9+ Sepeda Termahal di Dunia, Harganya Menakjubkan!!!

Menurut kalian, sepeda itu harganya berapa sih? Ratusan ribu, jutaan, puluhan juta udah paling mahal? Sebenarnya ada loh sepeda termahal di dunia, yang mencapai ratusan juta bahkan MILYARAN!!!

Sepeda itu bisa mencapai harga yang sedemikian fantastis seperti itu dikarenakan banyak hal. Ada yang karena bahan baku yang membuatnya mahal, mungkin hasil dari kerja keras para peneliti, atau juga karena orang yang pernah memakainya.

Meskipun bersepeda merupakan sebuah olahraga, bukan berarti olahraga tidak bisa mewah. Buktinya ada sepeda termahal di dunia yang membuat olahraga bersepeda terlihat prestise.

Mau mahal ataupun murah, yang paling penting adalah manfaat bersepeda yang kita dapatkan. Yaitu bisa membuat sehat, jiwa dan raga. Contohnya seperti :

  • Menghindarkan kita dari banyak penyakit,
  • Melatih pernapasan,
  • Menyehatkan jantung,
  • Menguatkan otot
  • Menghilangkan stress

… dan masih banyak lagi yang lainnya.

Bersepeda juga bisa membuat kalian terlihat lebih muda, menambah kemampuan otak, melawan penyakit, hidup lebih lama, dan juga menyelamatkan planet bumi.

Ditambah bersepeda juga bisa melawan kanker, mengurangi berat badan, mengurangi polusi, menambah kapasitas paru-paru, dan juga bersepeda membuat kalian ketagihan.

Karena alasan-alasan tersebut di atas, bersepeda merupakan olahraga yang populer di dunia.

Di kesempatan kali ini, Pena kecil akan berbagi dengan kalian tentang sepeda termahal di dunia. Check this one out!

Phanuel Krencker’s ‘Bicyclettes de Luxe’

Bicyclettes de Luxe
Phanuel Krencker’s ‘Bicyclettes de Luxe’

Selain krom dan juga serat karbon, sepeda ini memiliki suku cadang dan juga frame yang dibuat khusus oleh Cyfac. Sepeda ini terlihat mengkilap dikarenakan krom dan juga bagian-bagian yang dipoles, sehingga terlihat seperti cermin.

Rem yang digunakan pada sepeda ini merupakan rem cakram. Sepeda ini remnya dibuat khusus oleh Tr!ckstuff, di bagian depan dan juga belakangnya. Hal ini membuat perpaduan dari desain kreatif dan juga suku cadang yang luar biasa.

Dengan perpaduan dari desain kreatif dan juga suku cadang yang luar biasa, membuat sepeda ini dihargai sebesar $34,425.

Litespeed Blade

Litespeed Blade
Litespeed Blade

Kualitas dari sepeda yang inovatif ini tidak diragukan lagi. Sepeda yang ini dibuat untuk merasakan sensasi bersepeda yang menakjubkan. Tabungnya besar, framenya berbentuk seperti pisau, membuat sepeda ini aerodinamis.

Sepeda ini merupakan hasil dari kolaborasi Litespeed dan juga Merlin pada akhir 1980-an. Litespeed merupakan pabrikan sepeda asal Ooltewah, Tennessee, Amerika Serikat.

Litespeed membuat frame untuk sepeda balap dan juga sepeda gunung. Yang membedakannya dengan pabrikan lain adalah bahan bakunya ini dari serat karbon dan juga titanium, dimana bahan tersebut merupakan bahan yang premium.

Sedangkan Merlin merupakan pelopor dari sepeda yang berbahan dasar titanium. Merlin merupakan yang pertama kali memperkenalkan sepeda gunung dengan frame titanium alloy pertama.

Harga yang dibanderol sepeda ini sebesar $40,788.

eRockit’s Electric Assist Bicycle

erockit
eRockit’s Electric Assist Bicycle

Berbeda dengan sepeda yang lainnya, sepeda ini merupakan sepeda dengan motor elektrik. Bedanya, baterai yang disematkan pada sepeda ini bisa bertahan hingga 10 tahun atau 50,000 kilometer.

Sepeda yang memiliki bentuk seperti motor ini merupakan pilihan yang ideal bagi para pesepeda yang memiliki banyak uang. Cocok untuk mereka yang tidak suka menggowes terus menerus.

Ketika sepeda ini digowes, secara otomatis baterai dan motor ini terisi. Semakin cepat sepeda ini digowes, semakin cepat sepeda ini melaju. Sepeda ini memiliki berat 100 kilogram, jika kalian tinggal di apartemen, sepeda ini tidak bisa dimasukkan ke dalam apartemen kalian.

Jika sepeda listrik lainnya berkisar $1,000 hingga $5,000. Berbeda dengan sepeda yang satu ini. Sepeda ini dibanderol seharga $44,000.

Montante Luxury Gold Collection

Montante Luxury Gold Collection
Montante Luxury Gold Collection

Emas merupakan barang yang mahal dan juga mewah, sepeda juga akhirnya dilapisi emas agar menjadi mewah dan memiliki harga yang mahal. Sepeda wanita yang satu ini memiliki desain yang menarik dengan jok yang berlapis kulit.

Frame sepeda ini dilapisi emas, grip dari stang sepeda ini dilapisi oleh kulit ular piton, begitu juga dengan joknya. Material yang disematkan dalam sepeda ini membuat harga dari sepeda ini meningkat. Harga dari sepeda ini adalah $46,000.

Tiffany & Co. Silver-Mounted Lady’s Bicycle

Tiffany & Co. Silver-Mounted Lady's Bicycle
Tiffany & Co. Silver-Mounted Lady’s Bicycle

Sebelum perusahaan ini identik dengan warna birunya, perusahaan perhiasan ini pernah membuat produk mewah yang beda dengan apa yang diproduksi saat ini. Perusahaan Tiffany & Co. ini pernah membuat sepeda, tentunya masih dengan kemewahannya.

Sepeda ini dibuat pada akhir 1890-an, lalu pada tahun 2008 direstorasi lalu dilelang oleh pelelangan Bonhams. Sepeda ini dibuat mewah pada zamannya. Kemewahan yang dimilikinya antara lain, pegangan yang terbuat dari gading, penjaga untuk rok dan juga logo monogram Tiffany.

Walaupun sepeda lama, tapi harganya ga kalah dari yang baru. Biaya yang harus dikeluarkan untuk sepeda ini adalah $57,000.

Trek Madone 7-Diamond

Trek Madone 7 Diamond
Trek Madone 7 Diamond

Sepeda ini dilelang pada acara tahunan Lance Armstrong Foundation Gala di New York pada tahun 2005. Dan harga terakhir yang didapatkan adalah $75,000. 

Acara lelang tersebut dilaksanakan tepat setelah memenangkan Tour de France. Saat itu juga merupakan kemenangan Lance Armstrong yang ke tujuh dalam turnamen Tour de France.

Setelah itu Trek membuat sepeda Madone 5.9 yang didekorasi dengan 100 berlian putih. Emblem di bagian depan sepeda ini dihiaskan dengan tujuh berlian Gemesis kuning yang berkadar satu-karat.

Hasil dari pelelangan sepeda ini digunakan untuk amal.

Aurumania Crystal Edition Gold Bike

Aurumania Special Edition
Aurumania Crystal Edition Gold Bike

Dalam kelas barang mewah di dunia, mobil yang berlapiskan emas dan juga jam yang bertahtakan berlian sudah menjadi hal yang umum. Namun, sepeda yang berlapiskan emas dengan kristal Swarovski menjadi perhatian dunia, setidaknya sekali dalam sejarah.

Pada tahun 2008, perusahaan desain asal Skandinavia, Aurumania pertama kalinya merilis sepeda yang bernama Gold Bike Crystal Edition”. Sepeda ini dibuat dengan tangan manusia, bukan dengan tangan robot. Selain dibuat dengan tangan, sepeda ini juga disepuh dengan emas asli yang berkadar 24-karat.

Aurumania ini hanya membuat 10 sepeda berlapis emas yang bertahtakan kristal. Keranjang yang berlapiskan emas 24-karat juga tersedia bagi para pemilik. Perusahaan ini menjual barang tersebut melalui situs jejaringnya yang mana sekarang sudah tidak dijual lagi.

Selain hampir di seluruh bagian sepedanya dilapisi oleh emas asli 24-karat, kristal Swarovski diletakkan pada bagian frame yang terletak di bawah stang. Selain itu jok dan juga pegangan tangan yang terletak pada stang, juga dilapisi oleh bahan kulit yang berkualitas.

Jok dari sepeda ini dibuat oleh Brooks. Dimana Brooks merupakan perusahaan asal Inggris yang membuat jok dan juga tas sepeda yang berkualitas. Dan juga lencana yang terbuat dari kulit, pada bagian depan sepeda menunjukkan nomor edisi khusus sepeda ini.

Harga dari sepeda ini adalah $114,000. Bisa beliin bakso buat orang sekampung tuh uangnya.

Trek Madone by KAWS

Trek Madone by KAWS
Trek Madone by KAWS

Sepeda ini terlelang sebanyak $160,000 di sebuah pelelangan. Apabila sebuah sepeda yang dilelang adalah sepeda yang pernah digunakan atau ada keterkaitan dengan Lance Armstrong, maka harganya jadi tinggi.

Desain dari sepeda ini dibuat oleh Brian Donelly atau yang dikenal dengan KAWS. Ia merupakan seniman “pop artist” dan juga seorang desainer dari Amerika Serikat. Karyanya ada beberapa tokoh yang ia buat dan ditampilkan secara berulang-ulang. Dan juga ada motif-motif yang figuratif, beberapa ada yang berasal dari awal karirnya pada tahun 1990-an.

Sepeda ini didesain dengan ciri khas dari KAWS yaitu gigi “chomper”. Desain dari gigi “chomper” ini tertuang pada frame hingga ke peleknya. Dengan logo Livestrong di framenya.

Selain didesain oleh seorang seniman ternama, sepeda ini memiliki spesifikasi yang bagus. Desainnya yang bagus dipadukan dengan ke-aerodinamisannya yang menakjubkan dan juga aksesoris yang melengkapinya. Membuatnya pantas untuk memiliki harga yang seperti itu.

Trek Speed Concept designed by Yoshimoto Nara

Yoshimo Nara Trek
Trek Speed

Merk sepeda yang satu ini memang sudah terkenal di seantero jagad bumi. Trek kali ini didesain oleh Yoshimoto Nara. Yoshimoto Nara merupakan seniman asal Negeri Sakura, Jepang.

Dia tinggal dan bekerja di Tokyo, Jepang. Hasil kerja kerasnya sudah diperkenalkan hampir ke seluruh dunia. Dia memiliki hampir 40 pameran tunggal dari tahun 1984.

Salah satu dari hasil karya Yoshimoto Nara adalah sepeda Trek yang satu ini. Sepeda ini memiliki warna latar kuning, dengan gambaranak kecil yang memakai sarung tangan tinju, piring terbang, dan juga logo Livestrong.

Sepeda ini juga pernah digunakan oleh Lance Armstrong pada tahap ke-18 di salah satu balapan Tour de France. Sepeda ini juga dilelang pada pelelangan Sotheby. Hasil dari lelang sepeda ini sebesar $200,000.

Trek Butterfly Madone by Damien Hirst

Trek Butterfly
Trek Madone Butterfly

Pembuat sepeda ini adalah seorang desainer yang bernama Damien Hirst. Desainer ini menggunakan sayap kupu-kupu asli pada frame dan juga peleknya. Sepeda ini dibuat oleh Damien Hirst untuk digunakan oleh pesepeda terkenal yaitu Lance Armstrong pada kompetisi Tour de France pada tahun 2009.

Setelah sepeda itu digunakan, akhirnya sepeda itu dilelang pada pelelangan Sotheby. Sepeda ini mendapat predikat sepeda termahal di dunia setelah hasil lelangnya yang seharga $500,000.

Semua uang hasil lelang itu dipersembahkan untuk Livestrong Foundation.

House of Solid Gold 24K Gold Extreme Mountain Bike

HSG Extreme MTB
House of Solid Gold Extreme Mountain Bike

Sepeda yang ada di jalanan biasanya terbuat dari bahan alloy, dulu dibuat dari besi. Ada juga yang terbuat dari serat karbon, bahkan para pesepeda pro biasanya sepeda mereka ada yang terbuat dari titanium.

Tapi sepeda yang satu ini beda, sepeda termahal di dunia ini dilapisi emas 24-karat. Sepeda ini sangat exclusive, karena hanya dibuat 13 buah di dunia. Setiap sepedanya ini memiliki sebuah emblem yang terbuat dari 500 sapphire emas dan juga 600 berlian hitam.

Kemewahan tidak hanya sampai disitu. Yang memiliki sepeda ini akan terlihat lebih bergaya, karena sepeda ini dilengkapi dengan jok berwarna coklat yang terbuat dari kulit aligator.

Dan juga sebagai pelengkapnya ada sebuah botol minum yang berlapiskan emas juga.

Untuk yang mau memiliki sepeda ini, harus merogoh kantongnya. Harganya adalah $1,000,000 yang dikonversikan ke rupiah menjadi Rp 14,144,000,000 menurut kurs dollar Bank Indonesia pada tanggal 11 Mei 2018 jam 08:30 dengan harga jual Rp 14,144.

Penutup

Begitulah tentang sepeda termahal yang ada di dunia ini. Sepeda yang ada di pasaran mungkin sudah cukup mahal ya, namun harga itu tidak sebanding dengan sepeda-sepeda yang ada di atas.

Semoga apa yang Pena kecil bagikan untuk kalian, bermanfaat ya bagi semua yang membaca dan juga membagikannya. Sampai berjumpa lagi di kesempatan yang lain! 😀

Wassalam…

%d blogger menyukai ini: