√ Pengertian Motherboard dan Fungsinya Berikut Komponennya [Lengkap]

Ad Blocker Detected

Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker.

Komputer yang seringkali kamu gunakan setiap harinya memiliki komponen penting bernama motherboard. Dimana fungsi motherboard ini sangat penting pada komputer. Namun, apakah pengertian motherboard dan fungsinya, serta apa pengertian komponen motherboard?

Untuk kalian yang masih belum mengerti apa itu motherboard, Pena kecil akan berbagi dengan kamu tentang pengertian motherboard lengkap dengan fungsinya, jenis jenis motherboard. dan juga komponen motherboard. Maka dari itu, simak artikel selengkapnya di bawah.

Pengertian Motherboard dan Fungsinya

Seperti yang diketahui, komputer tidaklah terbentuk begitu saja. Ada berbagai komponen penyusun komputer yang berperan agar sebuah komputer bekerja (Baca : Pengertian Komputer). Salah satu komponen pentingnya adalah motherboard atau sering disebut dengan mobo.

Sebenarnya, apa sih motherboard itu?

Mungkin buat kamu yang awam dengan komputer dan baru tertarik dengan komputer belum mengetahui tentang pengertian motherboard. Untuk pengertian motherboard itu sendiri adalah papan utama pada komputer, berbahan dasar pcb yang memiliki konektor lengkap dengan jalur-jalurnya sebagai akses penghubung berbagai perangkat.

Fungsi motherboard adalah untuk menyatukan seluruh komponen yang ada pada komputer agar saling tersambung satu dengan lainnya. Karena ada banyak komponen yang menyusun sebuah komputer, sebagai media pemersatunya adalah motherboard.

Apa kamu mengetahui pengertian motherboard dalam bahasa Indonesia? Dalam bahasa Indonesia, motherboard disebut dengan papan induk. Dimana papan ini menjadi induk dari segala macam komponen pada komputer. Apa saja komponen komponen motherboard? Langsung lihat selengkapnya di bawah sini.

Komponen Komponen Motherboard

Sebagai perangkat keras komputer dan fungsinya adalah untuk menghubungkan berbagai perangkat keras komputer lainnya agar bisa berfungsi, motherboard memiliki banyak komponen. Apa saja komponen motherboard itu? Simak lengkapnya di bawah sini.

Komponen komponen motherboard

Komponen Komponen Motherboard | Pearson

Power Connectors (Konektor Tenaga Listrik)

Komputer tanpa tenaga listrik tidak akan bisa berfungsi, begitu pula halnya dengan motherboard. Sebuah motherboard tidak akan bisa bekerja jika tidak ada listrik yang mengalirinya.

Power Connectors ini posisinya (biasanya) berada pada ujung sebelah kanan dari motherboard atau berada di sebelah manapun yang dekat dengan soket prosesor. Biasanya memiliki 20 hingga 24 pin konektor.

Namun, untuk mobo yang sekarang ini sudah memiliki sekitar 4 sampai 8 pin konektor didekat prosesor, hal tersebut berfungsi untuk mengalirkan tenaga listrik langsung ke prosesor.

Soket Prosesor (CPU Socket)

Komponen penting lainnya pada mobo ialah soket prosesor yang dimana itu merupakan otak dari komputer (Baca : Pengertian Prosesor). Untuk fungsi dari komponen motherboard yang satu ini, yaitu soket prosesor adalah tempat diletakkannya prosesor.

Soket Prosesor, CPU Socket

Soket Prosesor | Wikipedia

Ada tipe-tipe soket prosesor yang biasa digunakan, yaitu :

  • Socket7, soket yang memiliki pin 321 ini berfungsi untuk digunakan oleh prosesor yang sudah lampau seperti, Intel Pentium 1 / 2 / MMX, Cyrix M2 dan juga AMD K5/K6.
  • Socket370, untuk soket yang ini memiliki pin 370, biasa digunakan untuk prosesor Pentium 3 dan juga Intel Celeron.
  • Socket 775, merupakan soket 775 pin yang biasa digunakan untuk prosesor Intel Xeon, P-4, C2D dan juga Intel Dual Core.
  • Socket 1156, soket prosesor yang satu ini merupakan soket yang umum digunakan pada mobo saat ini. Seringkali digunakan untuk soket prosesor Intel generasi yang terbaru seperti i3, i5, dan juga i7.
  • Socket 1366, soket 1366 pin ini biasa digunakan untuk prosesor i7 yang keluaran terbaru.

BIOS

Kepanjangan dari BIOS adalah Basic Input Output System, merupakan komponen motherboard yang terintegrasi dengan chip. Di dalam chip ini, terkandung informasi dan juga pengaturan dari motherboard yang bisa kamu sesuaikan ketika masuk mode BIOS dari komputer.

Baterai CMOS

Pengertian dari baterai CMOS merupakan baterai yang digunakan oleh BIOS agar bisa tetap aktif meskipun tidak ada listrik yang mengalir ke motherboard. Singkatan dari CMOS sendiri adalah Complementary Metal Oxcide Semiconductor. 

Slot RAM (Random Access Memory)

Slot RAM

Slot RAM | rosablu.info

Pada komponen mobo yang ini biasanya terdiri dari dua jenis, yaitu :

  • Slot SIMM (Single In-line Memory Module)
  • Slot DIMM (Double In-line Memory Module)

Slot SIMM biasanya terdapat pada mobo yang bisa dibilang “jadul”, yang hanya support 32-bit bus.

Sedangkan slot RAM yang sering terdapat pada mobo keluaran terbaru adalah DIMM, yang support 64-bit bus. Dan juga slot RAM pada mobo yang sering digunakan pada laptop saat ini disebut SO-DIMM.

Slot Ekspansi

Slot ekspansi berfungsi sebagai soket pada motherboard untuk memasukkan expansion card. Komponen berikut berfungsi untuk menambahkan berbagai fitur pada komputer seperti video, audio, grafis, ethernet, dan juga memori.

Berikut berbagai slot ekspansi yang terdapat pada motherboard :

  • ISA slots, merupakan slot ekspansi yang paling pertama ada pada motherboard. Kartu suara dan juga kartu display konvensional ada pada slot ini.
  • PCI slots, kepanjangan dari PCI adalah Peripheral Component Interconnect. SLot PCI berfungsi untuk memasang kartu tambahan pada motherboard.
  • AGP slotsAccelerated Graphics Port digunakan untuk memasang kartu grafis pada motherboard.
  • PCI Express, dikenal juga dengan PCIe. Slot ini merupakan komponen yang paling baru dan juga paling cepat di motherboard untuk mensupport kartu tambahan.

Slot Video Card

Seperti namanya, slot ini berfungsi untuk video card atau kartu grafis. Untuk motherboard yang lama jarang terdapat slot ini, seperti pada komputer yang hanya dikhususkan untuk keperluan kantor yang tidak memerlukan komponen motherboard ini.

Northbridge dan Southbridge

Biasanya pada motherboard terdapat komponen yang berbentuk kotak yang terbuat dari metal, terletak pada bagian bawah sebelah kanan. Ada dua komponen yaitu northbridge dan southbridge.

Northbridge bertanggung jawab untuk data flow antara memori, video card dan juga prosesor.

Tidak berbeda dengan northbridge, fungsi dari southbridge adalah sebagai kordinator data flow antara prosesor dan peripheral.

Jenis Jenis Motherboard

Jenis jenis motherboard

Jenis Jenis Motherboard – ispytechnology.co.za

Motherboard yang sudah kamu ketahui dari penjelasan di atas, memiliki peranan penting untuk komputer. Selain peranan dan fungsi motherboard yang penting, motherboard juga memiliki jenis yang banyak sesuai dengan kebutuhan.

Berikut jenis jenis motherboard :

  1. AT Motherboard, merupakan jenis motherboard yang digunakan pada saat microprocessor mulai digunakan.
  2. ATX Motherboard, jenis motherboard yang ini merupakan jenis yang masih digunakan hingga saat ini. Mulai dari zaman Intel Pentium, hingga generasi Intel i3 sampai i9.

Penutup

Pengertian motherboard adalah sebuah papan induk yang memiliki berbagai komponen penghubung di dalamnya. Dimana seluruh komponen pada motherboard berfungsi untuk menghubungkan berbagai perangkat keras komputer (hardware) agar bisa bekerja dengan baik.

Komponen motherboard memiliki fungsi yang beragam. Ada soket untuk prosesor, slot untuk RAM dan juga VGA dan berbagai komponen lainnya agar komputer bisa bekerja dengan baik.

Segitulah tentang pengertian motherboard atau mobo yang bisa Pena kecil bagikan kepada kamu. Semoga bermanfaat ya!

Wassalam…

%d blogger menyukai ini: