed doang? #ehhh

ENIAC ini digunakan untuk membantu Amerika Serikat saat terjadi perang dulu.

Komputer “Canggih” Pertama di Dunia

First Generation Computer
ENIAC Komputer dengan Kemampuan Turing Pertama

Kalo kita liat Macbook, Republic Of Gamers, Alienware, beberapa komputer canggih zaman now. Nah, pas zaman old nih, komputer itu dipake buat bantuin perang. Yang ngelakuin hal ini tentunya negara yang terkenal super power, yaitu Amerika Serikat.

ENIAC, “Super” Komputer Pertama di Dunia

ENIAC at BRL
Glen Beck dan Betty Snyder sedang memprogram ENIAC

Nah, komputer yang punya nama lengkap Electronic Numerical Integrator And Computer atau panggilannya yaitu ENIAC bisa dibilang komputer pertama di dunia. Di tahun 1945, pas Indonesia baru merdeka nih, Amerika Serikat tepatnya Angkatan Darat Amerika Serikat, udah membuat dan mengembangkan komputer ini dibantu oleh Dr. John W. Mauchly dan J. Presper Eckert Jr.

Si ENIAC ini jadi yang pertama menggunakan komponen elektronik ketika yang lainnya masih mengandalkan mesin analog. ENIAC juga udah digital dan bisa menyelesaikan “permasalahan kelas besar dalam perhitungan” dengan cara pemrograman ulang karena dia udah Turing-complete.

Tujuan dibuatnya ENIAC ini adalah untuk mengkalkulasikan data dalam tabel tembak artileri untuk Laboratorium Penelitian Balistik Angkatan Darat Amerika Serikat, yang program utamanya mengkaji kelayakan senjata termonuklir.

ENIAC secara resmi didedikasikan di University of Pennsylvania pada 15 Pebruari 1946 dan digembar-gemborkan oleh pers disana sebagai “Giant Brain”. Karena kombinasi dari kecepatan dan programabilitas yang memungkinkan ribuan penghitungan masalah, yang bagi manusia memakan waktu hingga 20 jam, ENIAC hanya membutuhkan waktu 30 detik.

Desain dan Pengembangan ENIAC

Design
Design by McKinsey

ENIAC adalah komputer modular yang terdiri dari panel individu untuk melakukan fungsi yang berbeda. Dua puluh modul ini adalah akumulator yang dapat menambah dan mengurangi angka, juga dapat menyimpan angka desimal hingga sepuluh digit dalam memori.

Desain ENIAC dibuat oleh John Mauchly dan J. Presper Eckert dari University of Pennsylvania, Amerika Serikat. Dengan tim insinyur yang membantu pengembangan termasuk Robert F. Shaw (Tabel Fungsi), Jeffrey Chuan Chu (Pembagi/Akar dan Pangkat), Thomas Kite Sharpless dan Frank Mural (Master Pemrograman), Arthur Burks (Pengali), Harry Huskey (Pembaca/Pencetak), dan Jack Davis (Pengakumulasi).

Namun di tahun 1946, para peneliti mengundurkan diri dari University of Pennsylvania dan membentuk Eckert-Mauchly Computer Corporation.

Proyek yang menghabiskan biaya sekitar $487.000 atau setara dengan sekitar $6.887.000 pada tahun 2017, disetujui pada tanggal 5 Juni 1943 untuk pembuatannya. Pada bulan berikutnya, proyek dengan nama “Project PX” dengan John Gust Brainerd sebagai peneliti utama. Lalu, Herman H. Goldstine mencoba membujuk Angkatan Darat untuk mendanai proyek yang mereka kerjakan, karena hal itu lah dia bertugas untuk mengawasi proyek tersebut.

Desain dan pengembangan ENIAC dibiayai oleh Angkatan Darat Amerika Serikat, Korps Keamanan, Komando Penelitian dan Pengembangan, yang dipimpin oleh Mayor Jendral Gladeon M. Barnes. Pengerjaan komputer ini dimulai secara rahasia di University of Pennsylvania Moore School of Electrical Engineering.

Pemograman dalam ENIAC

Web Programming
Coding, Photo by Pixabay

ENIAC dapat diprogram untuk melakukan urutan operasi yang kompleks, seperti pengulangan (loop), percabangan (branches), dan juga subrutin. Namun, tidak seperti komputer pada umumnya di zamanow, ENIAC cuma mesin dengan koleksi aritmatika yang besar.

Ketika ada suatu permasalahan dan memetakannya ke dalam mesin tersebut, biasanya cukup rumit dan memakan waktu hingga dua minggu lamanya. Dikarenakan kerumitannya dalam memetakan program ke dalam mesin tersebut, program hanya diubah ketika ada perubahan besar dalam angka hasil program yang sedang berjalan.

Setelah program tercetak di kertas, proses untuk memasukkan program ke dalam ENIAC dengan memanipulasi kabel dan switch nya bisa memakan waktu seharian. Itu juga digabung dengan adanya periode verifikasi dan debugging, yang dibantu dengan kemampuan untuk menjalankan program selangkah demi selangkah.

Ada enam orang programmer utama ENIAC, diantaranya Kay Mc Nulty, Betty Jennings, Betty Snyder, Marlyn Wescoff Meltzer, Fran Bilas dan Ruth Licherman. Mereka tidak hanya menentukan cara memasukkan program ENIAC, tetapi juga mengembangkan pemahaman tentang cara kerja ENIAC.

Para Programmer ENIAC

ENIAC's Programmer
Dua Programmer Wanita Eniac, Betty Jean Jennings (kiri) dan Fran Bilas (kanan)

Para programmer ENIAC pertama adalah wanita. Mereka adalah Kay Mc Nulty, Betty Jennings, Betty Snyder, Marlyn Wescoff Meltzer, Fran Bilas dan Ruth Licherman. Namun, sayangnya kerja keras mereka tidak diakui selama lebih dari 50 tahun.

Para ahli sejarah salah mengira dengan “Refrigerator Ladies” yaitu para model yang bergaya didepan mesin. Sebagian besar wanita tidak diakui atas pekerjaan mereka di ENIAC selama masa hidup mereka. Bahkan ketika peringatan 50 tahun penemuan ENIAC kebanyakan programmer wanita tidak diundang ke acara tersebut.

Setelah enam programmer yang awal, tim ini menambah anggotanya dengan merekrut seratus ilmuwan untuk bekerja di ENIAC. Di antara para ilmuwan tersebut ada beberapa wanita, yaitu Gloria Ruth Gordon dan Adele Goldstine yang menulis deskripsi teknis asli dari ENIAC.

Peranan dalam Bom Hidrogen

Hydrogen Bomb
Bom Hidrogen

Seorang ahli matematika yang bekerja pada Laboratorium Nasional Los Alamos ini tertarik akan adanya ENIAC. Meskipun yang menjadi sponsor ENIAC adalah Laboratorium Penelitian Balistik, satu tahun dalam tiga tahun penelitian yang dilakukan oleh John Von Neumann menggunakan ENIAC. Los Alamos menggunakan ENIAC untuk perhitungan Bom Hidrogen.

Komputer dari Zaman ke Zaman

Office Desk
Photo by Pixabay

Komputer yang kita tau sekarang, dulunya itu ribet. Udah tau kan dari penjelasan di atas yang mengungkapkan sedikit komputer pada masa awalnya.

Disini Pena Kecil bakalan kasih tau kalian semua, komputer dari generasi pertama sampe generasi yang sekarang yaitu generasi kelima. Makanya stay here ya…

Komputer Generasi Pertama

First Generation Computer
UNIVAC, Termasuk Dalam Komputer Generasi Pertama

Pada saat pertama kalinya komputer adalah mesin untuk menghitung aritmatika. Lalu berkembang hingga akhirnya bisa untuk menghitung operasi yang lebih kompleks daripada aritmatika. Dan dari segi ukurannya, komputer di generasi pertama itu “super” besar.

Bentuknya ga kita kenal kayak komputer zaman sekarang, lebih mirip lemari yang banyak kabelnya. Beratnya juga ga ringan, tapi bisa sampe Ton untuk ukuran beratnya. ENIAC aja sekitar 27 ton beratnya, berat deh pokoknya kalian ga akan kuat, biar mereka aja…

Komputer generasi pertama ini sekitar tahun 1940 – 1956, bukan ba’da isya ya, itu tahun -,-

Komputer-komputer ini komponen awalnya menggunakan tabung hampa udara atau biasa disebut vacuum tubes sebagai sirkuit dan drum magnetik untuk memorinya. Alhasil, ukurannya jadi sangat besar, benar-benar memenuhi ruangan dan menghabiskan banyak uang untuk pengoperasiannya.

Komponen tersebut adalah komponen yang sangat tidak efisien. Sudah menghasilkan panas yang banyak, butuh listrik dalam daya yang besar, dan juga biaya yang tinggi. Tapi dari panas yang banyak itu membuat komponennya jadi mengalami rusak yang berkelanjutan.

Komputer generasi pertama ini mengandalkan bahasa mesin, dimana bahasa mesin adalah bahasa pemrograman dasar yang dimengerti oleh komputer. Komputer-komputer ini terbatas untuk memecahkan suatu masalah pada satu waktu.

Input atau masukan komputer ini adalah kartu berlubang dan juga pita kertas. Sedangkan keluaran outputnya adalah data print-out.

Komputer Generasi Kedua

Komputer Generasi Kedua
Komputer Transistor Merupakan Komputer Generasi Kedua

Pergantian vacuum tubes oleh transistor merupakan awal kemunculan dari komputer generasi kedua (1956 – 1963). Meskipun transistor ditemukan pada tahun 1947, ia digunakan untuk komputer sekitar akhir 1950an.

Transistor merupakan sebuah perbaikan yang besar untuk menggantikan vacuum tubes, walaupun masih merusak komputer akibat panasnya. Namun, transistor jauh lebih baik dibandingkan vacuum tubes. Penggunaan transistor pada komputer jadi lebih murah, lebih cepat, lebih kecil dan juga lebih hemat daya listrik.

Untuk input dan outputnya, komputer ini masih sama dengan komputer generasi pertama yaitu menggunakan kartu berlubang.

Bahasa pemrograman yang digunakan kali ini adalah bahasa assembly (simbol), sudah meningkat dibandingkan dengan bahasa mesin atau binary. Itu artinya programmer bisa membuat instruksi menggunakan kata-kata. Dan juga bahasa pemrograman tingkat tinggi sedang dikembangkan, disinilah awal mula COBOL dan FORTRAN.

Mesin yang digerakkan oleh transistor ini adalah yang pertama yang menyimpan instruksi ke dalam memori. Teknologinya juga beralih dari drum magnetik ke inti magnetik atau magnetic core. Versi awal teknologi ini dikembangkan untuk industri energi atom.

Komputer Generasi Ketiga

IBM Personal Computer
Komputer Generasi Ketiga, Pabrikan IBM

Di fase ini, dalam komputer generasi ketiga (1964 – 1971) transistor diperkecil ukurannya lalu ditaruh pada chip silikon yang disebut semikonduktor. Hal ini menyebabkan peningkatan yang besar dalam kecepatan dan efisiensinya. Di generasi ini lah komputer mulai menggunakan keyboard dan monitor yang dihubungkan dengan menggunakan sistem operasi.

Hal ini merupakan sebuah lompatan besar dari kartu berlubang dan print-out. Komputer generasi ketiga bisa menjalankan beberapa aplikasi, dengan menggunakan program pusat yang berfungsi untuk memonitor memori. Dengan perkembangan teknologi ini membuatnya menjadi lebih murah dan lebih kecil ukurannya.

Komputer Generasi Keempat

Gaming Laptop
Laptop Merupakan Komputer Generasi Kelima

Kalo semikonduktor itu adalah suatu lompatan besar dari komputer generasi pertama dan kedua. Di komputer generasi keempat (1972 – 2010), semakin disempurnakan. Disaat inilah mikroprosesor digunakan.

Dimana saat ini, Intel sebuah perusahaan yang membuat mikroprosesor membuat sebuah revolusi. Pada tahun 1971, Intel memperkenalkan chip Intel 4004, dimana Intel 4004 ini memuat semua komponen komputer (CPU, memori, kontrol input/output) ke dalam sebuah chip.

Kalo pas tahun 1940an semua komponen komputer bisa memenuhi sebuah ruangan, kini semua komponen itu ada di dalam genggaman tangan. Chip Intel memuat ribuan sirkuit terintegrasi atau integrated circuit (IC). Pada tahun 1981 pertama kalinya ada komputer (IBM) yang bisa digunakan untuk dirumah. Lalu di tahun 1984 Machintos diperkenalkan oleh Apple.

Mikroprosesor bahkan berkembang lebih jauh lagi. Tidak hanya untuk komputer, sudah banyak barang elektronik yang sudah memiliki mikroprosesor. Seperti yang hampir kita semua punya seperti, smartphone, mobil, motor, televisi, kulkas, bahkan mesin cuci.

Tidak hanya dalam benda yang sering kita gunakan sehari-hari. Mikroprosesor juga banyak ditanamkan diberbagai benda yang berfungsi khusus, salah satu contohnya yaitu robot.

Dikarenakan mikroprosesor juga, komputer yang tadinya hanya bisa dipakai dirumah atau diruangan kantor, jadi bisa kita bawa kemanapun. Bahkan, laptop yang kita tau sekarang ga cuma buat membantu pekerjaan, ada juga laptop yang dikhususkan untuk gaming.

Komputer Generasi Kelima

Tony Stark AR
Augmented Reality yang Ada di Film Iron Man termasuk dalam Komputer Generasi Kelima

Semakin berkembangnya teknologi dan mikroprosesor, akhirnya komputer generasi kelima (2010 – Sekarang) dikukuhkan. Di generasi kelima ini mulai masuknya Artificial Intelegent (AI) atau kecerdasan buatan.

Walaupun AI masih dikembangkan, tetapi beberapa teknologi ini mulai muncul dan digunakan. Seperti halnya, pengenalan suara, Augmented Reality, dan juga Virtual Reality.

AI adalah kenyataan yang dimungkinkan dengan pemrosesan paralel dan superkonduktor. Pandangan di masa depan, komputer akan berubah secara lebih radikal lagi oleh komputasi kuantum, teknologi molekuler, dan teknologi nano.

Akhiran…

Begitulah yang kiranya Pena Kecil bisa kasih tau ke kalian semua tentang pengertian komputer, sejarah, perkembangan dan juga fungsi dari komputer. Komputer yang awalnya sebagai sebutan kepada orang yang melakukan komputasi, hingga akhirnya beralih ke mesin yang melakukan komputasi.

Komputer super yang pertama dibuat oleh Amerika Serikat, digunakan untuk membantu peperangan, penelitian tentang balistik, perhitungan, dan juga bom hidrogen.

Dari mulai tahun 1940an hingga hari ini ada lima generasi komputer. Dan setiap generasinya ada perkembangan dalam komponennya. Mulai dari tabung hampa udara, transistor, semikonduktor, mikroprosesor dan juga kecerdasan buatan.

Semoga apa yang Pena Kecil tulis diatas bermanfaat buat kalian ya. Jangan lupa selain belajar, berdoa kepada Allah SWT menjadi yang lebih utama. Sekian dulu yaaaaa 🙂

Wassalam…

%d blogger menyukai ini: