√ Sejarah Perkembangan Komputer, dari Generasi Pertama Hingga Saat Ini

Ad Blocker Detected

Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker.

Komputer merupakan sebuah mesin yang bisa membantu kegiatan manusia sehari-hari. Tapi bagaimana bisa komputer masuk ke dalam kehidupan manusia dan menjadi kebutuhan? Pena kecil akan membahas tentang sejarah perkembangan komputer, dari komputer generasi pertama hingga saat ini.

Sejarah Perkembangan Komputer

Office Desk

Photo by Pixabay

Komputer yang kita tau sekarang, dulunya itu ribet. Udah tau kan dari penjelasan di atas yang mengungkapkan sedikit komputer pada masa awalnya.

Baca Juga : Pengertian Komputer

Disini Pena Kecil bakalan kasih tau kalian semua, komputer dari generasi pertama sampai generasi yang sekarang yaitu generasi kelima. Makanya stay here ya…

Komputer Generasi Pertama

First Generation Computer

UNIVAC, Termasuk Dalam Komputer Generasi Pertama | Source : Wikipedia

Sejarah singkat komputer generasi pertama adalah saat pertama kalinya, komputer merupakan mesin untuk menghitung aritmatika. Lalu berkembang hingga akhirnya bisa untuk menghitung operasi yang lebih kompleks daripada aritmatika. Dan dari segi ukurannya, komputer di generasi pertama itu “super” besar.

Bentuknya ga kita kenal kayak komputer zaman sekarang, lebih mirip lemari yang banyak kabelnya. Beratnya juga ga ringan, tapi bisa sampe Ton untuk ukuran beratnya. Contoh komputer generasi pertama yaitu ENIAC, yang sekitar 27 ton beratnya, berat deh pokoknya kalian ga akan kuat, biar mereka aja…

Komputer generasi pertama ini dibentuk, didesain dan diciptakan sekitar tahun 1940 – 1956, bukan ba’da isya ya, itu tahun -,-

Komputer-komputer ini komponen awalnya menggunakan tabung hampa udara atau biasa disebut vacuum tubes sebagai sirkuit dan drum magnetik untuk memorinya. Alhasil, ukurannya jadi sangat besar, benar-benar memenuhi ruangan dan menghabiskan banyak uang untuk pengoperasiannya.

Komponen tersebut adalah komponen yang sangat tidak efisien. Sudah menghasilkan panas yang banyak, butuh listrik dalam daya yang besar, dan juga biaya yang tinggi. Tapi dari panas yang banyak itu membuat komponennya jadi mengalami rusak yang berkelanjutan.

Komputer generasi pertama ini mengandalkan bahasa mesin, dimana bahasa mesin adalah bahasa pemrograman dasar yang dimengerti oleh komputer. Komputer-komputer ini terbatas untuk memecahkan suatu masalah pada satu waktu.

Input atau masukan komputer ini adalah kartu berlubang dan juga pita kertas. Sedangkan keluaran outputnya adalah data print-out.

Komputer Generasi Kedua

Komputer Generasi Kedua

Komputer Transistor Merupakan Komputer Generasi Kedua | Source : Wikipedia

Lalu sejarah perkembangan komputer berikutnya menuju ke komputer generasi kedua. Pergantian vacuum tubes oleh transistor merupakan awal kemunculan dari komputer generasi kedua (1956 – 1963). Meskipun transistor ditemukan pada tahun 1947, ia digunakan untuk komputer sekitar akhir 1950an.

Transistor merupakan sebuah perbaikan yang besar untuk menggantikan vacuum tubes, walaupun masih merusak komputer akibat panasnya. Namun, transistor jauh lebih baik dibandingkan vacuum tubes. Penggunaan transistor pada komputer jadi lebih murah, lebih cepat, lebih kecil dan juga lebih hemat daya listrik.

Untuk input dan outputnya, komputer ini masih sama dengan komputer generasi pertama yaitu menggunakan kartu berlubang. Pada komputer generasi kedua bahasa mesin diganti dengan bahasa assembly.

Bahasa pemrograman yang digunakan kali ini adalah bahasa assembly (simbol), sudah meningkat dibandingkan dengan bahasa mesin atau binary. Itu artinya programmer bisa membuat instruksi menggunakan kata-kata. Dan juga bahasa pemrograman tingkat tinggi sedang dikembangkan, disinilah awal mula COBOL dan FORTRAN.

Mesin yang digerakkan oleh transistor ini adalah yang pertama yang menyimpan instruksi ke dalam memori. Teknologinya juga beralih dari drum magnetik ke inti magnetik atau magnetic core. Versi awal teknologi ini dikembangkan untuk industri energi atom.

Pengertian Komputer Generasi Ketiga

IBM Personal Computer

Komputer Generasi Ketiga, Pabrikan IBM | www.pcgamer.com

Di fase ini, ciri komputer generasi ketiga (1964 – 1971) adalah transistor diperkecil ukurannya lalu ditaruh pada chip silikon yang disebut semikonduktor. Hal ini menyebabkan peningkatan yang besar dalam kecepatan dan efisiensinya. Di generasi ini lah komputer mulai menggunakan keyboard dan monitor yang dihubungkan dengan menggunakan sistem operasi.

Baca Juga : Jenis Jenis Komputer

Hal ini merupakan sebuah lompatan besar dari kartu berlubang dan print-out. Komputer generasi ketiga bisa menjalankan beberapa aplikasi, dengan menggunakan program pusat yang berfungsi untuk memonitor memori. Dengan perkembangan teknologi ini membuatnya menjadi lebih murah dan lebih kecil ukurannya.

Pada komputer generasi ketiga juga sudah terdapat disket / diskette untuk berbagi data dengan lebih ringkas dan cepat.

Contoh komputer generasi ketiga bisa dilihat pada list di bawah ini :

  • IBM-360 Series,
  • Honeywell-6000 Series,
  • PDP (Personal Data Processor),
  • TDC-316,
  • IBM-370/168.

Komputer Generasi Keempat

Komputer generasi keempat

Microprocessor Intel 4004 Digunakan untuk Komputer Generasi Keempat | Soucre : Intel

Kalo semikonduktor itu adalah suatu lompatan besar dari komputer generasi pertama dan kedua. Di komputer generasi keempat (1972 – 2010), semakin disempurnakan. Disaat inilah, sejarah perkembangan komputer menggunakan mikroprosesor.

Dimana saat ini, Intel sebuah perusahaan yang membuat mikroprosesor membuat sebuah revolusi. Pada tahun 1971, Intel memperkenalkan chip Intel 4004, dimana Intel 4004 ini memuat semua komponen komputer (CPU, memori, kontrol input/output) ke dalam sebuah chip. Sebagai contoh, mungkin kalian lebih familiar dengan Intel Core 2 Duo.

Kalo pas tahun 1940an semua komponen komputer bisa memenuhi sebuah ruangan, kini semua komponen itu ada di dalam genggaman tangan. Chip Intel memuat ribuan sirkuit terintegrasi atau integrated circuit (IC). Pada tahun 1981 pertama kalinya ada komputer (IBM) yang bisa digunakan untuk dirumah. Lalu di tahun 1984 Machintos diperkenalkan oleh Apple.

Contoh komputer generasi keempat yang di dalamnya terdapat microprocessor, yaitu :

  • STAR 1000,
  • DEC 10,
  • CRAY-X-MP(Super Computer),
  • PDP 11,
  • CRAY-1 (Super Computer).

Mikroprosesor bahkan berkembang lebih jauh lagi. Tidak hanya untuk komputer, sudah banyak barang elektronik yang sudah memiliki mikroprosesor. Seperti yang hampir kita semua punya seperti, smartphone, mobil, motor, televisi, kulkas, bahkan mesin cuci.

Tidak hanya dalam benda yang sering kita gunakan sehari-hari. Mikroprosesor juga banyak ditanamkan diberbagai benda yang berfungsi khusus, salah satu contohnya yaitu robot.

Dikarenakan mikroprosesor juga, komputer yang tadinya hanya bisa dipakai dirumah atau diruangan kantor, jadi bisa kita bawa kemanapun. Bahkan, laptop yang kita tau sekarang ga cuma buat membantu pekerjaan, ada juga laptop yang dikhususkan untuk gaming.

Baca Juga : Pengertian CPU

Komputer Generasi Kelima

Gaming Laptop

Laptop Merupakan Komputer Generasi Kelima | dell.com

Berlanjut lagi tentang sejarah perkembangan komputer, memasuki komputer generasi kelima. Dengan semakin berkembangnya teknologi dan mikroprosesor, akhirnya komputer generasi kelima (2010 – Sekarang) dikukuhkan. Ciri komputer generasi kelima adalah sudah semakin berkembangnya teknologi dan juga berbagai komponen penyusun komputer.

Pada generasi kelima ini mulai masuknya Artificial Intelegent (AI) atau kecerdasan buatan. Walaupun AI masih dikembangkan, tetapi beberapa teknologi ini mulai muncul dan digunakan. Seperti halnya, pengenalan suara, Augmented Reality, dan juga Virtual Reality.

AI adalah kenyataan yang dimungkinkan dengan pemrosesan paralel dan superkonduktor. Pandangan di masa depan, komputer akan berubah secara lebih radikal lagi oleh komputasi kuantum, teknologi molekuler, dan teknologi nano.

Penutup

Begitulah tentang sejarah perkembangan komputer mulai dari komputer generasi pertama hingga saat ini. Yang tadinya komputer generasi pertama memiliki ukuran yang sangat besar, saat ini komputer bisa kita bawa kemana-mana.

Semoga artikel yang dibahas oleh Pena kecil di atas bisa bermanfaat bagi kalian ya. Pena kecil pamit!

Wassalam…

%d blogger menyukai ini: