17+ Sepeda Lowrider Keren yang Bisa Jadi Ide Kalian!!!

Sepeda Lowrider — Trend sepeda di mata masyarakat masa kini ada yang melihat sebagai gaya hidup, hobi, atau juga hanya sebagai alat olahraga. Banyak hal yang menjadi pilihan gaya hidup bagi orang. Salah satunya adalah lowrider.

Nah, disini Pena kecil akan berbagi dengan kalian tentang sepeda lowrider.

Apa itu Lowrider?

King Cutty
Kompetisi Lowrider, King of the Street 2017

Lowrider atau terkadang ditulis low rider merupakan kelas atau gaya dari kendaraan modifikasi. Namun, berbeda dengan kendaraan ceper biasa, kendaraan modifikasi ini biasanya dicat dengan gaya yang rumit. Desain dari kendaraannya penuh dengan warna.

Untuk mobil lowrider, biasanya menggunakan pelek berukuran mulai dari 13 inci hingga 20 inci. Lalu juga pada mobil lowrider biasa terpasang hidrolik atau sistem air bag. Sistem tersebutlah yang memungkinkan mobil bisa dibuat tinggi atau rendah sesuai keinginan pengendaranya.

Karakteristik dari lowrider adalah mobil lowrider itu selalu rendah atau ceper, tapi mobil ceper itu belum tentu mobil lowrider. Istilah tersebut mendeskripsikan kelas dari kendaraannya, bukan hanya dari ketinggian kendaraannya.

Kata lowrider juga bisa merujuk bagi para pengendaranya.

Kalau sepeda lowrider, biasanya memiliki bentuk yang panjang. Jok yang terpasang pada sepeda ini biasanya banana seat dengan sissy bar. Lalu stang yang biasa digunakan model ape hanger.

Biasanya sepeda ini dipenuhi dengan krom, pelek yang digunakan pada sepeda ini juga memiliki ciri pada jari-jarinya. Sepeda ini biasanya hasil dari kreativitas individual. Hasil kreativitas tidak harus dengan biaya yang mahal, sepeda lowrider ini biasanya terbuat dari suku cadang yang murah.

Sejarah Lowrider

Lowrider Car
Mobil Lowrider

Lowrider tidak tiba-tiba muncul ke permukaan tanpa sebab. Ada permulaan bagaimana tren ini muncul. Untuk itu Pena kecil bagikan untuk kalian sejarah tentang lowrider.

Sejarah dari Mobil Lowrider

Impala Lowrider
Mobil Impala Sering dijadikan Mobil Lowrider

Dimulai dari Los Angeles, California pada pertengahan hingga akhir 1940-an dan selama pasca perang di tahun 1950-an. Tren ini dimulai oleh beberapa anak muda keturunan Mexico-Amerika.

Mereka menceperkan mobil mereka dengan cara memotong pernya, membuat rangka, dan juga menjatuhkan spindlenya. Tujuan dari dibuatnya lowrider ini untuk berkendara sepelan mungkin. Semboyan mereka adalah “Low and Slow” yang berarti “Ceper dan Pelan”.

Dengan mereka mendesain ulang mobil mereka, itu merupakan sebuah cara untuk menyampaikan tujuan mereka. Mereka mengecat mobil mereka untuk menunjukkan dan juga memegang budaya Meksiko.

Lowriders juga menjadi sebuah budaya dan juga memiliki penyataan politik yang menentang budaya Anglo yang lazim pada saat itu.

Namun pada 1 Januari 1958, pengesahan pasal 24008 dari California Vehicle Code, membuat peraturan yang memberatkan para lowrider. Inti dari pasal itu adalah semua mobil modifikasi yang mobilnya lebih rendah dari peleknya, ilegal untuk dikendarai di jalanan.

Ron Agguire yang seorang pemodifikasi membuat cara untuk melewati peraturan dengan menggunakan hidrolik, pada tahun 1959. Dia menggunakan hidrolik Pesco dan tabung, yang memungkinkannya untuk mengubah ketinggian dari kendaraannya hanya dengan menekan saklar.

Pada tahun berikutnya, muncul Chevrolet Impala yang menggunakan rangka berbentuk X. Rangka tersebut sangat cocok untuk dibuat ceper dan dimodifikasi dengan hidrolik.

Pertengahan antara 1960 dan 1975, para pemodifikasi mengadaptasi dan menyesuaikan antara rangka X GM, hidrolik, dan juga teknik airbrush untuk membuat style lowrider yang modern.

Perkembangan Mobil Lowrider

Jumping Lowrider
Lowrider dipasang Hidrolik dalam perkembangannya

Di tahun 1990-an, lowrider semakin bertambah kuat seiring keterkaitannya dengan budaya G-Funk dan West Coast Hip-Hop. Para penyanyi yang menggunakan lowrider dalam video musiknya antara lain, Dr. Dre, Snoop Dogg, Easy-e, Above the Law, dan South Central Cartel.

Sekarang, lowrider lebih banyak ditemui dengan percampuran berbagai budaya, kendaraan yang berbeda, dan juga penampilan yang berbeda dari sebelumnya. Jika di awal kemunculannya hanya ditemui di beberapa tempat seperti Los Angeles, terlebih pada tahun 1970-an.

Di tahun 1970-an, Whittier Boulevard ramai saat lowriding mencapai puncaknya. Whittier merupakan jalan raya komersial yang berada di Kota Los Angeles, California. Setiap sabtu malam, para pemuda keturunan Meksiko-Amerika datang menggunakan lowrider mereka melewati Whitter.

Saat ini lowrider sudah cukup populer, lowrider sudah bisa dilihat dari ujung ke ujung Amerika. Namun, tidak hanya di Amerika saja, lowrider juga sudah tersebar ke seluruh dunia. Salah satu negara yang mengikuti tren lowrider dari para keturunan Meksiko-Amerika adalah Jepang.

Beberapa orang Jepang suka berdandan ala Chicanos, seperti menggunakan kaus lengan panjang, kaus kaki tinggi, celana pendek, dan juga kaca mata hitam. Mereka mengatakan memiliki perasaan yang sama dan hubungan antar budaya.

Mereka berbagi tentang nilai kekeluargaan dan juga memiliki identitas sosial yang kuat.

Sejarah dari Sepeda Lowrider

Sepeda lowrider pertama
Source : ratrodbikes.com

Pada tahun 1960-an di California, sepeda ini pertama kalinya muncul. Para anak-anak disana membuat mobil lowrider, namun dengan menggunakan sepeda sebagai kanvas dari ide kreatif mereka. Biasanya sepeda ini dibuat dengan dasar sepeda wheelie atau muscle.

Hal itu membuat mereka bisa merasakan mengendarai mobil lowrider ketika mereka belum bisa. Perusahaan pertama yang membuat sepeda muscle adalah Schwinn. mereka meluncurkan sepeda muscle pertama dalam bentuk dari Schwinn Sting-Ray.

Popularitas dari sepeda ini bangkit pada tahun 1990-an. Sepeda ini mendapatkan popularitasnya dalam kompetisi sepeda lowrider masuk kedalam pameran lowrider.

Ketika acara itu menjadi sebuah acara rutin, popularitas sepeda ini semakin bertambah, dan juga membuat sepeda Schwinn menjadi langka sekaligus membuatnya menjadi semakin mahal.

Bermula dari sebuah hal baru yang populer ini, ada sebuah majalah yang muncul. Majalah tersebut bernama ‘Lowrider Bicycle’ yang mulai dipublikasikan pada tahun 1993.

Para Pelopor

Lowrider Rims
Pelek Sepeda Lowrider

Salah satu sepeda yang menjadi trendsetter yang terkenal adalah Claim Jumper. Pemilik sepeda ini bernama Danny Galvez, Jr. yang berasal dari Los Angeles, California. Sepeda tersebut menjadi cover majalah LRB pertama. Hal itu menjadi sejarah dalam debutnya pada musim salju di tahun 1993.

Seseorang yang bernama Warren Wong merupakan seorang pelopor dalam sejarah sepeda lowrider ini. Warren memang bekerja di bidang sepeda BMX dan juga sepeda freestyle. Namun, keinginannya untuk menjadi beda dalam industri ini membuatnya menjadi seorang “Wheel King”.

Sebutan itu didapatkan dengan karyanya yang disebut “Body Count” yang bertemakan daun semanggi. Itu merupakan ban pertama dalam sepeda kelas ini, yang kemudian ban tersebut digunakan oleh banyak orang.

Walaupun California merupakan pangkal dari lowrider, dengan semua sampul dari majalah Lowrider juga merupakan sepeda dari California, kegilaan sepeda ini tidak hanya di situ saja.

Ketenaran sepeda ini menyebar ke seluruh negara bagian Amerika. Tidak hanya itu saja, ketenarannya pun menyebar hingga ke Australia dan juga Filipina.

Pada tahun 1996, Kodak meluncurkan sebuah kampanye untuk memperkenalkan keunggulan dari sistem kamera mereka, dengan fokus temanya adalah gaya hidup. Dimulai dari hal itu, lowrider digunakan untuk hal yang bersifat komersil.

Mobil Lowrider

Kendaraan pertama kali yang dibuat menjadi lowrider adalah mobil. Mobil-mobil lowrider merupakan mobil yang dibuat “ceper”. Namun tidak hanya sekedar ceper, tapi juga ada kesenian di dalamnya.

Kompetisi Lowrider

King of the Street 2017
King of the Street 2017, Kompetisi Lowrider di Amerika Serikat

Kompetisi lowrider yang terkenal adalah King of the Street. Biasanya kompetisi ini diadakan dari tempat asalnya lowrider, yaitu California. Berikut Pena kecil berikan beberapa gambar dari mobil lowrider yang keren buat kalian. Mobil-mobil lowrider yang keren ini merupakan mobil-mobil yang ikut dalam acara King of the Street 2017.

Cadillac 1967

Cadillac Lowrider
Cadillac 1967

Impala 1958

Impala Lowrider
Impala 1958

Buick Regal

Buick Regal Lowrider
Buick Regal

Baybombs

Baybombs Lowrider
Baybombs

Bombita

Bombita Lowrider
Bombita

LeCab

LeCab Lowrider
Lecab

Plymouth Convertible

Plymouth Convertible Lowrider
Plymouth Convertible

Sepeda Lowrider

Menurut mekanik sepeda asal Amerika yang sudah ahli yang bernama Sheldon Brown, beliau pernah memberikan sebuah pernyataan tentang sepeda lowrider.

Mereka dibuat murni sebagai wadah untuk bergaya, tanpa memikirkan kualitas berkendara. Bahkan beberapa diantaranya, benar-benar tidak bisa dikendarai. Karena pendeknya sepeda, sehingga pedalnya tidak bisa digowes.

Sepeda Dasar untuk Lowrider

Di bagian ini Pena kecil akan memberitahukan kepada kalian tentang jenis sepeda yang biasanya menjadi bahan untuk lowrider. Sepeda-sepeda berikut lah yang memang menjadi pilihan para pembuat lowrider. Check this out!

Schwinn Sting-Ray

Sepeda ini merupakan salah satu sepeda yang paling dicari untuk dibuat lowrider. Jenis sepeda ini merupakan sepeda yang dibuat di Amerika.

Schwinn Tiger

Masih dengan pabrikan Schwinn, sepeda yang satu ini merupakan sepeda yang ukurannya lebih kecil dibandingkan Sting-Ray.

Schwinn Pixie

Malvern Star Dragster

Perusahaan asal Australia ini membuat sepeda yang bertipe dragster. Tipe inilah yang populer untuk menjadi bahan dasar pembuat lowrider.

Speedwell Dragster

Sama seperti Malven Star, Speedwell juga merupakan perusahaan asal Australia. Bedanya, perusahaan yang satu ini juga membuat mobil dan motor.

Aztlan Cruiser

Berikut Pena kecil bagikan untuk kalian, sepeda-sepeda yang masuk ke dalam kontes tersebut.

2017 CBurke Custom Cruiser

CBurke Lowrider Bicycle
CBurke, Sepeda Lowrider

Seorang penulis dan juga penyair yang bernama Edgar Allan Poe, pernah menulis dan mempublikasikan sebuah cerita pendek yang berjudul “The Masque of the Red” pada tahun 1842.

1965 Schwinn Sting-Ray

Sepeda Lowrider
1965 Schwinn Stingray Lowrider Bicycle

1970 Huffy Beach Cruiser

Sepeda Lowrider
Huffy Beach Cruiser tahun 1970

Berawal dari pencarian di “Yard Sale” dua dekade yang lalu, Ken membeli sepeda ini. Awalnya Ken berniat untuk membangun sepeda ini, namun sepeda itu hanya “diam” di ujung garasi. Hal itu dikarenakan Ken sedang fokus menyelesaikan Impala tahun 1962.

Setelah bertahun-tahun berlalu, Ken dan juga putrinya membersihkan debu dari sepeda itu. Akhirnya sepeda itu pun dibangun hingga menjadi sebuah Mahakarya dari hasil kerja sama ayah dan anak.

Candy Crush

sepeda lowrider
Sepeda Candy Crush

Sepeda yang dimiliki Miy Miy Holley ini merupakan sepeda lowrider kebanggaaannya. Candy Crush milik Miy Miy ini merupakan sepeda tipe Beach Cruiser tahun 1960. Dia dan juga ayahnya membangun sepeda ini.

Miy Miy turut serta secara penuh untuk membangun sepeda ini. Mulai dari desain, warna sepeda dan lainnya dibuat oleh Miy Miy. Kini Candy Crush pun masuk ke dalam Lowrider Magazine.

 

Penutup

Lowrider tidak hanya dimiliki sebagai style dari mobil, tapi sepeda juga memiliki style ini. Selain memiliki bentuk yang keren, sepeda ini juga merupakan gaya hidup bagi beberapa orang.

Namun, gaya hidup dengan bersepeda lowrider ini bisa termasuk gaya hidup yang positif bagi banyak orang. Asal menghindarkan gaya hidup yang tidak baik.

Semoga apa yang Pena kecil bagikan sama kalian ini bermanfaat ya. Artikel berikutnya kita berjumpa lagi ya! 😀

Wassalam…

%d blogger menyukai ini: