Ada 16 Tipe Kepribadian MBTI, Kamu yang Mana?

Setiap manusia atau individu pasti memiliki kepribadian yang cenderung berbeda masing-masingnya. Hal itu sering ditemukan pada suatu tes kepribadian yang biasa orang kenal dengan nama MBTI. Di dalam tes tersebut, ada sekitar 16 tipe kepribadian MBTI yang seringkali dijadikan referensi.

Apa saja tipe kepribadian MBTI tersebut? Simak selengkapnya di sini.

Myers Briggs Type Indicator (MBTI)

Tipe personal mbti
Tipe Personali pada MBTI | Source : shockinglydifferent.com

Sebelum kita mengetahui berbagai tipe kepribadian yang ada pada MBTI, kita ketahui dulu apa itu MBTI.

MBTI atau yang memiliki kepanjangan Myers Briggs Type Indicator (seperti yang bisa kalian lihat pada judul di atas) merupakan sebuah tes kepribadian yang dikembangkan oleh dua orang wanita yang merupakan ibu dan anak, yaitu Katherine Cook Briggs dan Isabel Briggs Myers.

Skala pada MBTI ini merupakan pengembangan dari teori kepribadian oleh Carl Gustav Jung. Ada 4 skala kecenderungan yang menjadi acuan dalam tes kepribadian MBTI ini, yaitu :

  • Thinking vs Feeling
  • Judging vs Percieving
  • Sensing vs Intuition
  • Extrovert vs Introvert

Sebenarnya, kita semua memiliki semua hal tersebut, hanya saja kecenderungannya berbeda beda. Maka dari itu, hal yang disebutkan di atas dijadikan skala kecenderungan pada tes kepribadian MBTI.

Thinking vs Feeling

Source : Pixabay

Tipe yang ini merupakan cara orang dalam mengambil keputusan, dengan Thinking (T) vs Feeling (F).

Untuk mereka yang lebih mengandalkan logika dan juga analisa, merupakan orang yang cenderung konsisten pada penerapan prinsip, dan berorientasi pada berbagai tugas yang objektif merupakan tipe yang cenderung pada thinking (T).

Sedangkan untuk orang yang lebih mengandalkan dan melibatkan perasaan, empati, cenderung memihak, berorientasi pada hubungan yang subjektif, namun pandai menjaga hubungan, merupakan orang dengan tipe feeling (F).

Judging vs Perceiving

Source : Pixabay

Untuk tipe yang ini digunakan untuk melihat bagaimana seseorang memiliki fleksibilitas terhadap sesuatu.

Bagi orang yang melakukan segala sesuatu dengan perencanaan yang sistematis, juga bertindak dengan teratur sesuai yang direncanakan, merupakan orang yang cenderung bertipe judging (J). Mereka bisa dibilang baik dalam penetapan struktur dan juga penjadwalan.

Kebalikan dari tipe judging, tipe perceiving (P) merupakan orang yang spontan, tidak terpaku pada penjadwalan, biasanya memiliki kemampuan adaptasi yang bagus dalam menghadapi situasi yang mendadak.

Sensing vs Intuition

Source : Pixabay

Orang yang cenderung pada tipe sensing (S) merupakan orang yang memiliki perencanaan teknis dengan detail yang aplikatif. Mereka memproses data bersandarkan dari fakta yang praktis, apa adanya dan harus konkrit. (S) lebih berfokus pada hari ini, mereka merupakan orang yang hari ini dan sekarang.

Pemrosesan data pada orang yang memiliki kecenderungan ke intuition (N) lebih mengedepankan hubungan. (N) merupakan pemikir yang abstrak dan cenderung menjadi seorang konseptor. Mereka lebih memfokuskan pada masa depan, imajinatif dan memiliki berbagai cara yang unik.

Extrovert vs Introvert

Source : Pixabay

Menyukai dunia sosial, senang bergaul, berkomunikasi dan beraktifitas dengan orang lain merupakan beberapa ciri dari orang yang cenderung pada tipe extrovert (E).

Berkebalikannya adalah orang yang memiliki kecenderungan pada tipe introvert (I), lebih nyaman dengan kesendiriannya, kurang suka berinteraksi dengan orang lain atau bahkan terganggu akan hal itu, memiliki dunianya sendiri, suka merenung, membaca dan menulis, serta fokus dan penuh konsentrasi.

16 Tipe Kepribadian MBTI

tipe kepribadian mbti
Source : Pixabay

Seperti yang sudah dijelaskan pada judul di atas. Ada 16 tipe kepribadian MBTI yang seringkali dijadikan referensi. Apa sajakah itu?

1. INFP (Introvert, Intuition, Feeling, Perceiving)

Merupakan orang yang idealis jika seseorang mendapatkan hasil ini. Biasanya orang itu loyal dan akan mengabdikan dirinya pada orang lain. Karena merupakan orang yang idealis, mereka memegang prinsip yang dimilikinya.

2. INFJ (Introvert, Intuition, Feeling, Judging)

Bagi mereka yang memiliki tipe kepribadian MBTI ini adalah orang yang berorientasi pada masa depan, penuh dengan ide, perfeksionis, pendiam, dan juga berkomitmen.

3. INTP (Introvert, Intuition, Thinking, Judging)

Pribadi yang ini merupakan orang yang memiliki wawasan yang baik, bahkan bisa jadi wawasannya luas. Mereka juga orang yang kreatif, bisa dibilang berbakat.

4. INTJ (Introvert, Intuition, Thinking, Judging)

Orang yang cenderung dengan kepribadian ini merupakan orang yang suka melihat gambaran secara global. Bahkan mereka merupakan orang yang cerdas karena mampu menyerap teori yang kompleks, menyukai tantangan teoritis yang sulit, dan juga menghargai nilai pengetahuan dan efesiensi.

5. ISTP (Introvert, Sensing, Thinking, Perceiving)

Ciri yang dimiliki orang dengan kepribadian ini biasanya memiliki kemampuan yang baik dalam menerapkan logika. Belajar melalui praktek, memiliki personality yang cukup kompleks.

6. ISFP (Introvert, Sensing, Feeling, Perceiving)

Source : Pixabay

Individu dengan kepribadian ISFP cenderung menyukai kesendirian, tidak tertarik untuk memiliki panutan (because I am perfect!) dan tidak suka berorganisasi.

7. ISTJ (Introvert, Sensing, Thinking, Judging)

Adalah sosok yang mampu menyelesaikan tugas dengan tepat waktu, pekerja keras, bisa bekerja sendiri ataupun menjadi bagian dalam tim. Bahkan orang dengan kepribadian ini merupakan pemimpin alami.

8. ISFJ (Introvert, Sensing, Feeling, Judging)

Banyak individu dengan hasil tes kepribadian MBTI yang ini merupakan orang yang bisa memahami perasaan orang lain, memiliki banyak informasi, dan jika mereka menginginkan sesuatu, mereka akan bekerja keras dalam waktu yang lama.

9. ENTJ (Extrovert, Intuition, Thinking, Judging)

Mereka yang dengan kepribadian ini merupakan pribadi yang memiliki tingkat kepercayaan diri yang tinggi, suka dengan hal yang teratur dan jelas hasilnya.

10. ENTP (Extrovert, Intuition, Thinking, Perceiving)

Memiliki semangat yang tinggi, orangnya logis dan memiliki pemikiran yang rasional merupakan ciri dari orang dengan kepribadian yang satu ini. Mereka akan merasa senang jika mereka bisa membantu orang lain.

11. ENFJ (Extrivert, Intuition, Feeling, Judging)

Orang dengan kepribadian ini merupakan orang yang loyal, kreatif dan juga imajinatif. Mempunyai keterampilan yang baik, benci akan hal yang berlogika dan harus menganalisa.

12. ENFP (Extrovert, Intuition, Feeling, Perceiving)

Berkumpul
Source : Pixabay

Memiliki kepribadian yang menyenangkan sehingga membuat banyak orang tertarik padanya biasa ditemukan pada orang yang memiliki tipe kepribadian MBTI ini.

13. ESTP (Extrovert, Sensing, Thinking, Perceiving)

Orang dengan kepribadian ini suka hal yang pasti, tidak menyukai hal yang abstrak, memiliki semangat yang tinggi atau biasa disebut dengan orang yang energic. Mereka adalah orang yang menyenangkan, punya banyak akal dan juga jeli.

14. ESFP (Extrovert, Sensing, Feeling, Perceiving)

Memiliki pemikiran yang realistis dan juga ga ribet, suka dengan hal yang spontan, menjalani dan memikirkan apa yang sedang dijalani alias hidup di masa sekarang, memiliki keterampilan yang cukup baik.

15. ESTJ (Extrovert, Sensing, Thinking, Judging)

Orang dengan kepribadian ini memiliki aturan standar, mungkin sering dibilang kolot karena terpaku pada aturan yang dimilikinya. Orangnya suka berterus terang dan jujur, cocok untuk menjadi pemimpin.

16. ESFJ (Extrovert, Sensing, Feeling, Judging)

Tidak suka berteori akan masa depan, lebih memikirkan apa yang harus dipikirkan saat ini. Suka dijadikan teladan yang bisa menciptakan hal yang damai, juga terstruktur dan on target.

Pribadi yang sangat loyal dan dapat diandalkan merupakan ciri yang dimiliki oleh kepribadian ini.

Penutup

Begitulah tentang berbagai tipe kepribadian MBTI yang bisa dibagikan ke kalian semua oleh Pena kecil. Ada yang bilang itu berfungsi untuk kalian dalam mencari pekerjaan yang cocok, namun semua itu kembali lagi ke diri kalian masing-masing.

Semoga bermanfaat ya bagi kalian semua. Pena kecil pamit!

Wassalam…

%d blogger menyukai ini: