7 Tanaman Hias Indoor yang Akan Mempercantik Ruang Tamu Kamu!

Ruang tamu merupakan tempat pertama kita memberikan impresi kepada tamu yang berkunjung ke rumah kita. Dekorasi ruang tamu biasa cocok dipadukan dengan tanaman hias indoor yang cantik. Jangan kamu masukkan berbagai jenis jenis kelapa ke dalamnya ya!

Selain untuk menyejukkan mata, tanaman hias indoor ini memang tanaman yang cocok untuk di dalam ruangan. Untuk lebih jelasnya, silahkan baca yang akan dibagikan oleh Pena kecil di bawah sini. Semuanya tentang tanaman hias indoor yang cocok untuk ruang tamu kalian.

Tanaman Hias Indoor Sirih Gading

Tanaman hias indoor yang satu ini merupakan tanaman yang didominasi dengan daun. Lebih dikenal luas dengan nama Epipremnum, sirih gading termasuk ke dalam famili Araceae atau talas-talasan. Memiliki warna belang hijau – kuning (biasanya).

Tanaman Hias Indoor  Epipremnum
Tanaman Hias Indoor Epipremnum | Pixabay

Untuk perawatannya di dalam rumah, tanaman ini bisa dibilang cukup mudah. Cukup ditanam ke dalam pot dan taruh bagian pangkalnya ke dalam air.

Tanaman Snake Plant (Sansevieria)

Snake Plant ini memiliki bahasa latin sansevieria dengan berbagai jenisnya. Di Indonesia sendiri sering dikenal dengan tanaman lidah mertua. Entah kenapa tanaman ini mendapatkan nama tersebut, mungkin karena bentuknya yang tegak dan tajam hehe

Tanaman Sansevieria
Tanaman Lidah Mertua | birchlane.com

Tanaman ini memang sering digunakan sebagai penghias dalam rumah. Hal itu dikarenakan tanaman ini yang dapat bertahan dengan sedikit cahaya matahari dan air. Dan juga di Jepang tanaman hias satu ini dikenal bisa menghilangkan atau menyamarkan bau tidak sedap di rumah.

Berikut di bawah ini Pena kecil akan memberikan kepada kalian tentang berbagai spesies Sansevieria ini :

  • Sansevieria Eilensis, memiliki habitat asli di Somalia.
  • Sansevieria Ehrenbergii, untuk spesies yang ini tersebar di Timur Laut Afrika, mulai dari Libya hingga ke Saudi Arabia.
  • Sansevieria Trifasciata, berasal dari Nigeria sebelah timurnya Kongo di Afrika Barat.
  • Sansevieria Cylindrica, spesies yang satu ini habitat aslinya di Angola.

Tanaman Aglaonema

Tanaman hias ini sering juga dijadikan sebagai hiasan di ruang tamu. Selain memiliki warna yang menarik, tanaman ini juga memiliki pola yang bagus. Cocok untuk dijadikan hiasan pada ruang tamu atau ruangan lainnya.

Tanaman Hias Indoor Aglaonema
Tanaman Hias Indoor Aglaonema | costafarms.com

Aglaonema dikenal dengan nama lain yaitu Chinese Evergreens. Memiliki habitat asli di daerah tropis dan subtropis di daerah Asia dan Papua Nugini.

Bunga Seruni

Pasti menarik jika ruang tamu Kamu diisi dengan warna yang cerah dan menarik. Kamu bisa menambahkan bunga seruni sebagai hiasan pada ruang tamu.

Bunga Seruni atau Chrysanthemum
Tanaman Hias Indoor Chrysanthemum

Bunga ini juga sering dikenal dengan nama bunga krisan, kalau nama latinnya adalah Chrysanthemums. Habitat asli dari bunga seruni ini ada di benua Asia dan juga Timur Laut Eropa. Tapi, beragamnya bunga ini ditemukan di China.

Selain sebagai tanaman hias indoor, ternyata bunga ini juga memiliki fungsi yang lain. Berikut fungsi bunga seruni di bawah ini :

  • Dijadikan tanaman bonsai.
  • Bahan makanan dan juga bahan minuman (dijadikan teh).
  • Digunakan sebagai bahan insektisida alami.
  • Di Australia, bunga ini digunakan sebagai hadiah di hari ibu.
  • Dijadikan simbol atau lambang kekaisaran dan keluarga kerajaan di Jepang.

Tanaman Kaktus

Jika dulu biasanya tanaman ini hanya ditemukan di film-film koboi atau di daerah yang gersang, zaman now, tanaman ini sering dijadikan tanaman hias indoor.

Kaktus Hias
Kaktus Mini | Pixabay

Tanaman yang memiliki duri di sekujur tubuhnya ini, ternyata tidak hanya memiliki ukuran yang besar, namun ada juga yang memiliki ukuran mini. Hal tersebut yang membuatnya bisa dijadikan tanaman hias untuk ruang tamu kamu.

Berikut manfaat lain dari tanaman kaktus, yang akan Pena kecil bagikan kepada kamu antara lain:

  1. Sebagai sumber air darurat ketika bertahan hidup.
  2. Sumber makanan, seberapa jenis kaktus memiliki buah yang kita kenal dengan buah naga.
  3. Digunakan sebagai obat, di beberapa negara kaktus dijadikan obat dalam pengobatannya.
  4. Pewarna alami, ada beberapa jenis kaktus yang digunakan sebagai pewarna alami.
  5. Pagar alami, tumbuhan yang memiliki duri disekujur badannya bisa dijadikan pagar alami untuk melindungi rumah kamu.

Bunga Lili

Memiliki nama Lilium, bunga ini merupakan salah satu genus Liliaceae. For your information, suku Lilium ini memiliki sekitar 3000 jenis loh!

bunga lili
Bunga Lili | Pixabay

Kelopak bunga lili ini berbentuk corong lancip ketika masih kuncup atau belum mekar. Ketika sudah mekar, warna dari kelopak bunga lili ini didominasi oleh warna putih. Bunga lili merupakan tanaman berumbi lapis.

Tanaman Hias Indoor Philodendron

Termasuk dalam famili Araceae, Philodendron merupakan tanaman yang memiliki ukuran termasuk besar. Masih satu famili dengan sirih gading, namun sangat jauh berbeda ukurannya.

Tanaman Hias Indoor Philodendron
Tanaman Hias Indoor Philondendron | Ikea

Walaupun ukurannya yang terbilang besar, bentuknya cocok untuk dijadikan hiasan di ruang tamu kamu.

Philodendron ini memiliki habitat atau tempat hidup yang lembab di hutan tropis. Untuk negara asal dari tumbuhan ini, menurut catatan yang ada berasal dari benua Amerika yang beriklim tropis.

Selain itu, tanaman ini bisa ditemukan tersebar di benua Australia, beberapa pulau di Samudera Pasifik, benua Asia dan juga benua Afrika.

Penutup

Itulah berbagai tanaman hias indoor yang bisa kamu jadikan ornamen dekorasi untuk di ruang tamu. Tentunya dengan desain yang disesuaikan, kamu harus memilih tanaman yang cocok.

Untuk berbagai inspirasi untuk mendekorasi ruang tamu Kamu, silahkan kunjungi sumber referensi di bawah sini :

%d blogger menyukai ini: