17++ Perangkat Keras Komputer dan Fungsinya Beserta Penjelasan [LENGKAP]

Ad Blocker Detected

Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker.

Komputer memiliki berbagai macam perangkat keras komputer dan fungsinya yang berbeda-beda. Setiap bagian bagian komputer memiliki fungsinya masing-masing. Di sini Pena kecil akan berbagi dengan kalian tentang berbagai perangkat keras komputer dan fungsinya.

Pengertian Perangkat Keras atau Hardware

Komputer yang seringkali digunakan dalam keseharian kita, baik itu digunakan dalam menyelesaikan suatu pekerjaan, menikmati hiburan, mencari sesuatu dan banyak hal yang6 bisa dilakukan dengan komputer. Kalian tahu, bahwa komputer itu terdiri dari berbagai bagian yang saling berhubungan satu dengan lainnya (Baca : Pengertian Komputer).

First Gen Computer

Komputer Generasi Pertama

Komputer itu sendiri bisa dibilang perangkat keras. Namun, untuk pengertian dari perangkat keras sendiri ialah berbagai komponen yang ada pada sistem komputer. Contoh dari perangkat keras adalah CPU, Casing, Speaker, VGA, Monitor, Keyboard, dan lain sebagainya.

Macam Macam Perangkat Keras Komputer dan Fungsinya

Seperti yang sudah dijelaskan, ada banyak perangkat keras komputer dan fungsinya yang berbeda-beda. Tergantung kebutuhan kita, akan dibuat untuk apa si komputer tersebut. Di bawah sini akan Pena kecil jelaskan berbagai perangkat keras komputer dan fungsinya.

Central Processing Unit atau CPU / Processor

Jenis CPU Intel

Jenis CPU Buatan Intel | dailysocial.com

Central Processing Unit atau yang sering dikenal dengan nama CPU atau Processor, merupakan salah satu perangkat keras komputer dan fungsinya adalah untuk memproses segala penghitungan yang ada pada komputer. Bisa dibilang CPU merupakan otak dan inti dari komputer itu sendiri.

Motherboard atau Papan Induk

Perangkat keras yang satu ini merupakan hal inti yang diperlukan untuk membangun atau merakit sebuah komputer. Disebut Motherboard atau Papan Induk jika dalam Bahasa Indonesia, karena sebagian besar perangkat keras terhubung di situ.

Gambar Motherboard Komputer

Motherboard | Amazon

Motherboard juga sering dikenal dengan nama Mainboard, System Board, Baseboard, Planar atau Logic Board dan juga biasa disingkat dan disebut dengan nama Mobo.

Mobo merupakan sebuah Printed Circuit Board utama (PCB) yang didalamnya terdapat tempat untuk CPU, RAM, VGA, perangkat peripheral, dan lain sebagainya.

Random Access Memory atau RAM

Gambar RAM Komputer

Gambar RAM Komputer | ExtremeTech

Dari namanya, kita sudah tau bahwa perangkat keras atau hardware yang satu ini memiliki fungsi sebagai penyimpan data atau memory. Data yang terdapat dalam perangkat keras komputer RAM ini memiliki sifat sementara. Di dalamnya terdapat berbagai instruksi program pada komputer.

Video Graphics Accelerator atau VGA

Perangkat keras komputer yang satu ini memiliki fungsi mengolah data grafis pada komputer untuk ditampilkan ke monitor. Seluruh data grafis yang terdapat pada komputer, sebelum ditampilkan akan diproses dahulu oleh VGA. Dimana di dalam VGA terdapat yang namanya Graphics Processing Unit atau GPU (bukan merk minyak urut ya).

Gambar VGA Komputer

Gambar VGA Komputer | PC Games N

Namun, ada tips memilih vga. Jika Kamu ingin membangun atau membuat sebuah unit komputer, Kamu harus memikirkan kecocokan antara CPU dan juga VGA yang dipilih. Kamu harus mix and match antara CPU yang terpasang dan juga VGA yang akan Kamu pilih.

Heatsink

Semua jenis hardware komputer yang bekerja secara keras akan menimbulkan suhu yang lumayan tinggi. Maka dari itu, dibutuhkan sebuah alat yang akan mengurangi panasnya tersebut yang biasa disebut dengan heatsink.

Gambar Heatsink Komputer

Gambar Heatsink Komputer | Wikipedia

Ada dua jenis yang sering digunakan pada komputer umumnya :

  1. Heatsink Fan atau Kipas,
  2. Liquid Heatsink atau Cairan.

Biasanya heatsink yang banyak digunakan oleh banyak orang adalah yang bertipe fan atau kipas. Karena, yang tipe liquid atau menggunakan cairan biasa digunakan pada komputer dengan spesifikasi tinggi. Entah itu untuk gaming ataupun overclocking (OC).

Letak dari heatsink ini biasanya ada pada CPU dan juga GPU.

Hard Disk Drive atau HDD

Gambar Harddisk Komputer

Gambar Harddisk Komputer atau Hardisk PC | Wikipedia

Hard Disk Drive atau dikenal dengan HDD merupakan perangkat keras komputer dan fungsinya adalah untuk menyimpan data. Biasanya memiliki ukuran yang besar. Ada 2 tipe hardisk, baik itu digunakan pada laptop, notebook dan juga PC :

  • Internal atau terpasang pada komputer, laptop maupun notebook,
  • External atau diluar perangkat.

Sekarang ukuran dari HDD ini semakin besar, apalagi untuk komputer server yang butuh menyimpan data yang besar.

Solid-State Drive atau SSD

Sama juga seperti HDD, Solid-State Drive ini juga merupakan perangkat keras komputer dan fungsinya juga menyimpan data. Perbedaannya terletak pada komponen pembuatnya dan juga lebih cepat daripada HDD.

Gambar Solid State Drive atau SSD

Gambar Solid State Drive atau SSD | YouTube

Jenis SSD pun ada dua :

  • External
  • Internal

Optical Disc Drive atau ODD

Gambar Optical Disc Drive atau ODD

Gambar Optical Disc Drive atau ODD | Wikipedia

Untuk perangkat keras komputer yang satu ini berfungsi untuk membaca ataupun menulis data dari komputer ke optical disc maupun sebaliknya. Ada berbagai jenis dari optical disc drive ini, seperti :

  • CD-Rom
  • DVD-Rom
  • BD-Rom

Masing-masing memiliki fungsi untuk membaca dan menulis optical disc yang sesuai.

Power Supply

Gambar Power Supply

Gambar Power Supply | newegg.com

Untuk perangkat keras komputer yang satu ini berfungsi sebagai penghantar listrik ke seluruh hardware yang ada di komputer. Ada berbagai pilihan kapasitas daya yang dimiliki oleh power supply, tergantung spesifikasi komputer yang Kamu miliki.

Casing

Komponen yang saling terhubung untuk membentuk sebuah komputer biasa tersimpan pada suatu wadah atau tempat yang biasa disebut dengan nama casing. Hardware yang satu ini memiliki bentuk yang beragam sesuai kebutuhannya.

Gambar Casing PC

Casing PC

Berikut merupakan jenis jenis casing yang biasa digunakan oleh banyak orang :

  • Casing Full-Tower
  • Casing Mid-Tower
  • Casing Mini-Tower
  • Slim Casing
  • Desktop PC Casing
  • Casing Server

Keyboard

Untuk yang satu ini merupakan perangkat keras komputer dan fungsinya adalah untuk memasukkan perintah yang diberikan oleh manusia kepada komputer. Lebih tepatnya, perintah ini dimasukkan ke komputer melalui huruf dan angka.

Gambar Keyboard Komputer dan Fungsinya

Gambar Keyboard Komputer dan Fungsinya | PCMag

Jika dulu perintah yang dimasukkan ke komputer cukup rumit, sekarang fungsi dari keyboard bisa bermacam-macam perintahnya.

Mouse

Gambar Mouse Komputer

Gambar Mouse Komputer atau Tetikus | Amazon

Mouse atau tetikus ini fungsinya adalah untuk memasukkan berbagai data dan perintah ke dalam komputer menggunakan kursor.

Monitor

Di zaman sekarang, segalanya lebih mudah ketika ada visual. Untuk menampilkan visual atau gambar yang diproses dalam komputer digunakan sebuah layar monitor. Jika zaman dahulu, layar monitor masih berupa layar tabung, semakin berkembangnya zaman, sekarang hampir semua komputer sudah menggunakan layar LED.

Gambar Monitor Komputer

Gambar Monitor Komputer | LG

Tanpa adanya layar monitor, Kamu ga bisa menggunakan komputer dengan maksimal. Karena komputer sekarang merupakan perangkat yang user interface. Monitor berfungsi untuk menampilkan visual yang diproses dalam komputer.

Perangkat Keras Komputer Peripheral

Perangkat keras komputer ada berbagai macam, jika tadi Kamu sudah lihat dan mengetahui berbagai hardware yang penting dan seringkali ada pada komputer, sekarang Pena kecil akan berbagi dengan kalian tentang perangkat keras komputer peripheral.

Apa itu peripheral / periferal?

  • Peranti komputer yang dihubungkan dengan prosesor seperti pencetak dan penggerak disket (Kamus Besar Bahasa Indonesia)
  • Berbagai perangkat keras yang sengaja dihubungkan ke komputer untuk meningkatkan kegunaan dari komputer, Wikipedia

Di sini Pena kecil akan berbagi dengan kalian berbagai jenis perangkat keras komputer peripheral. Lengkapnya tentang perangkat keras komputer peripheral dan fungsinya ada di bawah sini ya!

Headphone atau Headset

Suara yang terproses dalam komputer tidak akan bisa terdengar keluar jika tidak ada perangkat keras komputer peripheral ini. Ya! Headphone atau Headset ini berfungsi untuk mengeluarkan suara yang diproses di dalam komputer.

Headset Razer Tiamat

Headset Razer | Razer

Jangkauan yang dimilikinya terbatas, hanya area yang tertutupi saja yang bisa mendengar suara yang dihasilkan. Namun, semua itu tergantung dari pengaturan volume suara yang ditentukan.

Printer

Pada saat ini berbagai tugas sudah dikerjakan dengan komputer. Berbagai file diketik dengan aplikasi software komputer yang banyak tersedia dan compatible dengan sistem operasi komputer yang Kamu miliki.

Epson Printer

Perangkat Keras dan Fungsinya, Printer | PCMag

Perangkat keras yang diperlukan untuk mencetak file atau tugas yang Kamu kerjakan adalah printer. Ada jenis jenis printer dan fungsinya itu digunakan oleh banyak orang maupun di kantoran dan urusan komersil. Apa saja itu?

Inilah jenis jenis printer yang umum digunakan :

  • Printer InkJet
  • Printer LaserJet
  • Printer Dot Matrix
  • Printer Solid Ink
  • Printer Portable
  • Plotter

Jenis jenis printer di atas dibedakan tergantung jenis tinta yang digunakan dan juga fungsinya.

Scanner

Gambar Scanner

Gambar Scanner

Fungsi dari scanner ini adalah untuk memindai ataupun menyalin suatu tulisan ataupun objek. Setelah dipindai, maka file akan disimpan dalam ekstensi image seperti .JPG, .PNG, atau .BMP. Tapi, bisa juga disimpan dalam ekstensi text seperti .doc ataupun .pdf.

Speaker

Speaker

Speaker | Logitech

Memiliki fungsi yang sama dengan headphone ataupun headset yaitu mengeluarkan suara. Namun, suara yang dihasilkan bisa didengarkan oleh orang banyak, tidak seperti headphone. Jangkauan yang dimiliki oleh benda ini lebih luas.

Lagipula speaker ini merupakan perangkat keras komputer yang dipasang lebih dari satu. Biasanya terdiri dari satu subwoofer dan dua speaker. Ada juga yang lebih dari itu.

Zaman sekarang, sudah banyak speaker yang sudah termasuk mp3 player di dalamnya, sudah bisa memainkan lagu dari memory card, ada yang sudah terpasang radio dan bluetooth juga.

Penutup

Itulah yang bisa dibagikan oleh Pena kecil tentang berbagai perangkat keras komputer dan fungsinya. Ada banyak perangkat keras komputer dengan fungsinya yang berbeda-beda. Semua perangkat keras harus terhubung antar satu dengan lainnya agar berfungsi dengan baik.

Komputer itu sendiri bisa dikatakan perangkat keras, karena semua perangkat keras terhubung agar menjadi sebuah komputer. Jadi butuh beberapa perangkat keras untuk membuat sebuah komputer. Dan juga perangkat keras yang dibutuhkan beragam, tergantung kita ingin membuat komputer untuk keperluan yang kita butuhkan.

Semoga bermanfaat apa yang sudah dibagikan di atas. Pena kecil pamit!

Wassalam…

%d blogger menyukai ini: