√ Sejarah Pramuka Indonesia dan Dunia [Lengkap]

Ad Blocker Detected

Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker.

Seperti yang diketahui, pramuka yang merupakan singkatan dari Praja Muda Karana di Indonesia, merupakan kegiatan positif untuk membangun para pemuda di Indonesia. Tapi bagaimanakah sejarah pramuka di Indonesia maupun di dunia? Pena kecil akan membahas selengkapnya di sini.

Pengertian Pramuka

Sejarah Gerakan Pramuka Indonesia

Gerakan Pramuka Indonesia | Wikipedia

Kegiatan pramuka tentu sudah sangat dikenal oleh masyarakat Indonesia. Pramuka memberikan banyak pengalaman kepada calon penerus bangsa. Kegiatan pramuka dapat dilakukan di luar ruangan maupun outdoor. Tentu, hal inilah yang menjadi pramuka lebih menarik.

Menurut Joko Mustiho, Pramuka adalah proses pendidikan yang dilakukan di luar lingkungan dari sekolah untuk menjalankan kegiatan yang menarik, terarah, teratur, sehat dan menyenangkan dengan menggunakan prinsip kepramukaan dalam membentuk watak peserta.

Menurut Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Tahun 2014, pramuka adalah proses pendidikan bagi anak muda yang menyenangkan, dengan tanggung jawab anggota dewasa serta di lakukan di luar lingkungan sekolah dengan menggunakan metode pendidikan tertentu.

Bapak Pramuka Dunia

Bapak Pramuka Dunia

Lord Baden Powell, Bapak Pramuka Dunia | Flickr

Sudahkah Kamu mengenal bapak pramuka dunia? Robert Stephenson Smyth Baden-Powell atau dikenal dengan Lord Baden Powell merupakan bapak Pramuka Dunia.

Dirinya ialah orang yang pertama kali mempelopori adanya gerakan pramuka di dunia. Merupakan seorang tentara asal Inggris yang sangat menyukai kegiatan outdoor.

Dalam sejarah pramuka dunia, Lord Baden Powell memiliki kebiasaan untuk merangkum pengalaman mengenai latihan kepanduan dan menghasilkan buku dengan judul “ Scouting For Boys” pada 24 Januari 1908.

Pada tanggal 25 Juli 1907, pada sejarah pramuka dunia beliau mengajak sekitar 21 orang pemuda ke pulau Brownsea di Dorsetshire dimana mereka berencana akan berkemah. Dengan bantuan instruktur yang lainnya, beliau mengajarkan para pemuda itu tentang berkemah, observasi, deduksi, kerajinan tangan, patriotisme dan lainnya.

Pada tahun 1918 kemudian mendirikan organisasi Rover Scout dan menggunakan buku tersebut sebagai dasar panduannya. Inilah yang menjadi pelopor sejarah berdirinya pramuka di dunia.

Sejarah Pramuka Indonesia

Lambang Gerakan Pramuka Indonesia

Lambang Gerakan Pramuka Indonesia | Wikipedia

Sejarah Pramuka di Indonesia, juga berkembang dengan cukup cepat. Gerakan Pramuka Indonesia lahir pada tahun 1969 dengan merujuk pada Keppres RI No. 112 Tahun 1969 Mengenai Panitia Pembantu Pelaksana Pembentukan Gerakan Pramuka.

Kemudian, pada 14 Agustus 1961 organisasi ini diperkenalkan secara resmi kepada masyarakat. Hal inilah yang membuat banyak masyarakat menjadi mengenal pramuka.

Tentu, sudah sejak lama pramuka hadir untuk mempersiapkan calon penerus bangsa Indonesia. Sejarah pramuka Indonesia harus di pahami oleh semua lapisan masyarakat.

Bapak Pramuka Indonesia

Bapak Pramuka Indonesia

Bapak Pramuka Indonesia | Tempo

Pada saat zaman perjuangan, Sri Sultan Hamengkubuwono ke IX selalu menjunjung seluruh nilai kepanduan yang selalu ia ikuti dengan semangat sedari muda. Pada sekitar tahun 1960, beliau sudah menjadi seorang Pemimpin Kepanduan yang biasa dipanggil dengan Pandu Agung.

Lalu sekitar setahun setelah menjadi Pandu Agung, Sultan Hamengkubuwono IX mencoba menyatukan seluruh organisasi kepanduan yang ada di Indonesia. Bahkan Presiden Soekarno berkonsultasi dengan beliau untuk menyatukan organisasi kepanduan dan pengembangannya.

Dalam masa peralihan dari “kepanduan” ke “kepramukaan”, beliau memiliki peran besar dalam kesuksesannya. Bahkan, kalangan internasional pun mengapresiasi hasil kerja keras beliau.

Hingga akhirnya pada saat Musyawarah Nasional (Munas) yang berlangsung di Dili pada tahun 1988, Gerakan Pramuka mengukuhkan Sri Sultan Hamengkubuwono XI sebagai Bapak Pramuka Indonesia.

Lambang Pramuka

Tunas Kelapa dasar Lambang Gerakan Pramuka Indonesia

Tunas Kelapa dasar Lambang Gerakan Pramuka Indonesia | Wikipedia

Dalam memahami pramuka, Kamu harus tahu mengenai lambang yang digunakan dalam organisasinya. Tidak peduli Kamu sudah memiliki lambang pramuka penggalang, siaga, atau penegak. Ternyata lambang dari Gerakan Pramuka yaitu berbentuk bayangan tunas kelapa.

Baca Juga : Jenis – Jenis Kelapa

Berikut penjabaran lambang pramuka:

  • Buah kelapa dalam keadaan tumbuh menunjukkan kelangsungan hidup bangsa
  • Buah kelapa tahan lama, mengandung arti orang pramuka sehat jasmani dan rohani.
  • Kelapa dapat tumbuh di berbagai jenis tanah, orang pramuka dapat beradaptasi.
  • Kelapa tumbuh menjulang tinggi, setiap orang pramuka memiliki cita-cita tinggi.
  • Akar kelapa kuat, pramuka berpegang pada dasar yang sangat kuat.
  • Kelapa pohon serbaguna, pramuka berguna bagi bangsa,masyarakat dan agama.

Kegiatan Pramuka

Kegiatan Pramuka

Kegiatan pramuka didasari atas metode pembelajaran yang lebih aktif dan menunjung tinggi nilai kesatuan. Seperti halnya dalam melakukan pekerjaan secara bersama-sama dan memberikan edukasi kehidupan dengan benar. Adapun beberapa kegiatan pramuka antara lain:

Pramuka siaga

Atribut Pramuka Siaga Putra

Atribut Pramuka Siaga Putra | pramukaria.blogspot.com

  • Permainan bersama
  • Pameran siaga
  • Pasar siaga
  • Karnaval pramuka
  • Perkemahan satu hari
  • Darmawisata
  • Pentas seni

Pramuka Penggalang

Atribut Pramuka Penggalang Putra

Atribut Pramuka Penggalang Putra | pramukaria.blogspot.com

  • Jambore
  • Lomba Tingkat
  • Gladian Pimpinan Regu
  • Penjelajahan
  • Karnaval
  • Pameran pramuka
  • Latihan bersama
  • Perkemahan

Pramuka Penegak dan Pandega

Atribut Pramuka Penegak Putra

Atribut Pramuka Penegak Putra | pramukaria.blogspot.com

  • Raimuna
  • Galdian Pimpinan Satuan
  • Perkemahan Wirakarya
  • Perkemahan bakti
  • Pengembaraan
  • Latihan Kepemimpinan
  • Kursus Instruktur Muda

Tujuan Pramuka

Lambang Pramuka

Lambang Pramuka Dunia Tahun 1920 – 1939 | Wikipedia

Gerakan Pramuka ada bukan tanpa tujuan. Tentu, tujuan mulia yang dihadirkan oleh gerakan Pramuka untuk mendidik calon genarasi penerus bangsa yang lebih berkompeten. Untuk membentuk penerus bangsa yang baik memang tidaklah mudah, melainkan banyak proses yang harus dilalui.

Beberapa tujuan pramuka antara lain:

Membentuk Kepribadian dan Akhlak Mulia

Tujuan Pramuka

Umumnya, setiap peserta pramuka memang sudah bersekolah. Namun, untuk membentuk kepribadian serta akhlak mulia tidak hanya di sekolah saja. Salah satunya yaitu dengan mengikuti kegiatan pramuka.

Kegiatan ini sangat baik untuk di ikuti oleh semua lapisan masyarakat. Terlebih, untuk mereka yang masih dalam masa pertumbuhan. Lebih mudah untuk menanamkan kepribadian yang berakhlak mulia.

Akhlak mulia berkaitan langsung dengan kehidupan sehari-hari. Nantinya, semua yang mengikuti pramuka akan memiliki sikap mulia yang lebih baik. Dengan begitu, dapat membantu sesama tanpa membeda-bedakan satu sama lainnya.

Tentu, tujuan inilah yang menjadi dasar untuk pergerakan Pramuka lebih baik lagi.

Menanamkan Rasa Nasionalisme

Tujuan Pramuka

Di era sekarang, rasa nasionalisme sudah cukup kurang. Anak-anak saat ini justru kebanyakan hanya gemar menggunakan smartphone dan lalai akan belajarnya. Rasa nasionalisme dapat di berikan melalui kegiatan pramuka yang memiliki hal tersebut.

Menanamkan rasa nasionalisme sejak dini sangat diperlukan.  Terlebih, untuk generasi muda yang lebih baik dan berkembang, maka diharuskan untuk memiliki rasa nasionalisme. Pramuka mengajarkan bagaimana seseorang mencintai negaranya dengan rasa semangat dan perjuangan yang lebih tinggi melalui banyak cara.

Meningkatkan Keterampilan Calon Pemimpin Bangsa

Tujuan Pramuka

Keterampilan yang dimiliki jika tidak diasah tentu akan menjadi biasa saja atau bisa jadi hilang begitu saja. Karena itu, sangat penting untuk melakukan peningkatan keterampilan calon pemimpin bangsa. Adanya hal ini sebagai salah satu cara untuk memperkuat negara kedepannya.

Ketrampilan menjadi modal penting dalam membuat negara menjadi lebih maju.

Saat ini, daya saing terhadap bangsa lain kian menurun. Untuk itu, para generasi muda harus memiliki keterampilan agar dapat bersaing secara internasional. Sudah saatnya untuk para calon pemimpin bangsa memiliki keterampilan yang baik.

Salah satu cara untuk meningkatkan keterampilan para generasi muda adalah dengan mengikuti dan memahami materi pramuka yang sangat bermanfaat baik untuk individu serta masyarakat.

Fungsi Pramuka

Seragam Pembina Pramuka

Untuk menyukseskan tujuan dari pramuka, maka langkah fungsi tersebut sangat diperlukan. Keterkaitan dari kedua hal ini sangat mempengaruhi calon penerus bangsa berikutnya. Dengan menajalankan fungsi ini, maka dapat dipastikan untuk kedepannya menjadi lebih baik. Beberapa fungsi pramuka antara lain:

Pengabdian Bagi Orang Dewasa

Fungsi Pramuka

Orang dewasa tidak terlambat untuk ikut mengabdi kepada nusa dan bangsa. Salah satu cara yang dapat di tempuh yaitu dengan menggikuti kegiatan pramuka. Kegiatan pramuka sudah seharusnya di emban oleh mereka yang berpengalaman dan memiliki jiwa ikhlas, rela serta mau mengabdi.

Melalui kegiatan pramuka, sampaikan hal yang seharusnya dilakukan oleh kaum muda!

Generasi muda tidak boleh diam dalam lingkaran yang begitu saja. Tetapi harus mencoba untuk memajukan bangsa. Kegiatan pramuka sangat penting sebagai pengabdian dan memberikan edukasi sesuai pada fungsinya. Jangan jadikan umur penghalang untuk mengabdi kepada bangsa dan negara!

Alat Bagi Masyarakat dan Organisasi

Fungsi Pramuka

Pramuka jelas memiliki banyak fungsinya. Salah satunya yaitu menjadi bagi masyaakat dan organisasi kepramukaan. Dalam setiap kegiatan yang berkaitan dengan pramuka maka dapat ikut serta untuk membantu mewujudkan tujuannya. Bersama-sama mewujudkan tujuan untuk menjadi lebih baik baik dalam masyarakat maupun organisasi.

Terlebih, di lingkungan masyarakat yang sudah sangat seharusnya ikut serta setiap kegiatan.

Hal ini juga sebagai bagian dari menjalankan kewajiban masyarakat Indonesia yaitu bersosialisasi. Untuk tujuan yang baik, jangan pernah ragu dalam menjalankannya. Wujudkan Pramuka untuk masyarakat dan negara!

Kegiatan Menarik Bagi Anak atau Pemuda

Tidak heran, jika banyak yang ingin ikut serta dalam kegiatan pramuka. Mengapa begitu? Karena, pramuka merupakan kegiatan yang menarik dan unik bagi generasi muda. Kegiatan ini tidak selalu bersifat formal. Terlebih, untuk manfaat yang dihasilkan sangatlah baik yaitu untuk membuat individu menjadi pribadi lebih baik.

Fungsi Pramuka

Tujuan dari kegiatan pramuka juga jelas dan sangat terarah. Selain itu, tidak menentang aturan dari kenegaraan. Kegiatan dilangsungkan dengan menghibur, menyenangkan dalam semua lapisan umur. Jadi, tidak harus disesuaikan pada umurnya. Keterkaitannya dapat disambungkan untuk membangun relasi menjadi lebih baik.

Manfaat pramuka

Di sisi lain, kegiatan pramuka juga memiliki banayk sekali manfaatnya. Sebagai calon penerus bangsa tentu harus mengikuti pramuka. Bahkan pramuka termasuk dalam ekstrakurikuler wajib di beberapa sekolah. Karena, memang manfaat yang diberikan dari adanya kegiatan pramuka sangatlah melimpah. Apa saja manfaatnya? Berikut manfaat pramuka antara lain:

Pribadi Yang Lebih Mandiri

Dalam menjalani kehidupan memang membutuhkan satu sama lainnya. Namun, tidak mungkin untuk hal yang sederhana saja tidak dapat dilakukan. Untuk itu, sangat penting untuk memulai pembekalan dan menyiapkan segalanya sejak dini. Dengan mengikuti kegiatan pramuka kamu akan di ajarkan bagaimana menjalani kehidupan.

Seperti halnya untuk mengerjakan kebutuhan sendiri yaitu memasak, mencuci alat makan sampai dengan memebersihkan tempat tidur. Semua hal akan di pelajari sedcara bersama dan sangat menyenangkan melalui kegiatan pramuka. Tentu, hasilnya akan menjadi pribadi yang lebih baik.

Peduli Lingkungan

Tidak jarang, memang kegiatan pramuka di laksanakan pada lingkungam alam. Hal ini juga untuk membantu sikap kepedulian terhadap lingkungan sekitar. Dengan begitu, akan memahami bagaimana cara menjaga alam yang seharusnya menjadi sahabat. Karena alam tidak butuh manusia, melainkan manusia yang membutuhkan alam !

Belajar peduli lingkunagn dengan tidak mengotori lingkungan sekitar. Jangan rusak alam karena malas membuang sampah. Dalam kegiatan pramuka, pembelajaran seperti ini penting untuk bersama sama dalam memberikana alam yang lebih berkualitas. Terlebih, di negara indonesia yang memiliki banyak alam.

Belajar Bekerjasama

Sangat penting, dalam menjalani kehidupan ini harus bekerjasama. Karena, sejatinya manusia memang makhluk sosial. Namun, bekerjasama dalam hal-hal yang baik. Dalam mengikuti kegiatan pramuka, mungkin kamu akan bertemu dengan banyak orang yang memiliki karakter berbeda-beda. Justru, inilah kesempatan yang harus dijalani.

Bagi kamu yang mungkin memiliki rasa malu ataupun susah bergaul, maka sudah saatnya hilangkan secara perlahan. Dengan mengikuti kegiatan pramuka maka akan bermanfaat kedepannya. Bertemu dengan banyak orang dan menjalin relasi sangat penting untuk mewujudkan cita-citamu. Jangan sia-saiakan waktu yang ada !

Gotong Royong

Kegiatan pramuka tentu kerap kali dibagi menjadi beberapa kelompk. Mengapa demikian? Salah satu alasannya yaitu untuk mendorong jiwa bergotong royong secara bersama-sama. Termasuk saat sedang membuat tenda tentu tidak bisa secara bersamaan. Maka dari itu, dilakukan bersama-sama untuk kemudian di tempat bersama pula.

Hal ini merupakan bentuk hasil dari gotong royong yang dilakukan. Adanya keterkaitan jiwa satu dengan lainnya sangat baik jika di implementasikan pada kehidupan bermasyarakat. Menyelesaikan persoalan secara bersama sama untuk hasil yang lebih baik dan pasti !

Penutupan

Itulah pembahasan lengkap sejarah pramuka sampai pada manfaatnya. Dengan begitu, kamu sudah mengetahui bahwa pramuka memiliki banyak sekali manfaat, tujuan dan fungsinya. Kini, sudah saatnya calon penerus bangsa berjuang untuk kemajuan bangsa. Semoga artikel ini bermanfaat !

%d blogger menyukai ini: