Sepeda Balap, Pengertian dan Fungsi dari Berbagai Jenisnya [LENGKAP]

Penjelasan Lengkap Tentang Sepeda Balap

Sepeda Balap — “Kring, kring, kring ada s’peda, s’peda ku roda dua, kudapat dari ayah karena rajin bekerja” Lagu itu saat kecil sangat terkenal, hampir setiap hari terdengar lagu itu. Sepeda merupakan alat transportasi yang paling mudah dan paling banyak digunakan.

Sepeda juga sebagai alat transportasi yang biasanya diajarkan pertama kali oleh para orang tua. Kendaraan roda dua ini juga merupakan moda transportasi yang hemat, ramah lingkungan dan positifnya lagi bikin sehat.

Ada banyak jenis sepeda yang ada di dunia dan biasa dipakai oleh orang. Sepeda ini dibedakan menurut fungsinya. Ada sepeda balap, MTB, Downhill, BMX dan lain sebagainya.

Pena Kecil akan bahas salah satu jenis dari sepeda yang udah disebutin di atas tadi, cekidot! 😀

Definisi dari Sepeda Balap atau Road Bike

Sepeda Balap
Balapan Sepeda Menggunakan Sepeda Balap yang Khusus

Kalo dari namanya sih harusnya kalian udah mengira ya, sepeda ini dikhususkan untuk balap. Tapi ternyata, sepeda balap ini atau biasa dikenal juga dengan road bike, tidak selalu digunakan untuk balapan. Kalian bisa gunakan road bike ini untuk olahraga pagi, untuk ke kantor atau kampus atau sekolah, untuk olahraga sore, untuk banyak hal deh pokoknya.

Ga harus terpaku dengan namanya sepeda balap, kalian cuma bisa gunakan untuk balapan. Ga kok sebenernya mah hehe

Sepeda balap atau road bike ini hanya nyaman digunakan di kontur jalan yang beraspal. Tapi bisa juga di jalan campuran antara aspal dan kerikil, jalan beton juga oke kok. Tapi jangan maen ke tanah ya, ga cocok untuk sepeda ini.

Jalanan yang berkontur halus, lebih baik untuk menggunakan sepeda ini. Karena bannya yang tipis, bisa berbahaya jika digunakan pada jalan yang berlubang.

Ada yang mendeskripsikan sepeda balap ini dibuat untuk berkendara dengan cepat di jalan beraspal. Ada juga yang mendeskripsikan sesuai dengan namanya, yaitu sepeda untuk balapan.

Untuk lebih jelasnya tentang berbagai jenis dari road bike ini, Pena Kecil jabarkan untuk kalian tentang jenis-jenis dari road bike dan juga fungsinya.

Berbagai Jenis Sepeda Balap Beserta Fungsinya

Sepeda Pertama di Dunia
Celerifere, Sepeda Pertama

Secara umum, jenis sepeda ada berbagai macam. Dibagi dengan macamnya juga tergantung fungsi dari sepedanya. Tidak hanya secara umum, sepeda balap juga memiliki jenis yang dibedakan tergantung fungsinya.

Berikut adalah jenis-jenis dari sepeda balap atau road bike yang ada tergantung fungsinya.

Road Bike Track

Road Bike Track
Sepeda Balap Track

Sepeda balap yang satu ini sebenarnya untuk digunakan dalam track khusus. Untuk tracknya adalah lintasan balap yang memutar atau biasa disebut dengan Velodrome. Untuk di Indonesia, ada lintasan balap ini di daerah Rawamangun, Jakarta.

Bentuk dari Velodrome ini hanya memutar saja, mirip dengan lintasan yang digunakan oleh balap mobil Nascar. Sepeda ini hanya memiliki satu buah gear atau hanya memiliki satu buah percepatan saja. Sedangkan sepeda yang lainnya memiliki beberapa percepatan.

Pada sepeda ini tidak disertai dengan mekanisme shifting, sprocket dan juga crank multispeed. Sepeda ini hanya mempunyai satu crank dengan single chainring dan juga sprocket dengan single gear atau cog.

Mungkin untuk yang memang awam akan sepeda masih bingung dengan istilah-istilah di atas. Mudahnya, mungkin kalian mengenal yang namanya Fixie atau Fixed Gear yang sempat booming beberapa waktu lalu.

Sepeda Fixie tidak bisa diatur percepatannya seperti MTB. Begitulah hal yang ada di dalam road bike track ini. Sebenarnya Fixie merupakan road bike track.

Road bike track dan fixie sama-sama menggunakan gear fixed. Dimana gear fixed merupakan gear yang jika kita gowes ke depan dia akan maju, ketika kita gowes ke belakang ya sepedanya mundur hehe

Sepeda ini tidak memiliki rem. Karena mekanismenya yang menggunakan gear fixed ini, rem tidak begitu diperlukan. Kecepatan harus benar-benar diatur oleh gowesernya sendiri.

Tapi jangan keseringan injek pedal ke belakang ya pas lagi kenceng. Santai aja gowesnya kalo emang ga balapan. Nanti bannya cepet habis hahaha

Ga semua sepeda jenis ini tidak menggunakan rem. Ada juga yang memang lebih menyukai dengan menekan rem, dibandingkan dengan menginjak pedal ke belakang. Biasanya rem dipasang untuk roda bagian depan.

Buat kalian yang masih bingung sepedanya yang kayak gimana sih, akan dimunculkan gambarnya di bawah sini nih.

Fixie
Sepeda Fixie Masih Kerabat dari Road Bike Track

Standard Road Bike

Road Bike
Standard Road Bike

Kalo tadi udah dikasih tau tentang road bike yang emang digunakan dalam track khusus, sekarang ini merupakan road bike yang standar. Sepeda yang satu ini biasa ditemui pada jalan umum di sekitar kita.

Tidak hanya digunakan untuk kegiatan sehari-hari, sebenarnya yang namanya road bike itu khususnya buat balapan hehe Tapi sepeda ini banyak digunakan karena sepeda ini cocok untuk digunakan sehari-hari.

Ukuran ban yang tipis ini menjadi ciri sepeda yang satu ini. Karena ukuran bannya yang tipis, banyak yang salah mengira ban sepeda ini tidak menggunakan angin alias karet pejal. Ternyata tidak, sepeda satu ini sama dengan sepeda lain, yaitu menggunakan ban yang berisikan angin.

Road bike standar baisa memakai ban dengan ukuran 700 x 23c sampai 700 x 28c. Tapi ban yang sering digunakan yaitu yang berukuran 700 x 23c dan 700 x 25c. Tekanan pada ban sepeda satu ini cukup tinggi, yaitu sekitar 80 sampai 110 Psi. Sedangkan tekanan udara pada ban sepeda gunung yaitu 30 sampai 40 Psi.

Selain ban tipis yang menjadi cirinya, stang dari sepeda ini menggunakan stang bertipe drop bar. Stang drop bar ini berfungsi agar si pengendara bisa merubah posisi badannya sesuai medan yang dilewati.

Harga untuk jenis road bike standar ini, terhitung paling jauh rentang harganya. Sepeda ini memiliki harga dari jutaan hingga ratusan juta rupiah.

Flat Bar Road Bike

Flat Bar Roadbike
Road bike dengan Handle Bar yang Flat atau Datar

Jika road bike yang standar tadi menggunakan drop bar, dimana fungsi dari drop bar tadi untuk posisi pengendaranya. Posisi dari pengendaranya disesuaikan juga dengan medan yang dilewatinya. Jika ia ingin lebih cepat, ia bisa menggunakan stang yang bagian bawah.

Nah, untuk flat bar ini, fungsinya mirip dengan drop bar. Namun bedanya adalah tidak ada yang bagian bawahnya. Menjadikan posisi pengendaranya lebih tegak, tidak terlalu bungkuk.

Road bike dengan stang flat bar ini cocok untuk digunakan sehari-hari jika jalan yang dilewati beraspal. Jadi jika memakai flat bar, pengendaranya seperti mengendarai sepeda gunung. Lebih nyaman untuk digunakan sehari-hari, tergantung medan yang dilewati.

Triathlon atau Time Trial Road Bike

Triathlon road bike
Road Bike Triathlon

Untuk jenis yang ini nih, keliatan paling beda ya sama yang lain. Sepeda yang satu ini emang didesain khusus untuk perlombaan. Desain sepeda ini dibuat untuk kompetisi Triathlon dan juga Time trial.

Karena memang di desain untuk perlombaan, kecepatan adalah hal yang utama disini. Untuk mendapat kecepatan yang tinggi, maka bentuk dari sepeda harus aerodinamis. Nama dari stangnya aja aero bar, itu karena memang didesain untuk aerodinamis.

Lalu desain dari rangkanya dibuat tipis, velg yang digunakan juga lebar, semuanya dibuat agar mengurangi hambatan angin. Bahkan pada kondisi yang tertentu, dipasang wheel dop pada sepeda ini di bagian ban belakang.

Wheel dop adalah piringan besar yang dipasang di roda untuk menutupi jari-jari yang ada pada roda, agar membuatnya menjadi aerodinamis. Segalanya dibuat untuk mengejar aerodinamis.

Namun dengan fungsinya ini, harga dari sepeda ini mahal. Harga dari sepeda ini dijual mulai dari puluhan juta sampai ratusan juga. Ya wajar aja sih, sepeda ini emang khusus dan juga waktu untuk risetnya juga pasti banyak.

Oiya, karena yang dikejar adalah aerodinamis, jadi kalo mau mengendarai sepeda ini hilangkan pikiran untuk digunakan sehari-hari. Karena ga nyaman mengendarai sepeda ini. Kalo mau kalian gunakan untuk sehari-hari, kalian LUAR BIASAAA!!!

 

Penutup

Seperti itulah sepeda balap yang sering kita dengar dengan sebutan roadbike. Tidak hanya satu macamnya, walaupun roadbike ini termasuk salah satu jenis sepeda. Variasi jenisnya tergantung dari kegunaannya.

Begitulah yang bisa Pena Kecil bagikan kepada kalian semua. Semoga bermanfaat bagi kalian semua ya! 😀

Wassalam…

%d blogger menyukai ini: